Balbinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Balbinus
Bust of Balbinus
Bust of Balbinus
Joint 30th Emperor of the Roman Empire
Memerintah 22 April – 29 July 238 (with Pupienus, and in opposition to Maximinus Thrax)
Pendahulu Gordian I and II
Pengganti Gordian III
Mangkat 29 July 238 (aged 73)
Rome
Nama lengkap
Decimus Caelius Calvinus Balbinus Pius
(from birth to accession);
Caesar Decimus Caelius Calvinus Balbinus Pius Augustus (as emperor)

Templat:Year of Six Emperors

Sestertius of Balbinus.

Balbinus (bahasa Latin: Decimus Caelius Calvinus Balbinus Pius Augustus;[1][2] c. 165 – 29 July 238), adalah Kaisar Romawi bersama Pupienus yang berkuasa selama tiga bulan pada tahun 238 M, Tahun yang dikenal sebagai Tahun Enam Kaisar Roma.

Asal dan Karier[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak yang diketahui tentang Balbinus sebelum ia berkuasa sebagai kaisar. Diduga ia adalah keturunan dari Publius Coelius Balbinus Vibullius Pius, consul ordinarius dari tahun 136 atau 137, dan suami dari Aquilia. Jika hal ini benar, Balbinus masih berkeluarga dengan Q. Pompeius Falco, dimana keluarganya banyak menjadi politisi atau konsulat selama abad ke-3 Masehi, dan pada abad pertama Masehi menjadi politisi, insinyur dan pengarang buku Julius Frontinus, dan juga penerus dari sepupu pertamanya, Trajan.[butuh rujukan] Dia lahir sekitar tahun 178.[2] Dia adalah seorang bangsawan dari lahir, dan merupakan putra (entah karena lahir atau adopsi) dari ... Caelius Calvinus, yang merupakan delegasi dari Cappadocia pada tahun 184. Dia juga salah satu dari imam Salii Dewa Mars.[3] Berdasarkan data Herodian Ia menjadi gubernur di banyak provinsi Romawi, tetapi daftar tujuh provinsi yang diberikan dalam Historia Augusta, serta pernyataan bahwa Balbinus menjadi Proconsul dari wilayah Asia dan Africa, masih menjadi penelitian.[butuh rujukan] Ia pernah menjadi konsul dua kali; Daerah Konsulat pertamanya tidak diketahui pasti tetapi dipercaya ia menjadi konsulat antara tahun 203 atau July 211; Ia menjadi konsul untuk kedua kalinya pada tahun 213 sebagai rekan dari Caracalla, yang memberi saran dan menikmati hubungan dekatnya dengan kaisar.

Periode Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Edward Gibbon (drawing upon the narratives of Herodian and the Historia Augusta):

Balbinus adalah seorang orator yang dikagumi, seorang penyair tenar, dan hakim yang bijaksana, yang telah melaksanakan yurisdiksi sipil dengan tanpa cacat dan dikagumi di hampir semua provinsi kekaisaran Romawi. Kelahirannya adalah mulia, makmur dalam kekayaannya, sopan santun, liberal dan ramah. Dalam dirinya, rasa harga diri lebih diutamakan daripada cinta dalam kesenangan, juga ia memiliki kebiasaan untuk nor had the habits of ease deprived him of a capacity for business. (...) The two colleagues [Pupienus and Balbinus] had both been consul (Balbinus had twice enjoyed that honourable office), both had been named among the twenty lieutenants of the senate; and, since the one was sixty and the other seventy-four years old, they had both attained the full maturity of age and experience.[4]

Ketika Gordians diangkat menjadi Kaisar di Afrika, Senat Romawi membentuk sebuah komite yang terdiri dari 20 orang, termasuk Balbinus, untuk berkoordinasi melawan Maximinus Thrax.[butuh rujukan] Setelah mendengar berita tentang kekalahan Gordians, Senat memilih Pupienus dan Balbinus sebagai wakil kaisar pada tanggal 22 April 238,[2] meskipun segera setelahnya mereka kemudian dipaksa untuk bekerjasama dengan anak Gordian, Gordian III sebagai kolega mereka. Tidak seperti situasi pada tahun 161M, kedua kaisar dipilih sebagai pontifices maximi, pimpinan para imam dari kultus resmi Romawi. Hal ini sangat tidak terpikirkan di masa Republik. Balbinus mungkin di awal tahun tujuh puluhan nya: Kualifikasinya dalam pemerintahan tidak diketahui, kecuali mungkin bahwa ia adalah seorang senator senior, kaya dan memiliki banyak koneksi. Sementara Pupienus berjalan menuju Ravenna, di mana ia mengawasi kampanye menentang Maximinus, Balbinus tetap di Roma, tetapi gagal untuk menjaga ketertiban umum. Sumber menunjukkan bahwa setelah kembali menang Pupienus menyusul kematian Maximinus ', Balbinus diduga Pupienus menginginkan untuk menggantikan dia, dan mereka segera tinggal di bagian yang berbeda dari istana Kekaisaran,[butuh rujukan] di mana mereka kemudian dibunuh oleh oknum-oknum yang tidak puas dari Penjaga Praetorian, dan kematian Balbinus terjadi pada tanggal 29 Juli 238.[2]

Sarkofagus[sunting | sunting sumber]

'Sarkofagus Balbinus' telah membuat Kaisar ini sebuah kedudukan yang sesuai dalam sejarah seni Kekaisaran Roman. Agaknya sambil memegang gelar Kaisar, Balbinus memiliki sarkofagus marmer dibuat untuk dirinya dan istrinya (yang namanya tidak diketahui). Ditemukan di fragmen dekat Via Appia dan dipulihkan, ini adalah satu-satunya contoh dari sarkofagus Imperial Roman jenis ini yang bertahan. Pada tutupnya yang berbaring tokoh Balbinus dan istrinya, sosok Kaisar juga memiliki potret baik dari dirinya. sarkofagusnay sekarang berada di koleksi di Museo di Pretastato (di katakombe Praetextatus) di Taman Caffarella dekat Appian Way di Roma.

Meskipun dalam rekening pemerintahannya bersama, Balbinus ditekankan sebagai sipil dibandingkan Pupienus orang militer, di sisi sarkofagus ia digambarkan dalam pakaian militer lengkap.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ In Classical Latin, Balbinus' nama akan tertulis sebagai DECIMVS CAELIVS BALBINVS PIVS AVGVSTVS.
  2. ^ a b c d Adkins, Lesley; Adkins, Roy A. (1994). Handbook to Life in Ancient Rome. New York: Oxford University Press. p. 26. 
  3. ^ "Michael Grant, The Roman Emporers"
  4. ^ The History of the Decline and Fall of the Roman Empire, vol. I, p. 225, Edward Gibbon (The Online Library of Liberty). [1].

External links[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Balbinus di Wikimedia Commons

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Gordian I and Gordian II
Roman Emperor
238
Menjabat bersama dengan: Pupienus
Diteruskan oleh:
Gordian III
Jabatan politik
Didahului oleh:
Pompeianus ,
Gaius Julius Camilius Asper
Consul of the Roman Empire
213
bersama dengan Caracalla
Diteruskan oleh:
Lucius Valerius Messalla Apollinaris,
Gaius Octavius Appius Suetrius Sabinus