Wikipedia:Membaca kotak taksonomi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tulisan ini menjelaskan bagaimana membaca kotak taksonomi. Jika anda ingin membuat atau mengubah kotak taksonomi, silakan baca Wikipedia:Penggunaan kotak taksonomi. Untuk pembahasan, lihat en:Wikipedia talk:WikiProject Tree of Life.

Kotak taksonomi adalah tabel yang menjelaskan klasifikasi ilmiah dari organisme atau kelompok organisme. Pada saat ini (2005), terdapat lebih dari 10.000 kotak taksonomi dalam Wikipedia berbahasa Inggris.

Kotak Taksonomi.jpg

Silakan liat gambar di sebelah kanan, yang menunjukkan kotak taksonomi dari artikel Sikatan matinan.

1. Judul dari kotak adalah nama umum dari organisme atau kelompok organisme, jika ada, atau nama ilmiahnya.
2. Gambar spesies.
3. Pada banyak organisme, bagian ini memberikan status konservasi dari organisme tersebut sebagai indikator keberadaannya di alam liar serta keterancamannya dari kepunahan. Status konservasi yang digunakan adalah kategori yang dipakai IUCN (International Union for Conservation of Nature) dalam daftar merah IUCN. Kategori yang digunakan adalah sebagai berikut:

LC (Least Concern) atau "Risiko Rendah"
NT (Near Threatened) atau "Hampir Terancam"
VU (Vulnerable) atau "Rentan"
EN (Endangered) atau "Genting"
CR (Critically Endangered) atau "Kritis"
EW (Extinct in the Wild) atau "Punah di alam liar"
EX (Extinct) atau "Punah"

Kotak informasi kelompok organisme tidak menampilkan bagian status konservasi ini
4. Bagian utama dari kotak taksonomi menjelaskan klasifikasi ilmiah yang saat ini diterima secara umum dari organisme yang dijelaskan pada artikel tersebut. Hierarki ini disebut sebagai "taksa" (bentuk tunggal: taxon), yang dimiliki organisme ini. Jika taksonomi masih dianggap belum pasti atau masih diperdebatkan, bagian ini akan berusaha mewakili konsensus saat ini secara konservatif, yang berarti tidak mengikuti perkembangan penelitian yang paling akhir.
5. Nama ilmiah atau yang dikenal dengan istilah nama latin organisme.
a. Nama binomial, selalu terdiri dua kata untuk organisme dan satu kata untuk kelompok organisme
b. Nama pengarang atau penulis pemilik otoritas yang telah mempublikasikannya melalui karya ilmiah tertentu, diikuti tahun penerbitan karya tersebut