Konstantinus Laskaris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konstantinus Laskaris
Kaisar Nicea
Berkuasa1204 – 1205
PendahuluAlexios V Doukas
PenerusTheodoros I Laskaris
Lahir1170
Konstantinopel
Wafat1205
WangsaLaskaris

Konstantinus Laskaris (Yunani: Κωνσταντίνος Λάσκαρις) mungkin pernah menjadi Kaisar Bizantium selama beberapa bulan dari 1204 hingga awal 1205. Ia kadang-kadang disebut "Konstantinus XI", sebuah angka yang sekarang biasanya digunakan untuk Konstantinus Palaiologos.

Kaisar Nicea[sunting | sunting sumber]

Perlawanan Yunani terhadap penakluk Latin dimulai segera di bawah kepemimpinan Theodoros I Laskaris, dan dia segera bergabung dengan Konstantinus. Mereka kesulitan pada awalnya, dan pada awal 1205 mereka telah kehilangan kota penting Adramyttion kepada Kaisar Latin, Hendrik dari Flandria. Theodoros sangat ingin membalikkan kemunduran ini, jadi dia mengirim Konstantinus sebagai kepala pasukan besar menuju kota.[1]

Hendrik telah memperingatkan sebelumnya tentang serangan itu melalui sumber Armenia, dan mempersiapkan pasukannya untuk menghadapi orang-orang Yunani. Kedua tentara bertempur dalam Pertempuran Adramyttion pada hari Sabtu, 19 Maret 1205[1] di luar tembok kota, dan hasilnya adalah kekalahan besar bagi Konstantinus Laskaris dan orang-orang Yunani, dengan sebagian besar tentara binasa atau ditangkap.[2]

Tidak ada lagi yang terdengar tentang Konstantinus Laskaris setelah pertempuran ini, sehingga dianggap bahwa dia tewas dalam kekalahan itu, atau ditangkap.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b De Villehardouin, Geoffrey (2007). Memoirs Or Chronicle of the Fourth Crusade and the Conquest of Constantinople. Echo Library. hlm. 63. 
  2. ^ Nicetas (Choniates); Choniates, Nicetas; Choniate, Nicétas; Magoulias, Harry J. (1984). O City of Byzantium: Annals of Niketas Choniatēs (dalam bahasa Inggris). Wayne State University Press. ISBN 978-0-8143-1764-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Konstantinus Laskaris
Lahir: 1170 Wafat: 1205
Gelar
Didahului oleh:
Alexios V Doukas
Kaisar Nicea
1204
Diteruskan oleh:
Theodoros I Laskaris