Hostilian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hostilian
Sebuah koin Hostilian merayakan Securitas,
dewi keamanan Kekaisaran Romawi.
Masa kekuasaan 251 (dengan Trebonianus Gallus)
Nama lengkap Gaius Valens Hostilianus Messius Quintus Augustus
Lahir ± tahun 230
Tempat lahir Sirmium
Wafat 251 (usia 21 tahun)
Tempat wafat Roma
Pendahulu Decius dan Herennius Etruscus
Pengganti Trebonianus Gallus dan Volusianus
Ayah Decius
Ibu Herennia Etruscilla

Hostilian (Latin: Gaius Valens Hostilianus Messius Quintus Augustus;[1] 230? – 251) adalah Kaisar Romawi pada tahun 251. Hostilian dilahirkan di Sirmium (sekarang Sremska Mitrovica, Serbia) di Illyricum[2][3] pada suatu waktu setelah tahun 230, anak dari calon kaisar Decius dan istrinya Herennia Cupressenia Etruscilla. Ia adalah adik dari kaisar Herennius Etruscus.

Karena ayahnya akan naik takhta, Hostilian menerima perlakuan sebagai seorang pangeran kekaisaran, tetapi selalu berada di bawah bayang-bayang kakaknya Herennius, yang memiliki hak istimewa karena lebih tua dan sebagai ahli waris. Pada awal tahun 251, Decius mengangkat anaknya Herennius menjadi pendamping kaisar dan Hostilian menggantikannya menerima gelar princeps iuventutis (pangeran muda). Decius dan Herennius kemudian merencanakan serangan terhadap raja Cniva dari Goths, untuk menghukumnya karena melakukan penyerangan di perbatasan Danubian. Hostilian tetap tinggal di Roma karena belum berpengalaman, dan permaisuri Herennia yang menjadi wali.

Serangan itu ternyata menjadi bencana: Herennius dan Decius meninggal dalam Perang Abrittus dan menjadi dua kaisar pertama yang terbunuh oleh tentara asing dalam peperangan. Tentara di Danube mengakui Trebonianus Gallus sebagai kaisar, tetapi Romawi mengkui hak Hostilian. Karena Trebonianus adalah seorang jenderal yang dihormati, ada kekhawatiran akan terjadi perang sipil perebutan takhta, karena itu ia memilih untuk menghormati keinginan Romawi dan mengadopsi Hostilian. Tetapi kemudian pada tahun 251, Wabah Cyprian merebak di kekaisaran dan Hostilian meninggal dalam epidemi tersebut. Ia adalah kaisar pertama dalam 40 tahun yang meninggal karena penyebab alamiah, satu dari hanya 13 kaisar. Kematiannya membuka jalan bagi pemerintahan Trebonianus dengan anak kandungnya Volusianus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ In Classical Latin, Hostilian's name would be inscribed as GAIVS VALENS HOSTILIANVS MESSIVS QVINTVS AVGVSTVS.
  2. ^ Roman Colosseum, Hostilian
  3. ^ "These men are usually called the Illyrian emperors since they all were born in that province (Illyricum) and were raised to power by legions stationed there" The Ancient World, Joseph Ward Swain

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Hostilian di Wikimedia Commons