Islam di Slowakia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Islam di Slowakia adalah agama yang cukup minoritas. Dari populasi Slowakia yang berjumlah 5.458.000 jiwa, 5.000 jiwa diantara mereka atau 0.1% dari total populasi adalah Muslim[1].

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Meskipun Islam merupakan salah satu agama terbesar di Slowakia, namun Islam dicoret dari daftar agama resmi di Slowakia karena sikap Slowakia yang menentang keras para imigran yang datang ke negara mereka, terutama imigran dari Timur Tengah[2]. Slowakia bukanlah negara yang paling ramah muslim. Karena sikap Slowakia yang anti-islami dan anti masjid, akhirnya negara ini dinobatkan sebagai satu-satunya negara Uni Eropa yang tidak memiliki masjid[3][4].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Puluhan tahun setelah kekalahan Hungaria atas Mohacs pada tahun 1526, pasukan Turki menguasai Štúrovo dan bagian dari Slowakia tengah selatan saat ini mendorong kelompok-kelompok Gereja Protestan sementara pasukan Austria Habsburg menduduki wilayah utara dan barat. Kemudian Turki juga merebut beberapa wilayah lebih lanjut di Slowakia tengah selatan dan menjarah beberapa wilayah hingga Nitra. Bagaimanapun, ketika Turki kalah dalam Pertempuran Wina dan pengikut Ottoman Imre Thököly dikalahkan di Slowakia antara tahun 1687 dan 1699 kekuasaan Kekaisaran Ottoman di Hungaria akhirnya dipatahkan.

Masjid[sunting | sunting sumber]

Islamic Center of Cordoba beralamat di jalan Obchodná, Bratislava. Ini merupakan satu-satunya masjid yang berdiri di Slowakia. Meskipun masjid ini adalah masjid tidak resmi, namun masjid ini buka setiap hari untuk melayani pelaksanaan sholat wajib dan harian kecuali sholat shubuh. Khatib Jum’at disediakan dalam berbagai bahasa seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Slovak. Masjid ini tidak terlalu besar, namun masjid ini dapat menampung 80-100 orang. Masjid ini telah mencoba untuk mendapatkan izin masjid resmi kepada pemerintah. Sayangnya, proposalnya ditolak.

Referensi[sunting | sunting sumber]