Galba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Galba
Patung Galba
Masa kekuasaan 8 Juni 68 – 15 Januari 69
(7 bulan)
Nama lengkap Servius Sulpicius Galba
(ketika lahir);
Servius Sulpicius Galba Caesar Augustus
(ketika menjadi kaisar)
Lahir 24 Desember 3 SM
Tempat lahir dekat Terracina
Wafat 15 Januari 69 M (umur 70 tahun )
Tempat wafat Roma
Pendahulu Nero
Pengganti Otho
Pasangan dari Aemilia Lepida
Ibu Mummia Achaica

Galba(Servius Sulpicius Galba Caesar Augustus); Dalam Bahasa Latin : SERVIVS SVLPICIVS Galba AVGVSTVS (24 Desember 3 SM - 15 Januari 69), adalah Kaisar Romawi selama tujuh bulan dari 68 menjadi 69. Galba adalah gubernur Hispania Tarraconensis, dan mengajukan tawaran untuk tahta selama pemberontakan Julius Vindex. Ia adalah kaisar pertama dari Tahun Empat Kaisar.

Pemerintahan (Juni 68)[sunting | sunting sumber]

Aturan[sunting | sunting sumber]

Perhatian utama Galba selama pemerintahan singkat nya memulihkan keuangan negara, dan untuk tujuan ini dia melakukan sejumlah langkah tidak biasa, yang paling berbahaya penolakannya untuk membayar Praetorians pahala yang dijanjikan dalam nama-Nya. Galba mencemooh gagasan bahwa tentara harus "disuap" atas kesetiaan mereka. Dia terkenal kejam di seluruh Kekaisaran; menurut sejarawan Suetonius, Galba dikenakan pajak besar-besaran terhadap daerah yang lambat untuk menerima dia sebagai Kaisar. [10]

Dia juga banyak menghukum mati tanpa pengadilan, dan jarang menerima permintaan untuk kewarganegaraan. [10] Lebih lanjut rakyat muark dengannya karena kekejaman dan tidak suka kemegahan dan display-nya. Lanjut usia menghancurkan energi, dan ia sepenuhnya di tangan favorit. [10]

Tiga dari -Titus Vinius, yang menjadi rekan Galba sebagai konsul, Cornelius Laco, komandan Praetorian Guard, dan Galba ini membebaskanku Icelus Marcianus - dikatakan hampir mengontrol kaisar [10] Mereka bertiga disebut "Tiga pendidik". karena pengaruh mereka pada Galba. Semua ini membuat kaisar baru parah tidak populer.

Selama periode kemudian pemerintah provinsi nya, Galba adalah malas dan apatis, tetapi ini karena baik untuk keinginan untuk tidak menarik pemberitahuan Nero atau ke kelemahan tumbuh usia. Tacitus mengatakan semua diucapkan dia layak kekaisaran, sampai ia menjadi kaisar ("omnium consensū capax imperii nisi imperasset").

Pemberontakan militer di perbatasan[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Januari 69, dua legiun di Germania unggul menolak untuk bersumpah setia kepada Galba. Mereka menumbangkan patung nya, menuntut bahwa kaisar baru dipilih. Pada hari berikutnya, para prajurit dari Germania Inferior juga memberontak dan mengambil keputusan tentang siapa yang harus menjadi kaisar ke tangan mereka sendiri, menyatakan gubernur provinsi, Vitellius, sebagai Kaisar.

Ini pecahnya pemberontakan membuat Galba sadar tidak populernya sendiri dan dari ketidakpuasan umum. Untuk memeriksa badai meningkat, ia mengadopsi sebagai ahli warisnya dan penggantinya L. Calpurnius Piso. Rakyat dianggap pilihan pengganti sebagai tanda ketakutan dan Praetorians yang marah, karena derma biasa tidak akan datang. Selanjutnya, M. Salvius Otho, yang mengharapkan untuk diadopsi, yang terasing oleh pilihan Piso.

Pembunuhan ( Januari 69 )[sunting | sunting sumber]

Otho memerintah Lusitania dan merupakan salah satu pendukung Galba paling awal. Dia kecewa pada pemilihan Piso dan mengadakan komunikasi dengan Praetorians tidak puas, dan ia dipuji oleh mereka sebagai kaisar mereka pada tanggal 15 Januari 69. Galba sekaligus berangkat untuk memenuhi pemberontak, meskipun ia begitu lemah bahwa ia harus dibawa dalam tandu. Dia bertemu dengan pasukan kavaleri Otho dan tewas di dekat Lacus Curtius.

Salah satu penjaga, perwira Sempronius Densus, meninggal membela dirinya. Piso tewas setelah itu. Menurut Plutarch, pada saat-saat terakhir Galba, ia menawarkan lehernya, dan berkata, "Serang, jika itu untuk kebaikan orang-orang Romawi!" Menurut Suetonius, Galba sebelum kematiannya telah mengenakan kain korset-meskipun berkomentar bahwa itu sedikit perlindungan terhadap begitu banyak pedang.

Setelah kematiannya, kepala Galba itu dibawa ke Otho, yang memberikannya kepada pengikut perkemahan yang diarak dan mengejek itu-mengejek kamp pengikut 'adalah respon marah mereka terhadap pernyataan oleh Galba bahwa kekuatannya adalah utuh. Kepala kemudian dibeli oleh membebaskanku sehingga ia bisa membuangnya di tempat di mana mantan majikannya telah dieksekusi atas perintah Galba ini. Pramugara Galba membenamkan kepala dan trunk di sebuah makam oleh Aurelian Road.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]