Islam di Barbados

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Islam di Barbados adalah agama minoritas yang cukup signifikan. Dari total populasi Barbados, 4.000 warga Barbados atau 1.5% dari total populasi adalah pemeluk Islam.[1] 200 Muslim di Barbados adalah warga asli Barbados.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Islam tiba pertama kali di Barbados pada tahun 1913. Islam dibawa oleh seorang pedagang sutra dari Benggala Barat. Setelah kedatangannya, para pedagang sutra lainnya menyusul untuk mencari uang. Pada tahap pertama, sebagian besar perdagangan dilakukan oleh warga Barbados yang tergolong miskin.

Setelah menetap cukup lama di Bridgetown, para muslim Gujarat datang dan menetap di beberapa kota di Barbados. Mereka juga terlibat dalam perdagangan barang di Barbados dan sukses sehingga mereka dapat membeli sebuah rumah di beberapa kota di Barbados.

Saat ini, kebanyakan Muslim Barbados berasal dari Guyana, Trinidad dan Tobago, Gujarat, Asia Selatan dan Timur Tengah.[2]

Masjid[sunting | sunting sumber]

Masjid pertama Barbados berada di Kensington New Road, Bridgetown. Itu didirikan pada tahun 1950. Masjid kedua dibangun di Sobers Lane pada tahun 1957.

Masjid pertama Barbados diperluas pada tahun 1980 dan dapat menampung 600 jamaah. Salat Berjemaah dan Salat Jumat diselenggarakan di masjid tersebut bersama dengan masjid di Sobers Lane.

Terdapat pula sebuah pusat pengajaran Islam yang didirikan pada tahun 1970 dan memiliki tempat permanen di Hastings, Barbados. Pusat tersebut didirikan agar menarik warga Barbados untuk menjadi mualaf.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]