Islam di Liberia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Artikel ini merupakan bagian dari seri
Islam menurut negara

Allah1.png

Islam di Liberia diperkirakan dipraktikkan oleh 20% penduduk Liberia.[1] Sebagian besar penganut Islam di Liberia adalah Muslim Sunni, dengan hanya beberapa Syiah. Kelompok etnis utama yang muslim adalah Vai dan Mandingo, tetapi juga Gbandi, Kpelle, dan kelompok etnis lainnya.[2] Secara historis, Muslim Liberia telah mengikuti bentuk santai dan Islam liberal yang banyak dipengaruhi oleh agama-agama adat yang diintegrasikan ke dalam Islam yang ketika itu datang ke Liberia pada abad ke-16 dengan runtuhnya Kekaisaran Songhai di Mali. Praktik agama yang bervariasi di kota-kota di seluruh negeri. Liberia muda, khususnya di kota-kota di sepanjang pantai, cenderung lebih sekuler tapi masih menerapkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Di pedesaan, Muslim Liberia lebih konservatif dalam berpakaian sederhana, melakukan doa dan menghadiri kajian agama. Praktik Islam di Liberia telah dikenal dibandingkan dengan Islam sufi umum di Senegal dan Gambia. Hari libur besar Islam, Idul Fitri, Ramadhan, dan Idul Adha yang disebut Hari al-Tabaski dirayakan setiap tahun di Liberia. Orang-orang mulai pergi haji ke Mekah dalam beberapa tahun terakhir. Bersama bahasa Inggris, bahasa Arab, Al-Quran, universitas Islam dan Islam studi sekolah dibuka dan dibangun kembali di ibukota Monrovia, kota pedesaan dan kota-kota lain. Islam tampaknya mengalami kebangkitan bersama Kristen di negara itu sebagai hasil dari Perang Saudara Liberia.

  1. ALIH Templat:Butuh rujukan Metodis Amerika-Liberia, orang Kristen pertama di Liberia, tiba pada tanggal 7 Januari 1822.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ International Religious Freedom Report 2008: Liberia. United States Bureau of Democracy, Human Rights and Labor
  2. ^ Larkin, Barbara (2001). International Religious Freedom (2000): Report to Congress by the Department of State. hlm. 46. 
  3. ^ Olukoju, Ayodeji. Culture and Customs of Liberia. hlm. 28.