Diadumenian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Diadumenian
Caesar dari Kekaisaran Romawi di bawah Macrinus
Masa kekuasaan Mei 217 – 218 (sebagai ''Caesar'' di bawah Macrinus); 218 (sebagai ''Augustus'')
Nama lengkap Marcus Opellius Antoninus Diadumenianus
Lahir 14 September 208 M
Wafat 218 M
Tempat wafat Antiokhia
Ayah Macrinus
Ibu Nonia Celsa (?)

Diadumenian (bahasa Latin: Marcvs Opellivs Antoninvs Diadvmenianvs Avgvstvs) (14/19 September 208 – 218), adalah anak dari Kaisar Romawi Macrinus, dan sempat melayani ayahnya sebagai Caesar (Mei 217–218) dan sebagai Augustus (tahun 218). Ia dinamakan demikian karena dilahirkan dengan caul yang berbentuk sebuah 'diadem'.[1]

Diadumenian dilahirkan pada tanggal 14 September 208 atau, menurut Historia Augusta, pada tanggal 19 September karena tanggal lahirnya sama dengan Kaisar Antoninus Pius. Ibunya adalah Ratu Nonia Celsa, tidak banyak yang diketahui tentang dirinya, ia hanya disebutkan dalam Historia Augusta. Ia lahir dengan nama Marcus Opellius Diadumenianus, tetapi namanya diganti dan diberi tambahan Antoninus untuk memperkuat hubungan dengan keluarga Marcus Aurelius seperti yang dilakukan oleh Caracalla.

Diadumenian hanya sebentar menikmati posisinya atau belajar sesuatu dalam kesempatan itu karena legiun Syria memberontak dan menyatakan Elagabalus sebagai penguasa Kekaisaran Romawi. Ketika Macrinus dikalahkan pada tanggal 8 Juni 218, di Antiokhia, Diadumenian meninggal bersama ayahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PDF File" (PDF). caulbearersunited.webs.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]