Trebonianus Gallus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Trebonianus Gallus
Bust of Trebonianus Gallus
Masa kekuasaan251 (bersama Hostilian);
251–53 (bersama Volusianus)
Nama lengkapGaius Vibius Afinius Trebonianus Gallus
(Dari nama lahirnya);
Caesar Gaius Vibius Afinius Trebonianus Gallus Augustus (Sebagai keluarga kerajaan)
Lahir206
Tempat lahirItaly
WafatAgustus 253 (umur 47)
Tempat wafatInteramna
PendahuluDecius and Herennius Etruscus
PenggantiAemilianus
IstriAfinia Gemina Baebiana
AnakGaius Vibius Volusianus, Vibia Galla
DinastiSenatorial family

Trebonianus Gallus (bahasa Latin: Gaius Vibius Afinius Trebonianus Gallus Augustus; 206 M – Agustus 253 M), juga dikenal sebagai Gallus, adalah Kaisar Romawi yang berkuasa bersama anaknya Volusianus mulai tahun 251 M sampai 253 M.

Asal[sunting | sunting sumber]

Gallus lahir di Italia, dalam sebuah keluarga terhormat dari senatorial Etruscan. Gallus memiliki dua anak dalam pernikahannya dengan Afinia Gemina Baebiana, yaitu seorang anak laki-laki penerus Kaisar selanjutnya, Gallus Vibius Volusianus, dan seorang anak perempuan, Vibia Galla. Awal kariernya adalah kursus khas kerhomatan dengan beberapa janji,baik politik maupun militer.Ia seorang suffect konsul dan pada tahun 250 ia dinominasikan sebagai gubernur di provinsi Romawi Moesia Unggul, sebuah janji yang menunjukan kepercayaan Kaisar Trajan Decius di dalam dirinya.

Kenaikan kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 251, Decius bersama rekan kaisarnya dan anaknya Herennius Etruscus meninggal dalam Pertempuran Abrittus di tangan Goth mereka seharusnya menghukum untuk serangan ke kekaisaran.Menurut rumor didukung oleh Dexippus ( seorang sejarawan Yunani kontemporer ) dan Sibylline Oracle Ketiga Belas, kegagalan Decius sebagian besar karena Gallus yang telah bersekongkol dengan penjajah. Dalam kasus apapun, ketika tentara mendengar berita itu, para prajurit menyatakan Gallus kaisar, meskipun Hostilian, anak Decius yang masih hidup, naik takhta di kekaisaran Roma.Ini aksi tentara, dan fakta bahwa Gallus tampaknya telah berhubungan baik dengan keluarga Decius, membuat tuduhan Dexippus mustahil.[1] Gallus tidak mundur dari niatnya untuk menjadi kaisar, tetapi diterima Hostilian sebagai wakil kaisar, mungkin untuk menghindari kerusakan dari perang saudara lain.

Bronze Gallus berasal dari waktu pemerintahannya sebagai Kaisar Romawi , satu-satunya yang masih ada dengan ukuran penuh dekat lengkap perunggu Romawi abad ke 3 (Metropolitan Museum of Art)[2]

Ingin mengamankan posisinya di Roma dan menstabilkan situasi di perbatasan Danube, Gallus berdamai dengan Goth. Istilah perdamaian memperbolehkan Goth untuk meninggalkan wilayah Romawi sambil menjaga tawanan dan penjarahan mereka. Selain itu, disepakati bahwa mereka akan membayar subsidi tahunan. Mencapai Roma, proklamasi Gallus secara resmi dikonfirmasi oleh Senat, dengan anaknya Volusianus diangkat menjadi kaisar. Pada tanggal 24 Juni 251, Decius dilantik, tetapi sejak 15 Juli, Hostilian menghilang dari sejarah - ia mungkin telah tewas dalam wabah penyakit.

Gallus mungkin juga memerintahkan penganiayaan lokal dan tidak terkoordinasi Kristen. Namun, hanya dua insiden yang kita kenal: pembuangan Paus Kornelius untuk Centumcellae, dimana ia meninggal pada 253 dan pengasingan penggantinya, Paus Lucius, tepat setelah pemilihannya. Yang terakhir dipanggil kembali ke Roma pada masa pemerintahan Valerian.

Seperti pendahulunya, Gallus tidak memiliki pemerintahan yang mudah. Di Timur, seorang bangsawan Antiokhia, Mariades, memberontak dan mulai melanda Suriah dan Cappadocia, kemudian melarikan diri ke Persia. Gallus memerintahkan pasukannya untuk menyerang Persia, tetapi Kaisar Persia Shapur I menginvasi Armenia dan menghancurkan tentara Romawi yang besar, terkejut di Barbalissos pada 253. Shapur I kemudian menyerbu provinsi pertahanan Suriah, menggambil semua posting legiun dan memporak-porandakan kota, termasuk Antiokhia, tanpa respon apapun. Invasi Persia diulang pada tahun berikutnya, tetapi sekarang Uranius Antoninus ( imam yang awalnya disebut Sampsiceramus ), keturunan dari keluarga kerajaan dari Emesa, menghadapkan Shapur dan memaksanya untuk mundur. Dia menyatakan dirinya kaisar, dan dicetak koin dengan gambar-Nya atas mereka. Di Danube, suku Scythian sekali lagi yang berkeliaran, meskipun perjanjian damai ditandatangani pada 251. Mereka menyerbu Asia Kecil melalui laut, membakar Kuil besar Artemis di Efesus, dan kembali ke rumah dengan penjarahan. Moesia rendah juga diserbu pada awal 253. Aemilianus, gubernur Moesia Superior dan Pannonia, mengambil inisiatif pertempuran dan mengalahkan penjajah.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Sejak tentara itu tidak lagi senang dengan Kaisar, tentara menyatakan Aemilianus kaisar. Dengan perampas, didukung oleh Pauloctus, mengancam tahta, Gallus siap untuk berkelahi. Dia ingat beberapa legiun dan bala bantuan diperintahkan untuk kembali ke Roma dari Gaul di bawah komando kaisar masa depan Publius Licinius Valerianus. Meskipun disposisi ini, Aemilianus berbaris ke Italia siap berjuang untuk klaimnya dan menangkap Gallus di Interamna (modern Terni) sebelum kedatangan Valerianus. Apa sebenarnya yang terjadi di sana tidak jelas. Kemudian sumber mengklaim bahwa setelah kekalahan awal, Gallus dan Volusianus dibunuh oleh pasukan mereka sendiri. atau Gallus tidak memiliki kesempatan untuk menghadapi Aemilianus sama sekali karena pasukannya pergi ke perampas. Dalam kasus apapun, baik Gallus dan Volusianus tewas pada bulan Agustus 253

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Potter (2004), pp.247–248.
  2. ^ Bronze portrait of Trebonianus Gallus, 05.30

Bray, John. Gallienus: A Study in Reformist and Sexual Politics, Wakefield Press, 1997. ISBN 1-86254-337-2

  • Bowman Alan K., Garnsey Peter, Cameron Averil (ed.). The Cambridge Ancient History: The Crisis of Empire, A.D. 193–337, Cambridge University Press, 2005. ISBN 0-521-30199-8.
  • Potter, David S. The Roman Empire at Bay AD 180–395, Routledge, 2004. ISBN 0-415-10058-5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Decius
Roman Emperor
251–253
Menjabat bersama dengan: Hostilian (251) and Volusianus (251–253)
Diteruskan oleh:
Aemilianus
Jabatan politik
Didahului oleh:
Decius,
Herennius Etruscus
Consul of the Roman Empire
252
bersama dengan Volusianus
Diteruskan oleh:
Volusianus,
Lucius Valerius Poplicola Balbinus Maximus