Magnentius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Flavius Magnus Magnentius
Perebut Takhta dari Kekaisaran Romawi
Multiplus emas dari Magnentius
Masa kekuasaan18 Januari 350 – 11 Agustus 353
Lahir303
Tempat lahirSamarobriva, Gaul
Wafat11 Agustus 353 (usia 50)
Tempat wafatMons Seleucus
PendahuluKonstans
PenggantiKonstantius II
IstriJustina

Magnentius (Latin: Flavius Magnus Magnentius Augustus Lahir 303 – Meninggal 11 Agustus 353) adalah perebut takhta Kekaisaran Romawi mulai 350 hingga 353.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Samarobriva (Amiens), Gaul, Magnentius adalah pemimpin kaum Herculi dan Jovian, unit penjaga kekaisaran.[1] Ketika pasukan mulai tidak menyukai kebiasaan Kaisar Romawi Konstans, mereka melantik Magnentius di Autun pada 18 Januari 350. Konstans telah dilupakan kecuali beberapa pendukung, dan dia kemudian dibantai oleh pasukan kavaleri ringan dekat Pegunungan Pirenia.

Perebut Takhta[sunting | sunting sumber]

Double Centenionalis Magnentius-XR-s4017.jpg

Magnentius dengan cepat menarik perhatian dan loyalitas provinsi di Britania, Gaul, dan Hispania, karena ia terbukti lebih toleran terhadap kaum Kristen dan Pagan. Kontrol dirinya di Italia dan Afrika telah tertancap melalui pelantikan orang-orang bawahnnya di kantor-kantor penting. Meskipun begitu, perlawanan singkat Nepotianus, keluarga dinasti Konstantinian, menunjukkan Magnentius bahwa statusnya sebagai kaisar adalah untuk konsolidasi dengan anggota dinasti itu.

Magnentius telah mencoba untuk memperkuat cengkeramannya di wilayah yang dahulu dikontrol oleh Konstans, menuju Danube. Vetranio, komandan pasukan Pannonia, telah terpilih sebagai Augustus oleh oleh pasukannya di Mursa pada 1 Maret. Perlawanan ini memiliki jejak loyalis, karena Vetranio didukung Konstantina dan Konstantius II yang mengakui Vetranio, dengan mengirimkan diadem kekaisaran.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Kaisar yang tesisa dari dinasti Konstantinian, Konstantius II mengadakan perang di Suriah dan Persia, dan menuju ke barat. Meskipun Magnentius berusaha merangkul Vetranio ke pihaknya, Vetranio telah bergabung dengan Konstantius bersama pasukannya, menyerahkan mahkota, lalu pergi ke rumah istirahat di Bitinia.

Setelah melantik Magnus Decentius (mungkin kakaknya) sebagai Caesar dan merekrut pasukan sebanyak mungkin, Magnentius mengarahkan pasukannya untuk bertemu pasukan Konstantius di Pertempuran Mursa Major pada 351. Magnentius mengirim pasukannya untuk bertempur, ketika Konstantius menghabiskan hari pertempuran berdoa di gereja terdekat. Meskipun pasukan Magnentius heroik, tetapi akhirnya dikalahkan dan terpaksa kembali ke Gaul.

Sebagai hasil kekalahan Magnentius, Italia melepas pasukan intinya dan bergabung dengan kaum loyalis. Magnentius mulai mendekati ajal pada 353 dalam Pertempuran Mons Seleucus, setelah ia bunuh diri dengan jatuh di atas pedangnya.

Menyusul pembasmian pemberontakan Magnentius, Konstantius memerintahkan penyelidikan untuk mencari pengikutnya. Agen yang paling jahat dalam pencarian ini adalah primicerius notariorum Paulus Catena (Paulus sang Rantai).

Beberapa sumber menyatakan bahwa ayah Magnentius adalah seorang Briton dan ibunya seorang Franka.[2] Istrinya, Justina, kemudian menikah lagi dengan Valentinianus I.

Notes[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zosimus, ii.58
  2. ^ Drinkwater pp.131–59.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Cameron, Averil, and Peter Garnsey ed., The Cambridge Ancient History, Vol XIII, Cambridge University Press, 1988.
  • Drinkwater, J.F. (2000). "The revolt and ethnic origin of the usurper Magnentius (350–53), and the rebellion of Vetranio (350)". Chiron (30). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Magnentius di Wikimedia Commons Media terkait Magnentius di Wikimedia Commons