Vitellius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Vitellius
Kaisar Romawi yang ke 8
Patung kaisar Vitellius
Patung kaisar Vitellius
Memerintah 16 April 69 – 22 Desember 69
(8 bulan)
Pendahulu Otho
Pengganti Vespasianus
Lahir 24 September 15
Roma
Mangkat 22 Desember 69 (umur 54)
Roma
Pasangan Galeria Fundania
Nama lengkap
Aulus Vitellius (nama lahir)
Aulus Vitellius Germanicus Augustus ( menjadi kaisar)
Ayah Lucius Vitellius
Ibu Sextilia

Vitellius (bahasa Latin: Aulus Vitellius Germanicus Augustus; Dalam Klasik Latin, nama Vitellius 'akan tertulis sebagai AVLVS VITELLIVS GERMANICVS AVGVSTVS 24. September 15-22 Desember 69) adalah Kaisar Romawi selama delapan bulan, dari 16 April - 22 Desember 69. Vitellius diproklamasikan kaisar mengikuti suksesi cepat dari kaisar sebelumnya Galba dan Otho, dalam satu tahun perang saudara yang dikenal sebagai Tahun Empat Kaisar.

Vitellius adalah yang pertama untuk menambahkan kehormatan julukan Germanicus namanya bukan Caesar atas aksesi; nama terakhir telah jatuh ke dalam kehinaan di banyak tempat karena tindakan dari Nero.

Klaimnya tahta segera ditantang oleh legiun ditempatkan di provinsi-provinsi timur, yang menyatakan mereka komandan Vespasian kaisar sebagai gantinya. Perang pun terjadi, yang mengarah ke kekalahan telak untuk Vitellius di Kedua Pertempuran Bedriacum di bagian utara Italia. Setelah ia menyadari dukungannya adalah keragu-raguan, Vitellius siap untuk turun tahta dalam mendukung Vespasianus, tetapi dieksekusi di Roma oleh tentara Vespasianus pada tanggal 22 Desember 69.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dia adalah anak dari Lucius Vitellius Veteris dan istrinya Sextilia, dan memiliki satu saudara, Lucius Vitellius Muda. Suetonius mencatat dua account yang berbeda dari asal usul the Vitellius (gens), salah satu membuat mereka keturunan penguasa masa lalu Latium, yang lain menggambarkan mereka sebagai asal rendah. [2]

Suetonius membuat pernyataan masuk akal bahwa kedua akun mungkin telah dibuat oleh salah satu menyanjung atau musuh Vitellius-kecuali bahwa keduanya beredar sebelum Vitellius menjadi kaisar [2] Suetonius juga mencatat. Bahwa ketika Vitellius lahir horoskop nya jadi ngeri orang tuanya bahwa ia Ayah mencoba untuk mencegah Aulus dari menjadi konsul. [3]

Ia menikah terlebih dahulu sebelum tahun 40 seorang wanita bernama Petronia, putri Publius atau Gayus Petronius Pontius Nigrinus, dengan siapa ia memiliki seorang putra Aulus Vitellius Petronianus, pewaris universal ibu dan kakeknya.

Ia menikah kedua, sekitar tahun 50, seorang wanita bernama Galeria Fundana (ca 40 -. Belakang 69), mungkin cucu dari Gayus Galerius (ca 15 SM -. Belakang 23), praefectus Aeg.in 23. Mereka memiliki dua anak, anak yang disebut Germanicus dan seorang putri yang bernama Vitellia (b. ca 55) yang menikah dengan Legatus Decimus Valerius asiaticus.

Pelayanan publik[sunting | sunting sumber]

Politik dan militer karier[sunting | sunting sumber]

Dia konsul Romawi Konsul di 48, dan diasumsikan gubernur dari Afrika baik 60 atau 61, di mana kapasitas ia dikatakan telah dibebaskan dirinya dengan kredit. Pada akhir 68, Galba, ke heran umum, karena dia memerintahkan tentara Germania Inferior, dan di sini Vitellius membuat dirinya populer dengan bawahan dan dengan tentara dengan pemborosan keterlaluan dan baik berlebihan alam, yang segera terbukti fatal untuk memesan dan disiplin.

Tawaran untuk daya[sunting | sunting sumber]

Dia berutang elevasi ke tahta ke Caecina dan Fabius Valens, komandan dari dua legiun di Rhine. Melalui kedua orang ini sebuah revolusi militer cepat dicapai; mereka menolak untuk memperbaharui janji setia mereka kepada Kaisar Galba pada tanggal 1 Januari 69, dan awal di 69 Vitellius diproklamasikan kaisar di Cologne. Lebih tepatnya, ia menyatakan Kaisar tentara Germania Inferior dan Unggul. Tentara Gaul, Brittania dan Raetia memihak mereka tak lama setelah itu. Pada saat itu mereka berbaris di Roma, namun, itu Otho, dan tidak Galba, yang mereka harus hadapi.

Bahkan, ia tidak pernah diakui sebagai Kaisar oleh dunia Romawi secara keseluruhan, meskipun pada Roma Senat menerima dia dan memutuskan kepadanya kehormatan Imperial biasa. Dia maju ke Italia pada kepala serdadu bermoral dan kasar, dan Roma menjadi tempat kerusuhan dan pembantaian, acara gladiator dan pesta mewah. Untuk hadiah legiun menang nya, Vitellius dibubarkan yang ada Praetorian Guard dan diinstal anak buahnya sendiri sebagai gantinya.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Gambar Vitellius di koin.

Suetonius, yang ayahnya telah berjuang untuk Otho di Bedriacum, memberikan penjelasan yang tidak menguntungkan administrasi singkat Vitellius ': ia menggambarkan dia sebagai ambisius dan mencatat bahwa Vitellius menunjukkan indikasi keinginan untuk memerintah dengan bijaksana, tetapi itu Valens dan Caecina mendorong dia dalam suatu program ekses setan yang melemparkan kualitasnya lebih baik ke latar belakang. Vitellius digambarkan sebagai malas dan memanjakan diri sendiri, suka makan dan minum, dan pelahap obesitas, makan jamuan makan empat kali sehari dan berpesta makanan langka ia akan mengirim angkatan laut Romawi untuk mendapatkan.

Untuk perjamuan ini, dia sendiri diundang ke sebuah rumah bangsawan yang berbeda untuk masing-masing. Dia bahkan dilaporkan telah kelaparan ibunya sendiri sampai mati-untuk memenuhi nubuat bahwa ia akan memerintah lama jika ibunya meninggal terlebih dahulu. Penulis lain, yaitu Tacitus dan Cassius Dio, tidak setuju dengan beberapa pernyataan Suetonius ', meskipun rekening mereka sendiri Vitellius nyaris tidak yang positif.

Meskipun pemerintahannya yang singkat ia membuat dua kontribusi penting kepada pemerintah Romawi yang bertahan lebih lama daripada dia. Tacitus menjelaskan mereka berdua dalam bukunya Sejarah :

  • Vitellius mengakhiri praktik Centurion menjual cuti dan pembebasan tugas untuk laki-laki mereka, perubahan Tacitus menggambarkan sebagai diadopsi oleh 'semua kaisar yang baik'.
  • Dia juga memperluas kantor Administrasi Imperial luar kolam kekaisaran Freedmen memungkinkan orang-orang dari Equites untuk mengambil posisi dalam layanan Imperial Sipil.

Vitellius juga melarang astrolog dari Roma dan Italia dari 1 Oktober, 69. Beberapa astrolog merespons surat keputusan oleh anonim menerbitkan Keputusan mereka sendiri: ". Ditetapkan oleh semua astrolog memberkati di Negara Vitellius kami akan ada lagi pada tanggal ditunjuk" Sebagai tanggapan, Vitellius dieksekusi setiap astrolog ia menemukan

Tantangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 69, Vitellius belajar bahwa tentara di provinsi paling timur telah menyatakan seorang kaisar saingan; komandan mereka, Titus Flavius ​​Vespasianus. Segera setelah diketahui bahwa tentara Timur, Dalmatia, dan Illyricum telah menyatakan untuk Vespasianus, Vitellius, sepi oleh banyak pengikutnya , akan mengundurkan diri judul kaisar.

Pengunduran diri dan kematian[sunting | sunting sumber]

Tacitus 'Sejarah' 'menyatakan bahwa Vitellius ditunggu tentara Vespasianus di Mevania. Syarat-syarat pengunduran diri sebenarnya telah disepakati dengan Marcus Antonius Primus, komandan legiun keenam bertugas di Pannonia dan salah satu pendukung utama Vespasianus, tetapi Praetorians menolak untuk mengizinkan dia untuk melaksanakan perjanjian , dan memaksanya untuk kembali ke istana, ketika ia sedang dalam perjalanan untuk deposit lambang kerajaan di Temple of Concord.

Pada pintu masuk pasukan Vespasianus ke Roma ia diseret keluar dari tempat persembunyian (menurut Tacitus lodge pintu-penjaga), didorong ke yang fatal [Gemonian tangga []], dan ada memukul. Tubuhnya dilemparkan ke sungai Tiber menurut Suetonius; Cassius Dio 's rekening adalah bahwa Vitellius dipenggal dan kepalanya diarak keliling Roma, dan istrinya menghadiri penguburannya. "Namun saya pernah menguasai kamu" adalah kata-kata terakhirnya. Saudara dan putranya juga tewas

Pranara luar[sunting | sunting sumber]