Filippikos Bardanes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Filippikos
Kaisar Romawi
Solidus of Philippicus.png
Sebuah koin solidus bergambar Filippikos
Berkuasa4 November 711– 3 Juni 713
PendahuluYustinianus II
PenerusAnastasios II
LahirPergamum
(kini Bergama, Izmir, Turki)
Wafat713
Nama lengkap
Filippikos Bardanes
AyahNikeforos
Anak{{{children}}}

Filippikos Bardanes (bahasa Yunani: Φιλιππικός Βαρδάνης, translit. Filippikos Vardanis)[a] adalah kaisar Romawi Timur yang menjabat pada tahun 711 hingga 713 M.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Filippikos bernama lahir Bardanes (bahasa Yunani: Βαρδάνης, translit. Vardanis; bahasa Armenia: Վարդան, Vardan ). Dia adalah putra dari patrisius (bangsawan) Nikeforos, yang merupakan keturunan Armenia dari koloni Armenia di Pergamum.[1] Sejarawan dan pakar ilmu Bizantium bernama Antonios Kaldellis menolak narasi di mana Filippikos Bardanes dikatakan sebagai "orang Armenia berdasarkan genos" atau "orang Armenia-Persia berdasarkan genos".[2] Kaldellis malah berpendapat bahwa Filippikos "seratus persen Persia".[2] Kaldellis menambahkan bahwa Bardanes mungkin lahir dan dibesarkan di alam Bizantium (yaitu Romanía), seperti tempat lahir ayahnya, Nikeforos.[2] Pendapat mendukung yang menyatakan bahwa Bardanes adalah keturunan dari Vardan II Mamikonian yang terkenal di abad ke-5 juga ditolak oleh Kaldellis sebagai "dongeng modern".[2] Sumber-sumber terkini membuktikan bimbingan, minat ilmiah, pembelajaran, dan kefasihan oleh Bardanes yang semuanya dalam bahasa Yunani.[2]

Mengandalkan dukungan dari pihak penganut Monotelitisme, dia membuat beberapa tuntutan ke takhta pada pecahnya pemberontakan besar pertama melawan Kaisar Yustinianus II. Hal tersebut menyebabkan dia diasingkan ke Kefalonia oleh Tiberios Apsimaros, dan kemudian dia dibuang ke Kherson atas perintah dari Yustinianus. Di sini Bardanes, mengambil nama Filippikos, berhasil menghasut penduduk untuk memberontak dengan bantuan bangsa Khazar. Pemberontak yang berhasil merebut Konstantinopolis, dan Yustinianus melarikan diri; Filippikos took the throne. naik takhta. Yustinianus kemudian ditangkap dan dipenggal; putranya bernama Tiberios juga ditangkap oleh petugas Filippikos, Ioannes, dan Mauros, serta dibunuh di sebuah gereja. Perwira utama Yustinianus, seperti Barasbakourios, juga dibantai.

Filippikos (kiri) menahan Tiberius (putra Yustinianus II) untuk dihukum mati. Adegan dari Babad Manasses abad ke-12.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Di antara tindakan pertama Filippikos Bardanes adalah menurunkan paksa Koresh, seorang Patriark Oikumenis Konstantinopel dari jabatannya, untuk mendukung Yohanes VI, seorang anggota sektenya sendiri, dan pemanggilan konsilibulum para uskup Timur, yang menghapuskan kanon Konsili Oikumenis VI. Sebagai tanggapan, Gereja Katolik Roma menolak untuk mengakui kaisar baru dan patriarknya. ementara itu, penguasa Bulgaria bernama Tervel menjarah sampai ke tembok Konstantinopel pada tahun 712. Ketika Filippikos memindahkan pasukan dari thema Opsikion untuk mengawasi Balkan, khilafah Umayyah bernama Al-Walid I membuat terobosan melintasi pertahanan Asia Kecil yang melemah.

Pada akhir Mei 713, pasukan Opsikion memberontak di Trakia. Beberapa petugas mereka menembus kota dan membutakan Filippikos pada 3 Juni 713 saat dia berada di hipodrom.[3] Dia digantikan untuk sementara oleh sekretaris utamanya, Artemios, yang diangkat sebagai Anastasios II. Filippikos wafat di tahun tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ juga dikenal sebagai Filippicus (bahasa Latin: Philippicus Bardanes)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charanis, Peter (1959). "Ethnic Changes in the Byzantine Empire in the Seventh Century". Dumbarton Oaks Papers. Dumbarton Oaks. 13: 23–44. doi:10.2307/1291127. JSTOR 1291127. 
  2. ^ a b c d e Kaldellis, Anthony (2019). Romanland: Ethnicity and Empire in Byzantium. Harvard University Press. hlm. 185. ISBN 9780674986510. 
  3. ^ Theophanes 1982, p. 79.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pustaka lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar
Didahului oleh:
Yustinianus II
Kaisar Romawi Timur
4 November 711 – 3 Juni 713
Diteruskan oleh:
Anastasios II
Jabatan politik
Didahului oleh:
Tiberios III
pada tahun 699
kemudian berakhir
Konsul Romawi Timur
711
Diteruskan oleh:
berakhir,
Anastasios II
pada tahun 714