Priskus Attalus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Priskus Attalus
Rare solidus of Priscus Attalus.png
Solidus Priskus Attalus
Berkuasa409 dan 414-415, melawan Honorius
PendahuluHonorius
PenerusHonorius
Kematiansetelah 416
Kepulauan Lipari

Priskus Attalus (bahasa Yunani: Πρίσκος Άτταλος, meninggal setelah tahun 416) adalah jenderal Romawi yang dua kali menjadi perampas kekuasaan Romawi (pada tahun 409–410 dan tahun 414–415), melawan Kaisar Honorius, dengan dukungan Visigoth. Dia adalah orang non-Kristen terakhir yang berpura-pura menduduki jabatan kekaisaran Romawi.

Priskus Attalus adalah seorang Yunani dari provinsi Romawi di Asia, yang ayahnya telah pindah ke Italia di bawah Valentinianus I. Attalus adalah seorang senator penting di Roma, yang menjabat sebagai praefectus urbi pada tahun 409. Ia dua kali diproklamasikan sebagai kaisar oleh Visigoth, dalam upaya untuk memaksakan persyaratan mereka pada Kaisar Honorius yang tidak efektif, di Ravenna.

Ia memegang gelar Kaisar di Roma selama beberapa bulan pada tahun 409–410, dan kemudian di Burdigala lagi selama beberapa bulan pada tahun 414–415. Pemerintahan pertama berakhir ketika Alarik percaya itu menghambat negosiasinya dengan Honorius, dan yang kedua berakhir setelah dia ditinggalkan oleh Visigoth dan akhirnya ditangkap oleh anak buah Honorius. Attalus wajib ikut serta dalam kemenangan yang dirayakan Honorius di jalan-jalan Roma pada tahun 416, sebelum menyelesaikan hari-harinya di pengasingan di Kepulauan Aeolia.

Referensi[sunting | sunting sumber]