Radama I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Radama I
Radama I, portrait by Ramanankirahina.jpg
Raja Madagaskar
Berkuasa 1810 – 27 Juli 1828
Penobatan 1810
Pendahulu Andrianampoinimerina
Pengganti Ranavalona I
Lahir 1793
Ambohimanga
Wafat 27 Juli 1828 (usia 34-35)
Rova dari Antananarivo
Pemakaman 1828
Makam Radama I, Rova dari Antananarivo
Ayah Raja Andrianampoinimerina
Ibu Puteri Rambolamasoandro
Pasangan Puteri Ramavo

Radama I yang Agung (1793- 27 Juli 1828) adalah penguasa Madagaskar pertama yang diakui sebagai Raja Madagaskar (1810-1828) oleh negara Eropa. Dia berkuasa pada usia 17 tahun untuk menggantikan ayahnya, Raja Andrianampoinimerina yang wafat pada tahun 1810.

Pada masa pemerintahannya, Radama mengundang orang Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah Madagaskar. Orang orang Eropa berhasil memasuki dataran tinggi tengah pulau Madagaskar yang merupakan pusat kebudayaan Kerajaan Imerina dan ibukota Antananarivo berada. Radama menyuruh utusan London Missionary Society untuk mendirikan sekolah untuk mengajarkan aksara latin untuk menuliskan bahasa Malagasi. Agama Kristen masuk ke Madagaskar pada zaman pemerintahnnya.

Berbagai reformasi politik dan sosial berlaku di bawah pemerintahannya, termasuk mengakhiri perdagangan budak internasional, yang secara historis merupakan sumber utama kekayaan dan persenjataan untuk monarki Merina. Melalui berbagai peperangan, ia berhasil menyatukan dua-pertiga wilayah pulau di bawah pemerintahannya.

Kegemarannya dalam mengkonsumsi alkohol membuat kesehatannya menurun hingga akhirnya ia meninggal pada usia usia muda yakni 35 tahun pada tahun 1828. Ia digantikan oleh permaisurinya, Ranavalona yang juga merupakan sepupunya.