Mikhaēl I Rangabes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mikhaēl I Rangabes
Kaisar dan Otokrat Romawi
Michael I Rangabe.jpg
Mikhaēl I Rangabes, dari Madrid Skylitzes.
Kaisar Kekaisaran Romawi Timur
Berkuasa2 Oktober 811 – 22 Juni 813
Penobatan2 Oktober 811
Hagia Sophia
PendahuluStavrakos
PenerusLeo V
Co-emperorTheophylaktos (811-813)
Lahirskt. 770
Wafat11 Januari 844
Pulau Próti
Pemakaman
Gereja di Pulau Próti, dipindahkan ke Biara Satyros
Nama lengkap
Mikhaēl Rangabe
AyahTheophylaktos Rhangabe
PasanganProkopia
AnakTheophylaktos
Staurakios
Niketas
Georgo
Theophano

Michael I Rhangabe (bahasa Yunani: Μιχαῆλ Ῥαγγαβέ, Mikhaēl Rhangabe; skt. 770 – 11 Januari 844) merupakan seorang Kaisar Bizantium dari tahun 811 hingga 813.

Mikhael adalah putra patrician Theofylakos Rhangabe, laksamana armada Aegea. Dia menikahi Prokopia, putri dari Kaisar masa depan Nikephoros I, dan menerima gelar istana tinggi dari kouropalatēs setelah aksesi ayah mertuanya pada tahun 802.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Penobatan oleh Patriark, seperti yang digambarkan di Madrid Skylitzes.

Mikhael selamat dari kampanye bencana Nikephoros melawan Krum dari Bulgaria, dan dianggap sebagai calon yang lebih tepat untuk takhta daripada Staurakios, saudara iparnya yang terluka parah. Ketika istri Mikhael, Prokopia gagal membujuk saudara laki-lakinya untuk menyebut Mikhael sebagai penggantinya, sekelompok pejabat senior (magistros Theoktistos, domestikos tōn scholōn Stephen, dan Patriark Nikephoros) memaksa Staurakios untuk melepaskannya demi kebaikannya pada tanggal 2 Oktober 811.

Mikhael I berusaha untuk melaksanakan kebijakan rekonsiliasi, meninggalkan perpajakan yang ditentukan yang dilembagakan oleh Nikephoros I. Sementara mengurangi pendapatan kerajaan, Mikhael dengan murah hati membagikan uang kepada tentara, birokrasi, dan Gereja. Dipilih dengan dukungan partai Ortodoks di Gereja, Mikhael rajin menganiaya para ikonoklas dan memaksa Patriark Nikephoros untuk mundur dalam perselisihannya dengan Theodorus Studita, kepala biara Stoudios yang berpengaruh. Kesalehan Mikhael memberinya penilaian yang sangat positif dalam karya kronikus Theophanes.

Pada tahun 812 Mikhael I membuka kembali perundingan dengan Franka, dan mengakui Charlemagne sebagai basileus (Raja) (tetapi bukan sebagai Kaisar Romawi). Sebagai imbalan untuk pengakuan itu, Venesia dikembalikan ke Kekaisaran. Namun, di bawah pengaruh Theodore, Mikhael menolak ketentuan-ketentuan perdamaian yang ditawarkan oleh Krum dan memprovokasi penangkapan Mesembria (Nessebar) oleh Bulgaria. Setelah sukses awal di musim semi 813, tentara Mikhael bersiap untuk pertunangan besar di Versinikia dekat Adrianople pada bulan Juni. Tentara kaisar melarikan diri dan posisi Kaisar benar-benar melemah. Dengan adanya persekongkolan, Mikhael mendahului peristiwa-peristiwa dengan turun takhta demi kepentingan umum Leo Armenia dan menjadi seorang biarawan (dengan nama Athanasios). Anak-anaknya dikebiri dan dikirim ke biara-biara, salah satunya, Niketas (namanya Ignatios), akhirnya menjadi Patriark Konstantinopel. Mikhael meninggal dengan tenang pada tanggal 11 Januari 844.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Oleh istrinya Prokopia, Mikhael I memiliki setidaknya lima orang anak:

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Kazhdan, Alexander, ed. (1991). The Oxford Dictionary of Byzantium. Oxford and New York: Oxford University Press. ISBN 0-19-504652-8. 
  • Ostrogorsky, G.; History of the Byzantine State, Rutgers University Press (July 1986)
  • Treadgold, W. A History of the Byzantine State and Society, Stanford University Press; 1 edition (1 November 1997)
  • Gregory, T., A History of Byzantium (Blackwell History of the Ancient World), Wiley-Blackwell (11 March 2005)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Mikhaēl I Rangabes
Lahir: skt. 770 Wafat: 11 Januari 844
Gelar
Didahului oleh:
Stavrakos
Daftar Kaisar Romawi Timur
2 Oktober 811 – 22 Juni 813
bersama dengan Theophylaktos (811–813)
Diteruskan oleh:
Leo V