Sungai Yordan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungai Yordan (Ibrani: נהר הירדן, Nehar haYarden
Arab: نهر الأردن, Nahr al-Urdun
)
River
Sungai Yordan
Nama asal: bahasa Ibrani: ירדן (yardén, "yang menurun") < ירד (yarad, "turun")[1]
Negara Yordania, Israel, Suriah, Palestina
Region Timur Tengah, Pesisir Mediterania Timur
Anak sungai
 - kiri Sungai Banias, Sungai Dan, Sungai Yarmuk, Sungai Zarqa
 - kanan Sungai Hasbani, Sungai Iyon
Markah tanah Laut Mati, Lembah Celah Yordania
Sumber
 - location Pegunungan Anti-Lebanon di Gunung Hermon, Dataran Tinggi Golan
 - elevation 2.814 m (9.232 ft)
Muara Laut Mati
 - elevation −416 m (−1.365 ft)
Panjang 251 km (156 mi)
Sungai Yordan mengalir di sepanjang perbatasan antara Yordania, Tepi Barat Palestina, Israel, dan Suriah bagian barat daya.

Sungai Yordan (Ibrani: נהר הירדן, translit: nehar hayarden, Arab: نهر الأردن, translit: nahr al-urdun) adalah sungai sepanjang 251 kilometer (156 mil) di Timur Tengah yang mengalir dari utara ke selatan melalui Danau Galilea (bahasa Ibrani: כנרת Kinneret, bahasa Arab: Bohayrat Tabaraya, yang berarti Danau Tiberias) dan menuju Laut Mati. Yordania dan Dataran Tinggi Golan berbatasan dengan sungai ini di sebelah timur, sementara Tepi Barat Palestina dan Israel berada di sebelah baratnya. Baik Yordania maupun Tepi Barat mengambil nama mereka dari sungai ini.

Sungai ini memiliki arti penting dalam agama Yahudi dan Kristen. Menurut Alkitab, bangsa Israel menyeberangi sungai ini menuju Tanah Perjanjian dan Yesus dari Nazaret dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di sungai ini.[2]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama dalam bahasa Ibrani: "ירדן" (yardén, Inggris: descender), berarti "yang menurun". Dari akar kata "ירד" (yarad, Inggris: to descend), sebuah kata kerja yang berarti "turun, menurun, menuruni, menuju ke arah bawah".[1]

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

Anak-anak sungai[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah anak-anak sungai yang bergabung membentuk sungai Yordan pada kolam di bagian hulu, dari barat ke timur:

  • Ayun (Ibrani: עיון Ayun, Arabic: دردره Dardara or براغيث Braghith - pada peta tua terbitan Palestine Exploration Fund (PEF) ditulis sebagai Nahr Bareighit pada bagian hilir dan Wadi el-Kharrar pada area Merj 'Ayun), yang mengalir dari Lebanon.
  • Hasbani (Arab: الحاصباني Hasbani, Ibrani: שניר Snir atau Hatzbani), yang mengalir dari Gunung Libanon.
  • Dan (Ibrani: דן Dan, Arab: اللدان Leddan), yang bersumber pada kaki Gunung Hermon.
  • Banias (Arab: بانياس Banias, Ibrani: Banias atau חרמון Hermon), bersumber dari suatu mata air di Banias, di kaki Gunung Hermon.

Di selatan Danau Galilea sungai ini menerima aliran air dari anak-anak sungai lain, yang terkemuka di antaranya:

Aliran[sunting | sunting sumber]

Sungai ini menurun drastis pada aliran sepanjang 75-kilometer (47 mi) ke arah Danau Hula, yang terletak sedikit di atas permukaan laut. Keluar dari danau itu, sungai ini turun lagi lebih jauh sepanjang 25 kilometer (16 mi) ke [Danau Galilea]]. Bagian terakhir lebih landai, sehingga alirannya melambat sebelum memasuki Laut Mati, sekitar 422 meter di bawah permukaan laut, di mana tidak ada muara lagi (endorheic basin). Dua anak sungai utama masuk dari arah timur di bagian terakhir ini adalah sungai Yarmouk and sungai Zarqa.

Di sebelah utara Danau Galilea (Ibrani: כנרת Kinneret, Arab: Bohayrat Tabaraya, artinya Danau Tiberias) daerahnya masuk di dalam perbatasan Israel, sungai ini membentuk batas barat dengan Dataran Tinggi Golan. Di sebelah selatan danau, sungai ini membentuk perbatasan antara Kerajaan Yordania (di sisi timur) dan Israel serta Palestina (di sisi barat).

Galeri[sunting | sunting sumber]

</gallery>

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Klein, Ernest, A Comprehensive Etymological Dictionary of the Hebrew Language for Readers of English, The University of Haifa, Carta, Jerusalem, p.264
  2. ^ "An Interfaith Look at the Jordan River". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 April 2017. Diakses tanggal 16 January 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 33°11′12″N 35°37′09″E / 33.18667°N 35.61917°E / 33.18667; 35.61917