Islam di Chili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Islam di Chile adalah agama minoritas di negara mayoritas Katolik tersebut. Sekitar 5.000 orang atau 0.02% dari total populasi adalah Muslim.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah yang ada mengatakan bahwa seorang pria Morisco bernama Pedro de Gasco yang datang ke Chili. Kedatangan Moriscos ditutupi oleh sejarah tetapi baru-baru ini, sarjana sejarah Chili telah mulai mengakui warisan Moor negara dan dampaknya pada perkembangan budaya Chili dan identitas.

Hal ini diketahui bahwa pada 1854 dua orang Turki tinggal di negeri ini, situasi yang diulang dalam sensus tahun 1865 dan 1875. Negara asal mereka tidak diketahui, hanya bahwa mereka penduduk asli dari beberapa wilayah Kekaisaran Ottoman besar, dan ini diikuti dua tahun kemudian oleh gelombang besar pertama Muslim untuk Chili mulai tahun 1856, dengan kedatangan imigran Arab dari Kekaisaran Ottoman wilayah yang terdiri dari, Suriah, Lebanon dan Palestina.

Pada tahun 1914, Islam kembali masuk ke Chili dan umumnya berasal dari Suriah, Palestina dan Libya. Kedatangan mereka ke Chili akibat dari tekanan Kekaisaran Ottoman. Namun yang datang sebenarnya bukan semata-mata seluruhnya muslim tapi juga mereka yang beragama Kristen. Dari sinilah Islam berasal.[1]

Organisasi terkemuka[sunting | sunting sumber]

Terdapat 3 organisasi muslim di Chili yang terkenal saat ini, yaitu Komunitas Muslim Sunni Chili, Masyarakat Muslim Syiah Chili, dan Kelompok Islam Ahmadiyah Chili.[2]

Daftar masjid[sunting | sunting sumber]

Bagian ini hanya menampilkan masjid terkenal saja dan tidak termasuk masjid biasa. Terdapat 2 masjid yang terkenal di Chili yaitu :

Nama Masjid Lokasi Tahun didirikan
Mezquita As-Salam Santiago 1989
Masjid Muhammad IV Coquimbo 2007

Referensi[sunting | sunting sumber]