Islam di Panama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Islam adalah agama minoritas di Panama. Menurut sensus data pada tahun 2009, 24.000 warga Panama atau 0.7% dari total populasi Panama adalah pemeluk Islam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarahnya dimulai ketika seorang muslim dibawa oleh bangsa Spanyol untuk dipekerjakan menjadi penambang emas pada tahun 1550 dan diperkenalkan kembali pada tahun 1904-1913 oleh seorang muslim yang dipekerjakan untuk menjadi budak.[1] Islam juga datang melalui para imigran dari anak benua India dan Lebanon.

Wilayah dan Masjid[sunting | sunting sumber]

Mayoritas Muslim Panama tinggal di Kota Panama dan Provinsi Colón dengan minoritas berada di David, Chiriquí dan beberapa provonsi lainnya di Panama.[2] Mayoritas mereka adalah keturunan dari Lebanon, Palestina dan India.[3]

Tersedia pula sebuah masjid yang cukup terkenal dan terletak di Colón. Masjid tersebut diketahui bernama El Centro Cultural Islámico de Colón dan didirikan pada 15 Desember 1982. Itu dibangun oleh Islamic Call Masyarakat dan Salomon Bhikhu, pedagang lokal dari India. Pada tahun 1997, hanya terdapat 4 masjid saja di Panama.

Pertumbuhan populasi Muslim Panama[sunting | sunting sumber]

Beberapa tahun terakhir, jumlah Muslim di Panama mengalami peningkatan. Seiring dengan perkembangan muslim disana, mereka membangun sebuah musholla pertama. Karena pertumbuhan muslim yang signifikan inilah mereka akhirnya terdorong untuk membangun masjid bersama-sama. Masjid-masjid di Panama kebanyakan dibangun oleh orang Arab dan orang India. Hal ini akhirnya tercapai setelah bertahun-tahun dengan diresmikannya sebuah musholla di Kota Panama yang dipelopori oleh dua muslim pribumi di negara tersebut. Namun, mereka mengaku sangat sulit untuk memberi pendidikan Agama Islam kepada anak mereka di sana lantaran seluruh sekolah di sana berbasis Gereja Katolik.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]