Cassius Dio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lucius (atau Claudius) Cassius Dio ( / kæʃəs diːoʊ / ; diduga memiliki julukan Cocceianus;[1][2] Yunani: . Δίων Κάσσιος Κοκκηϊανός Dion Kassios Kokkeianos, skt. 155-235 M),[3][4] dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Cassius Dio, Dio Cassius, atau Dio, adalah asal Yunani, konsul Romawi dan mencatat sejarawan yang menulis dalam bahasa Yunani. Dio menerbitkan sejarah Roma di 80 volume,[5] dimulai dengan kedatangan legendaris Aeneas di Italia ; kemudian didokumentasikan berdirinya Roma (753 SM), pembentukan Republik (509 SM), dan penciptaan Kekaisaran ( 31 SM), sampai 229 M. Seluruh Periode yang dicakup oleh kerja Dio adalah sekitar 1.400 tahun. Dari 80 buku, ditulis lebih dari 22 tahun, banyak bertahan hidup dalam zaman modern, utuh, atau sebagai fragmen, menyediakan sarjana modern dengan perspektif rinci tentang sejarah Romawi .

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dio adalah anak dari Cassius Apronianus, seorang senator Romawi, dan lahir dan dibesarkan di Nicea di Bitinia. Tradisi Bizantium menyatakan bahwa ibu Dio adalah putri atau adik dari orator Yunani dan filsuf, Dio Chrysostom; Namun, hubungan ini telah diperdebatkan. Lucius sering diidentifikasi sebagai praenomen Dio, tetapi prasasti Makedonia, yang diterbitkan pada tahun 1970, mengungkapkan singkatan, "Cl.", Mungkin Claudius[6] Meskipun Dio adalah warga negara Roma, ia menulis di dalam bahasa Yunani. Dio selalu mempertahankan cinta untuk kampung halamannya Nicea, menyebutnya "rumahnya", sebagai lawan deskripsi tentang villa di Italia ("kediaman saya di Italia"). Untuk sebagian besar dari hidupnya, Dio adalah anggota dari pelayanan publik. Dia adalah seorang senator di bawah Commodus dan gubernur Smyrna setelah kematian Septimius Severus; ia menjadi konsul suffect di sekitar tahun 205. Dio juga gubernur di Afrika dan Pannonia. Alexander Severus diadakan Dio di harga tertinggi dan diangkat kembali dia untuk posisi konsul, meskipun sifat kaustiknya menjengkelkan Pengawal Praetorian, yang menuntut hidupnya. Setelah konsul kedua, sementara pada tahun-tahun berikutnya, Dio kembali ke negara asalnya, di mana ia akhirnya meninggal.

Dio adalah kakek atau buyut dari Cassius Dio, konsul Romawi pada tahun 291.[7]

Sejarah Romawi[sunting | sunting sumber]

Dio menerbitkan sejarah Romawi (Ῥωμαϊκὴ Ἱστορία, Historia Romana), dalam 80 buku, setelah dua puluh dua tahun penelitian dan tenaga kerja. Buku-buku mencakup sejarah Romawi untuk jangka waktu sekitar 1.400 tahun, dimulai dengan kedatangan legendaris Aeneas di Italia, hingga berdirinya mythistoric berikutnya Roma (753 SM) (skt. 1200 SM.); mereka juga meliput peristiwa sejarah hingga 229 M. Pekerjaan ini adalah salah satu dari tiga sumber Roman tertulis yang mendokumentasikan pemberontakan Inggris 60-61 M. dipimpin oleh Boudica. Sampai abad pertama SM, Dio hanya menyediakan ringkasan peristiwa; setelah periode itu, rekening nya menjadi lebih rinci. Dari waktu Commodus (memerintah 180-192 M), Dio sangat berhati-hati dalam penyampaian tentang peristiwa yang ia saksikan.

Pada abad ke-21, fragmen tetap yang pertama 36 buku, termasuk bagian-bagian yang cukup dari kedua Buku 35 (pada perang Lucullus terhadap Mithridates VI dari Pontus) dan 36 (pada perang dengan bajak laut dan ekspedisi dari Pompeius terhadap raja Pontus). Buku-buku yang mengikuti, Buku 37 melalui 54, hampir semua lengkap; mereka mencakup periode dari 65 SM sampai 12 SM, atau dari kampanye timur Pompeius dan kematian Mithridates kematian Marcus Vipsanius Agrippa. Buku 55 mengandung kesenjangan yang cukup besar, sementara Buku 56 melalui 60 (yang mencakup periode dari 9 M sampai 54) yang lengkap dan berisi peristiwa dari kekalahan Varus di Jerman untuk kematian Claudius. Dari 20 buku berikutnya dalam seri, ada tetap hanya fragmen dan pembatasan sedikit dari John Xiphilinus, seorang biarawan dari abad ke-11. The ringkasan dari Xiphilinus, seperti sekarang masih ada, dimulai dengan Buku 35 dan terus akhir Buku 80: itu adalah kinerja yang sangat acuh tak acuh dan dibuat atas perintah Kaisar Michael VII Parapinaces. Buku terakhir mencakup periode 222-229 (pemerintahan Alexander Severus).

Fragmen pertama 36 buku, karena mereka telah dikumpulkan, terdiri dari empat macam:

  1. Fragmenta Valesiana: fragmen yang tersebar di seluruh berbagai penulis, scholiasts, tata bahasa, dan lexicographers, dan dikumpulkan oleh Henri Valois.
  2. Fragmenta Peiresciana: ekstrak besar, ditemukan di bagian yang berjudul, "Dari Virtues dan Vices", yang terdapat dalam koleksi, atau perpustakaan yg dapat diangkut, yang disusun atas perintah Konstantinus VII Porphyrogenitus. Naskah ini milik Nicolas-Claude Fabri de Peiresc.
  3. Fragmen pertama 34 buku, diawetkan di bagian kedua dari pekerjaan yang sama oleh Constantine, yang berjudul "Dari Kedutaan." Ini dikenal dengan nama Fragmenta Ursiniana, seperti naskah di mana mereka terkandung ditemukan di Sisilia oleh Fulvio Orsini.
  4. Excerpta Vaticana oleh Angelo Mai: Mengandung fragmen dari buku 1 sampai 35 dan 61 sampai 80. Selain itu, fragmen dari penerus tidak diketahui Dio (Anonymus pasca Dionem), umumnya diidentifikasi dengan sejarahwan abad ke-6, Petrus Patricius, termasuk; tanggal tersebut dari waktu Konstantinus. Fragmen lain dari Dio yang terutama terkait dengan pertama 34 buku yang ditemukan oleh Mai di dua Vatikan MSS.; ini mengandung koleksi yang disusun oleh Maximus Planudes. Catatan sejarah Joannes Zonaras juga mengandung banyak ekstrak dari Dio.

Gaya sastra[sunting | sunting sumber]

Dio berusaha untuk meniru Thucydides dalam gaya tulisannya. Gaya Dio, di mana tampaknya ada korupsi dari teks, umumnya jelas meskipun penuh Latinisms. Menulis Dio itu didukung oleh satu set keadaan pribadi dimana ia mampu mengamati peristiwa yang signifikan dari Kekaisaran sebagai orang pertama, atau memiliki kontak langsung dengan tokoh-tokoh kunci yang terlibat.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Sejumlah kutipan dari tulisan Cassius Dio:

  • Historia Romana, 37.16.1-4. "Jatuhnya Yerusalem pada tahun 63 SM"[8]
Sebagaimana adanya, mereka [orang Yahudi] mengecualikan apa yang disebut hari-hari Saturnus (=hari Sabtu), dengan tidak melakukan pekerjaaan sama sekali pada hari-hari itu memberikan orang Romawi kesempatan pada jeda ini untuk menghantam roboh tembok itu. Yang terakhir ini, setelah mengetahui kekaguman takhayul mereka, tidak berupaya serius pada sisa waktunya, tetapi pada hari-hari itu, ketika mereka datang bergantian, menyerang sangat hebat. Jadi para pembela ditangkap pada hari Saturnus, tanpa melakukan pembelaan, dan semua kekayaan mereka dijarah.
  • Historia Romana, 67. 14. "Penganiayaan di bawah Domitian"[9]
Dan pada tahun yang sama Domitian membunuh, bersama banyak orang lainnya, Flavius Clemens sang konsul, meskipun ia adalah seorang saudara sepupu dan istrinya adalah Flavia Domitilla, yang juga seorang kerabat kaisar. Tuduhan yang diajukan melawan mereka berdua adalah ateisme, suatu tuduhan yang juga mengutuk banyak orang yang beralih ke "jalan Yahudi" (=Kekristenan). Sejumlah dari mereka juga dihukum mati, dan sisanya paling sedikit dirampas hartanya. Domitilla hanya dibuang ke Pandateria. Tetapi Glabrio, yang pernah menjadi kolega Trajanus pada kekonsulan [Romawi], dihukum mati, dengan tuduhan kejahatan yang sama seperti yang lain, dan, khususnya, karena berperang sebagai gladiator melawan binatang buas. Sesungguhnya, prestasinya di area merupakan penyebab utama kemarahan kaisar terhadapnya, suatu kemarahan yang disulut oleh kecemburuan. Karena dalam masa konsul Glabrio, Domitian telah memanggilnya ke perumahannya di Alban untuk menghadiri festival yang disebut Juvenalia dan memberinya tugas membunuh seekor singa besar; dan Glabrio bukan saja selamat tanpa luka, tetapi juga membunuh singa itu dengan pukulan yang paling jitu.
  • Epitome (ikhtisar) oleh Xiphilinus[10] mengenai tulisan Cassius Dio, Historia Romana, 70. 3. "Antoninus terhadap orang Kristen"[11]
1 Antoninus diakui oleh semua orang sebagai orang terhormat dan baik, tidak menindas orang Kristen maupun kejam terhadap bawahan lainnya; melainkan, ia menunjukkan kepada orang Kristen hormat yang tinggi dan menambahkan pada kehormatan yang biasa diberikan oleh Hadrian kepada mereka. 2 Karena Eusebius Pamphili mengutip dalam Ecclesiastical History suatu surat Hadrian di mana kaisar itu dilihat mengancam pembalasan berat bagi mereka yang menyakiti dalam cara apapun atau menuduh orang Kristen dan bersumpah dalam nama Hercules bahwa hukuman akan dihakimkan atas mereka. 3 Antoninus dikatakan mempunyai perubahan pikiran untuk ingin tahu dan tidak menjauhkan penelitian cermat bahkan untuk urusan yang kecil dan lumrah; karena itu para pencemooh menyebutnya "Cummin-splitter" (=pembagi jintan; seorang yang terlalu teliti). Quadratus menyatakan bahwa ia mati pada usia lanjut, dan bahwa kematiannya, saat tiba, sangat damai, seperti tidur sangat lembut.
  • Epitome oleh Xiphilinus mengenai tulisan Cassius Dio, Historia Romana, 73. "Marcia terhadap orang Kristen"[12]
6 ... Ada seorang tertentu bernama Marcia, seorang gundik Quadratus (salah seorang yang dibunuh pada waktu ini), dan Eclectus, cubicularius[13]-nya; yang terakhir ini juga menjadi cubicularius Commodus, dan yang pertama, awalnya gundik kaisar dan kemudian menjadi istri Eclectus, 7 dan ia (Marcia) juga melihat mereka binasa dalam kekerasan. Tradisinya adalah ia sangat menyukai orang Kristen dan memberikan mereka kebaikan, seberapa banyak ia juga melakukan untuk Commodus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dio's name: L'Année épigraphique 1971, 430 = Κλ΄ Κάσσιος Δίων. Roman Military Diplomas, Roxan, 133 = L. Cassius Dio.
  2. ^ Alain Gowing, who has edited Cassius Dio, argues that the evidence for Cocceianus is insufficient, and the ascription is a Byzantine confusion with Dio Chrysostom, whom Pliny shows to be named Cocceianus; he provides the previously unattested praenomen of Claudius.
  3. ^ Prof. Cary's Introduction at LacusCurtius
  4. ^ According to some scholars, such as Millar (Millar, F., A study of Cassius Dio, Oxford 1966, p. 13), he was born later, in 163/164.
  5. ^ Cassius Dio, Sejarah Romawi Roman History, Book 80
  6. ^ Gowing, who adopts it; Claudius, however, is usually a nomen.
  7. ^ Martindale, J. R.; Jones, A. H. M, The Prosopography of the Later Roman Empire, Vol. I AD 260-395, Cambridge University Press (1971), pg. 253
  8. ^ Historical Proof that Saturday is the Sabbath. Bible things in Bible ways. 9 Februari 2014.
  9. ^ Dio Cassius on "Persecution under Domitian" - Greek Text with English translation. From Historia Romana, 67. 14. EarlyChurchTexts.com
  10. ^ Xiphilinus adalah seorang biarawan di Konstantinopel, yang membuat komentar untuk Kitab-kitab Historia Romana jilid 35-70, atas suruhan kaisar Mikhaēl VII Doukas (1071-1078).
  11. ^ Cassius Dio. Roman History. Diterbitkan dalam Vol. IX, "Loeb Classical Library" edition, 1927. Epitome of Book LXX.
  12. ^ Cassius Dio. Roman History. Diterbitkan dalam Vol. IX, "Loeb Classical Library" edition, 1927. Epitome of Book LXXIII.
  13. ^ Cubicularius: suatu pejabat yang mengurus ruang tidur dan ruang keluarga.

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]