Theodorus Studita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Theodorus Studita

Theodorus Studita (dikenal juga dengan nama Santo Theodorus dari Studite) adalah seorang rahib dan di Biara Studite di Konstantinopel.[1] Ia lahir di keluarga yang memiliki jabatan administrasi keuangan di kekaisaran selama rezim kaisar Konstantinus V.[2] Ia memiliki 3 saudara, salah satunya adalah Yusuf, yang kelak menjadi Uskup Agung di Tesalonika.[2] IA mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan bidang keluarganya, dan pada usia tujuh tahun ia sudah memiliki pengajar privat yang mengajarkan teologi kepadanya.[2] Pada tahun 780, menyusul kematian Kaisar Leo IV, paman Theodorus datang ke Konstantinopel dan mengajak Theodorus beserta segenap keluarganya untuk mengikuti hidup membiara.[2] Satu tahun kemudian, Theodorus beserta ayah dan saudaranya mengubah salah satu rumah keluarganya menjadi sebuah biara yang disebut dengan Biara Sakkudion.[2] Sekitar tahun 797, Theodorus mengambil kesempatan untuk menjadi pemimpin di Biara Stoudios di Konstantinopel.[2] Langkah pertamanya menjadi pemimpin biara tersebut adalah dengan merenovasi tempat tersebut dan menambahkan perpustakaan serta tempat bekerja.[2] Ia meninggal pada tanggal 11 November 826.[2] Ia diperingati sebagai seorang Santo setiap tanggal 12 November.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Laurence Edward Browne.1933.The Eclipse of Christianity in Asia: From the time of Muhammad till the Fourteenth Century.Cambridge University Press.
  2. ^ a b c d e f g h i Thomas Pratsch.1998.Theodoros Studites (759-826) — zwischen Dogma und Pragma: der Abt des Studiosklosters in Konstantinopel im Spannungsfeld von Patriarch, Kaiser und eigenem Anspruch. Peter Lang. hlm 62-291.