Ningxia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
宁夏回族自治区
Níngxià Huízú Zìzhìqū
Singkatan: 宁 (pinyin: Níng)
Ningxia ditandai di peta ini
Asal nama 宁 níng - tenteram
夏 xià - Xia Barat
"Xia yang tenteram"
Tipe administrasi Daerah otonomi
Ibu kota Yinchuan
Kota terbesar Yinchuan
Sekretaris PKT Chen Jianguo
Gubernur Ma Qizhi
Wilayah 66,000 km² (ke-27)
Populasi (Tahun)
 - Kepadatan
5,880,000 (ke-29)
89.1/km² (ke-25)
PDB (2004)
 - per kapita
CNY 46.04 milyar (ke-30)
CNY 7830 (ke-23)
Suku-suku utama (2000) Han - 79%
Hui - 20%
Manchu - 0.4%
Jumlah kota 5
Jumlah kabupaten 21
Jumlah kecamatan
(31 Desember 2004)
219
ISO 3166-2 CN-64
Situs web resmi:

Daerah Otonom Suku Hui Ningxia (Hanzi: 寧夏回族自治區) adalah sebuah daerah otonom setingkat provinsi di Republik Rakyat Tiongkok. Daerah otonom ini diperuntukkan kepada Suku Hui yang memang mendominasi komposisi penduduk di daerah ini. Ibukota Provinsi ini adalah Yinchuan.

Ningxia dibatasi oleh Shaanxi (sebelah timur) dan provinsi Gansu (utara) dan Mongolia Dalam(ke utara) dan memiliki luas sekitar 66.400 kilometer persegi (25.600 sq mi). Mantan provinsi , Ningxia telah dimasukkan ke dalam Gansu pada tahun 1954 tetapi terlepas dan dibentuk kembali sebagai daerah otonom bagi orang-orang Hui pada tahun 1958. Daerah ini sebagian besar adalah gurun yang jarang menetap terletak di dataran yang luas dari Sungai Kuning di utara yang telah memilik sistem irigasi selama berabad-abad.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ningxia dan sekitarnya dimasukkan ke dalam Dinasti Qin pada abad ke-3 SM. Sepanjang Dinasti Han dan Dinasti Tang ada beberapa kota besar didirikan di wilayah ini, dan pada abad 11 yang Tangut suku telah mendirikan Dinasti Xia Barat di pinggiran kemudian Dinasti Song . Hal ini kemudian berada di bawah Mongol dominasi setelah Jenghis Khan menaklukkan Yinchuan pada awal abad ke-13. Setelah pengaruh mongol memudar , beberapa suku Muslim berbahasa Turki mulai bergerak ke Ningxia dari barat.

Nama daerah Ningxia setelah pemusnahan Kerajaan Xixia. Kata "Ning" dalam damai dan keamanan Cina. Dan pengenalan "Ning" dalam nama daerah itu dimaksudkan untuk menang di bidang perdamaian dan keamanan abadi.

Efek dari Shui Dong Gu: sejarah awal Ningxia muslim akar Hui, Dinasti Tang Cina properti Shui Dong Gu adalah daerah pertama saya menemukan efek dari peradaban sejarah dari Zaman Batu Tua, yang dikenal sebagai "pra sejarah-buaian arkeologi Cina" dan "adegan yang bersejarah untuk pertukaran budaya Cina Bank "Vhadddtha pemerintah Cina dan salah satu" penemuan sebuah peradaban yang lebih baik seratus membawa konotasi Cina. " Dianggap efek penting yang dilindungi di tingkat nasional dan taman geologi nasional. Dan memenangkan Silver Award "di tempat kelima puluh layak mengunjungi asing di Cina." Telah membentuk daerah yang unik dan kota magis dari hantu dan Lubang Hurricane dan lanskap lain yang mencatat kehidupan paling menarik dari hidup selama tiga puluh ribu tahun. Trotoar dan hambatan, bunker dan gua, tentara dan sistem pertahanan militer pada tiga-dimensi dinding panjang, kuadrat menyelesaikan militer defensif struktural dikelola oleh China. Nikmati iklim Eropa, provinsi tidak melebihi suhu pada bulan Juli adalah 24 derajat, tetapi jatuh Distrik 10 derajat di bawah nol pada bulan Januari dan tingkat curah hujan antara 190-700 mm. Sebagai ibu kota provinsi Yinchuan sangat penting di Cina, di mana sejarah tanggal kembali ke AD tahun 678 ketika itu disebut Hoaiaon dan pada 1020 menjadi nama dan kemudian dipilih Hengcho Xixia kerajaan dan modal adalah dalam tahun 1038, dan memilih namanya Hengchnj dan tetap modal Periode 189 tahun di usia kemudian telah menjadi pusat politik Nchia dan dengan pembentukan Kabupaten Angshea berganti nama menjadi Ningxia dan Yinchuan, dan kemudian ke kota telah membentuk sebuah rute penting bagi orang Arab dan Persia tiba di melalui Jalan Sutra.