Islam di Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemetaan Islam oleh provinsi di Tiongkok menurut sebuah survei yang dilaporkan pada tahun 2010, ada sekitar 23 juta Muslim atau 1,7% dari total penduduk.[1]
Para Sufi mausoleum (gongbei) dari Ma Laichi di Linxia Kota, Cina.

Islam di Tiongkok telah ada melalui 1.400 tahun dari interaksi terus-menerus dengan masyarakat Tiongkok.[2] Saat ini, umat Islam adalah signifikan kelompok minoritas di Tiongkok. Muslim Hui yang mayoritas kelompok Muslim di Tiongkok. Konsentrasi terbesar di Xinjiang, dengan signifikan penduduk Uyghur. Kecil tapi signifikan populasi tinggal di daerah Ningxia, Gansu, dan Qinghai.[3] Berbagai sumber estimasi nomor yang berbeda dari penganut dengan beberapa sumber menunjukkan bahwa 1.5-4% dari total penduduk di Tiongkok adalah Muslim.[4] Dari Tiongkok 55 resmi diakui masyarakat minoritas, sepuluh kelompok yang didominasi Muslim Sunni.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dinasti Yuan[sunting | sunting sumber]

Selama Mongol mendirikan dinasti Yuan (1271-1368), sejumlah besar umat Islam menetap di Tiongkok. Bangsa Mongol memberikan status kepada imigran asing, seperti Muslim, Kristen, dan Yahudi dari Asia barat lebih tinggi dari pribumi Han Tionghoa sebagai bagian dari mereka mengatur strategi, sehingga memberikan umat Islam pengaruh berat. Mongol merekrut dan merelokasi paksa ratusan ribu imigran Muslim dari Barat dan Asia Tengah untuk membantu mereka mengelola kekaisaran mereka yang berkembang pesat. Mongol menggunakan Persia, Arab dan Buddha Uyghur administrator, umum dikenal sebagai semu [色目]("berbagai warna mata") untuk bertindak sebagai petugas perpajakan dan keuangan. Umat Islam yang dipimpin banyak perusahaan-perusahaan di Tiongkok pada awal periode Yuan.[halaman dibutuhkan] cendekiawan Muslim dibawa untuk bekerja membuat kalender dan astronomi. Arsitek Yeheidie'erding (Amir al-Din) belajar dari arsitektur Han dan membantu untuk merancang pembangunan ibu kota Dinasti Yuan, Dadu, atau dikenal sebagai Khanbaliq atau Khanbaligh, pendahulu dari hari ini di Beijing. istilah Hui berasal dari bahasa Mandarin "Huihui," sebuah istilah yang pertama kali digunakan dalam Dinasti Yuan untuk menggambarkan Asia Tengah, persia dan Arab penduduk di Tiongkok.

Dinasti Ming[sunting | sunting sumber]

Jerapah dibawa ke Tiongkok oleh Zheng He sebagai Harta karun Armada.
Prestasi Zheng He's 7th pelayaran.

Anti babi pembantaian dekrit menimbulkan spekulasi bahwa Zhengde Kaisar mengadopsi Islam karena penggunaan nya Muslim kasim yang ditugaskan produksi porselen dengan persia dan arab prasasti dalam warna putih dan biru. Muslim kasim memberikan kontribusi uang di 1496 untuk memperbaiki Masjid Niujie. Central wanita Asia yang disediakan untuk Zhengde Kaisar oleh seorang Muslim menjaga dan Sayyid Hussein dari Hami. penjaga itu Yu Yung dan wanita Uighur. tidak diketahui siapa yang benar-benar berada di balik anti-babi pembantaian dekrit. spekulasi dia menjadi seorang Muslim dikenang bersama-nya berlebihan dan bermoral perilaku bersama dengan selir asal luar negeri. Muslim Central Asia gadis-gadis yang disukai oleh Zhengde seperti bagaimana gadis-gadis korea yang disukai oleh Xuande. Uighur selir itu disimpan oleh Zhengde. Asing asal Uighur dan Mongol wanita yang disukai oleh Zhengde kaisar. Tatar (Mongol) dan Central Asia wanita bersetubuh dengan Zhengde. Zhengde menerima Central Asia Muslim Semu perempuan dari Muslim penjaga Yu Yong: 錦衣衛都指揮同知於永致仕。特許其子承襲。指揮同知永色目人,善陰道秘戲得幸於豹房,左右皆畏避之。又言回回女晢潤瑳粲大勝中國,上悅之。時都督昌佐亦色目人,永矯旨索佐家回女善西域舞者十二人以進,又諷請召侯伯故色目籍家婦人入內教之,內外切齒。後上欲召永女入,永以鄰人白回子女充名以入,懼事覺,乃求致仕 你兒干 你兒幹 Ni'ergan adalah nama dari salah seorang Muslim selir.

Makam Imam Asim dan Mazaar Zafar Sadiq[sunting | sunting sumber]

Makam Demi-Zu dan Wu-Ko-Shun di Gunung Lingshan, Quanzhou

Dinasti Qing[sunting | sunting sumber]

Lukisan yang menggambarkan seorang Muslim Turki dari Altishahr, selama pemerintahan dinasti Qing.

Ketika dinasti Qing menggantikan dinasti Ming mulai tahun 1644, Muslim Ming loyalis di Gansu yang dipimpin oleh para pemimpin Muslim Milayin dan Ding Guodong memimpin pemberontakan di 1646 terhadap Qing selama Milayin pemberontakan dalam rangka mendorong Qing dan mengembalikan Ming Pangeran Yanchang Zhu tempat shichuan ke tahta sebagai kaisar. Muslim Ming loyalis didukung oleh Hami Sultan Sa'id Baba dan putranya Pangeran Turumtay. Muslim Ming loyalis bergabung dengan orang-orang Tibet dan Han Cina dalam pemberontakan. Setelah pertempuran sengit, dan negosiasi, perjanjian perdamaian yang disepakati di dalam 1649, dan Milayan dan Ding nominal berjanji alleigance ke Qing dan diberi peringkat sebagai anggota militer Qing. Ketika Ming loyalis di Cina selatan membuat kebangkitan dan Qing dipaksa untuk menarik pasukan mereka dari Gansu untuk melawan mereka, Milayan dan Ding sekali lagi mengangkat senjata dan memberontak terhadap dinasti Qing. Muslim Ming loyalis yang kemudian dihancurkan oleh Qing dengan 100.000 dari mereka, termasuk Milayin, Ding Guodong, dan Turumtay tewas dalam pertempuran.

Sekte Islam[sunting | sunting sumber]

Sudah banyak kejadian kekerasan pertempuran sektarian antara berbagai Hui sekte. Pertempuran sektarian antara Hui sekte menyebabkan Jahriyya pemberontakan pada tahun 1780-an dan tahun 1895 pemberontakan. Setelah hiatus setelah Republik Rakyat Cina berkuasa, sektarian dalam pertempuran dilanjutkan pada tahun 1990-an di Ningxia antara sekte-sekte yang berbeda. Beberapa sekte yang menolak untuk kawin dengan satu sama lain. Salah satu sekte Sufi yang beredar anti-Salafi pamflet dalam bahasa arab.

Orang[sunting | sunting sumber]

Kelompok etnis[sunting | sunting sumber]

Muslim, Bonan anak-anak.

Umat islam hidup di setiap wilayah di China. konsentrasi tertinggi ditemukan di barat laut provinsi Xinjiang, Gansu, Ningxia, dengan populasi yang signifikan juga ditemukan di seluruh Yunnan provinsi di barat daya Cina dan Henan provinsi di central China. Dari Cina's 55 resmi diakui masyarakat minoritas, sepuluh kelompok yang mayoritas penduduknya Muslim. Kelompok terbesar dalam urutan yang Hui (9.8 juta pada tahun 2000 sensus, atau 48% dari resmi tabulasi jumlah Muslim), Uyghur (8.4 juta, 41%), kazakhstan (1.25 juta, 6.1%), Dongxiang (514,000, 2.5%), Kyrgyz (144,000), Uzbek (125,000), Salar (105,000), tajikistan (41,000), Bonan (17,000), dan Tatar (5,000). Namun, masing-masing anggota secara tradisional kelompok-kelompok Muslim yang mungkin memeluk agama-agama lain atau tidak sama sekali. Selain itu, Muslim Tibet yang secara resmi diklasifikasikan bersama dengan orang-orang Tibet. Umat Islam umumnya tinggal di daerah-daerah yang berbatasan dengan Asia Tengah, Tibet dan Mongolia, yaitu Xinjiang, Ningxia, Gansu dan Qinghai, yang dikenal sebagai "Sabuk Quran".

Jumlah Muslim di Cina[sunting | sunting sumber]

99 nama-nama Allah, di Cina Sini.

Tokoh ternama[sunting | sunting sumber]

Penjelajah[sunting | sunting sumber]

Perangko dengan tokoh Cheng Ho.

Tokoh agama[sunting | sunting sumber]

Sarjana dan penulis[sunting | sunting sumber]

Pejabat[sunting | sunting sumber]

Bela diri[sunting | sunting sumber]

Seni[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Min Junqing. The Present Situation and Characteristics of Contemporary Islam in China. JISMOR, 8. 2010 Islam by province, page 29. Data from: Yang Zongde, Study on Current Muslim Population in China, Jinan Muslim, 2, 2010.
  2. ^ "The China Quarterly - Islam in China: Accommodation or Separatism? - Cambridge Journals Online". cambridge.org. 
  3. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Armijo1986
  4. ^ "The World Factbook". cia.gov. 
  5. ^ A memorial to him was built.Templat:Where Aliya Ma Lynn (2007). Muslims in China. University Press. hlm. 44. ISBN 978-0-88093-861-7. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-13. Diakses tanggal 2010-06-28. 
  6. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-06. Diakses tanggal 2016-03-26. 
  7. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-06. Diakses tanggal 2016-03-26. 
  8. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-04. Diakses tanggal 2016-03-26. 
  9. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-06. Diakses tanggal 2016-03-26.