Haikyū!!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Haikyū!!
Haikyū Volume 1.jpg
Sampul manga volume pertama.
ハイキュー!!
(Haikyū!!)
Genre Olahraga (bola voli), Komedi-drama
Manga
Pengarang Haruichi Furudate
Penerbit Shueisha
Demografi Shōnen
Majalah Shonen Jump
Tanggal terbit 20 Februari 2012 – sekarang
Volume 22
Seri anime televisi
Sutradara Susumu Mitsunaka
Penulis Taku Kishimoto
Penggubah Asami Tachibana
Yūki Hayashi
Studio Production I.G
Pelisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Animatsu Entertainment
Jaringan JNN (MBS), ABS-CBN
Tayang perdana 6 April 201421 September 2014
Episode 25
Seri anime televisi
Haikyū!! 2
Sutradara Susumu Mitsunaka
Penulis Taku Kishimoto
Penggubah Asami Tachibana
Yūki Hayashi
Studio Production I.G
Pelisensi
Madman Entertainment
Sentai Filmworks
Animatsu Entertainment
Jaringan MBS, CBC, Tokyo MX, BS11, RKB, HBC, TBC, TUF
Tayang perdana 3 Oktober 201527 Maret 2016
Episode 25
Seri anime televisi
Haikyū!! Karasuno High School vs Shiratorizawa Academy
Studio Production I.G
Tayang perdana Oktober 2016scheduled
Portal Anime dan Manga

Haikyū!! (ハイキュー!!?) adalah sebuah serial manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate. Manga ini diserialisasi di Weekly Shōnen Jump sejak Februari 2012, dengan volume tankōbon diterbitkan oleh Shueisha. Serial awalnya diterbitkan sebagai sebuah one-shot di majalah musiman Shueisha Jump NEXT! sebelum memulai serialisasi. Sebuah adaptasi anime tayang perdana pada April 2014. Musim kedua dari serial anime ini mulai tayang pada Oktober 2015.[1]

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang siswa SMP bernama Shōyō Hinata menyukai bola voli setelah menyaksikan sebuah pertandingan kejuaraan nasional di televisi. Meskipun memiliki tubuh yang pendek, dia menjadi bersemangat untuk mengikuti jejak pemain bintang di kejuaraan tersebut, yang dijuluki "Raksasa Kecil", setelah melihat permainannya. Dia membuat klub bola voli dan berlatih sendirian. Tiga anggota lain bergabung pada tahun terakhirnya di SMP, membuat Hinata membujuk 2 temannya dari klub olahraga lain untuk bergabung agar dapat mengikuti turnamen. Mereka dikalahkan pada pertandingan pertama oleh tim favorit juara, dihuni oleh pemain yang dijuluki "Raja Lapangan" Tobio Kageyama. Walaupun menderita kekalahan yang menyedihkan, Hinata bersumpah akan melampaui dan mengalahkan Kageyama. Hinata memasuki SMA Karasuno dengan harapan untuk bergabung dengan klub bola voli mereka. Sial baginya, orang yang sangat ingin ia lampaui muncul sebagai rekan tim barunya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tim Bola Voli[sunting | sunting sumber]

SMA Karasuno[sunting | sunting sumber]

Kata 'Karasu' dalam nama sekolah "Karasuno" berarti 'gagak'. Inilah sebabnya mengapa bendera voli memiliki kata "Fly" di atasnya dan tim ini disebut sebagai "Flightless Ravens" atau "Fallen Crows".

Shōyō Hinata (日向 翔陽 Hinata Shōyō?)

Hinata adalah siswa tahun pertama di SMA Karasuno. Dia awalnya berposisi sebagai wing spiker di SMP dan sekarang menjadi middle blocker. Dia umumnya optimis, canggung, dan lemah, namun ia sangat atletis dan memiliki kemampuan melompat yang luar biasa dan refleks yang luar biasa. Dia mampu bermain sangat baik dengan bantuan Kageyama. Meskipun ia adalah seorang pemula dan memiliki perawakan kecil, ia bertekad untuk menjadi pemain yang kuat dan dengan demikian berhasil tumbuh pesat melalui setiap pertandingan.

Tobio Kageyama (影山 飛雄 Kageyama Tobio?)

Kageyama adalah siswa tahun pertama di SMA Karasuno. Saat ini ia adalah setter dan disebut sebagai "Raja dari Pengadilan" di SMP. Sementara Kageyama menunjukkan bakat luar biasa sebagai pemain, ia juga memiliki sikap yang arogan dan ketidakmampuan untuk bekerja sama dengan rekan tim, bukannya memilih untuk memesan mereka di sekitar. Setelah mendaftar di SMA Karasuno dan bergabung dengan klub voli di mana ia bertemu Hinata, opininya mulai berubah dan ia mulai memahami pentingnya kerja sama tim dalam olahraga tim. Dia cenderung menyembunyikan perasaannya sehingga memiliki keterampilan sosial yang buruk dan sering menyebut Hinata dengan sebutan "tolol".

Daichi Sawamura (澤村 大地 Sawamura Daichi?)

Sawamura adalah kapten klub bola voli dan siswa tahun ketiga di SMA Karasuno. Dia adalah wing spiker tapi sangat diandalkan di penerima. Sebagai kapten dia mampu membangun dasar yang kuat dari tim. Dia adalah jenis, dapat diandalkan, dan tidak mendapatkan mudah putus asa, tapi semua teman-teman timnya juga takut mengganggu dia karena dia ternyata mengkhawatirkan menakutkan ketika marah.

Kōshi Sugawara (菅原 孝支 Sugawara Kōshi?)

Sugawara adalah wakil kapten dari klub bola voli dan siswa tahun ketiga di Karasuno High School. Ia berposisi sebagai setter utama tim, tapi karena ada Kageyama untuk tim ia telah menghabiskan waktu yang lebih kecil di bangku cadangan. Sugawara memiliki kepribadian yang menyegarkan dan ceria tapi taktiknya dianggap berbahaya oleh lawan.

Asahi Azumane (東峰 旭 Azumane Asahi?)

Azumane adalah siswa tahun ketiga di SMA Karasuno dan wing spiker di klub voli. Dia dianggap ace tim. Meskipun fisik yang besar (yang membuat orang percaya bahwa dia tidak benar-benar seorang siswa SMA), kekuatan dan sikap dewasa spiking, dia sangat pemalu, dan sering disebut sebagai memiliki "kaca hati".

Ryūnosuke Tanaka (田中 龍之介 Tanaka Ryūnosuke?)

Tanaka adalah siswa tahun kedua di SMA Karasuno dan wing spiker. Dia keras, galak dan kasar, tapi terlihat keluar untuk juniornya. Sayangnya, perilaku dan penampilannya membuat gadis takut padanya, dan sering mendapat dia ke masalah dengan orang lain, perlu Sawamura untuk menghentikannya. Dia dan Nishinoya memuja manajer mereka Shimizu.

Yū Nishinoya (西谷 夕 Nishinoya Yū?)

Nishinoya adalah siswa tahun kedua di SMA Karasuno dan libero. Dia disebut "Dewa Penjaga Karasuno" karena kemampuan yang sangat baik dan menakjubkan sebagai libero, setelah memenangkan "Best Libero" penghargaan saat ia masih di sekolah menengah. Dia memiliki kepribadian yang sangat energik dan ridiculously kuat-hati. Dia cenderung terbawa karena ia memiliki begitu banyak gairah dan intensitas. Dia juga disebutkan menjadi tulang punggung tim karena setiap kali dia berada di pengadilan, dia meyakinkan semua rekan tim bahwa bahkan jika mereka mendapatkan diblokir, ia akan berada di sana untuk lulus itu sehingga mereka mampu spike sebanyak mereka harus menang titik. Ia juga sangat keras dan motivasi, dan merupakan salah satu dari orang-orang hanya mampu membawa tim up dalam semangat yang baik tepat sebelum pertandingan melawan tim yang lebih baik di prefektur. Dia juga pemain terpendek di tim. Seperti Tanaka, dia menyukai Shimizu, dalam episode ia diperkenalkan di, ia menyebutkan salah satu alasan utama ia datang ke Karasuno di tempat pertama adalah karena ia menyukai seragam gadis-gadis '.

Chikara Ennoshita (縁下 力 Ennoshita Chikara?)

Ennoshita adalah siswa tahun kedua di SMA Karasuno dan wing spiker. Meskipun penampilannya biasa, dia terlihat sebagai "pemimpin" dari mahasiswa tahun kedua dan mungkin satu-satunya mampu mengontrol Nishinoya dan Tanaka terpisah dari Sawamura; menjadi lebih bertanggung jawab dan dapat mengatakan banyak hal lugas tanpa kelemahan. Sebelum jalan cerita utama, ia adalah salah satu dari banyak siswa yang putus tim voli karena standar yang tinggi dan sesi latihan ekstrim Coach Ukai Sr .. Akhirnya, ia kembali ke tim untuk menemukan bahwa pelatih telah meninggalkan.

Hisashi Kinoshita (木下 久志 Kinoshita Hisashi?)

Kinoshita adalah mahasiswa tahun kedua di SMA Karasuno dan spiker Wing Spiker. Dia, bersama dengan Ennoshita dan Narita, adalah salah satu dari banyak siswa yang meninggalkan klub voli selama Ukai Sr waktu pembinaan.

Kazuhito Narita (成田 一仁 Narita Kazuhito?)

Narita adalah siswa tahun kedua di SMA Karasuno dan Middle Blocker. Dia juga meninggalkan tim voli sementara.

Kei Tsukishima (月島 蛍 Tsukishima Kei?)

Tsukishima adalah siswa tahun pertama di SMA Karasuno dan Middle Blocker. Dia melihat ke bawah pada Hinata di awal, yang menyatakan bahwa ia tidak harus bergantung pada melompat-Nya. Dia sering menggoda rekan tim dan juga menggoda Kageyama dengan menyebutnya "The King", yang membuatnya marah ke inti. Meskipun sikap negatif dan pandangan kurang ajar pada voli, Tsukishima adalah blocker sangat analitik dan cerdas, bersama dengan ketinggian yang besar, yang memberikan tim keuntungan besar. Meskipun ia juga memiliki sikap dingin sekali dan tampaknya tidak peduli tentang rekan-rekan setimnya, ia mengungkapkan bahwa ia mencintai voli, peduli banyak untuk olahraga, dan telah tinggal berteman dengan Yamaguchi bukan karena ia merasa wajib karena ia membela Yamaguchi dari pengganggu di sekolah dasar, tetapi karena benar-benar peduli untuk dia dan menikmati bermain voli dengan dia. Kemudian dalam cerita, itu mengungkapkan bahwa ia memiliki kakak yang digunakan untuk bergabung dengan tim voli Karasuno ini. Dia adalah pemain tertinggi di tim dan dijuluki "Tsukki" oleh Yamaguchi.

Tadashi Yamaguchi (山口 忠 Yamaguchi Tadashi?)

Yamaguchi adalah siswa tahun pertama di SMA Karasuno dan Middle Blocker. Dia biasanya menempel Tsukishima setelah Tsukishima menyelamatkannya dari pengganggu di kelas 3, meskipun diberitahu untuk tutup mulut berkali-kali. Dia pemalu, tapi ramah, dan mencoba yang terbaik untuk memberikan kontribusi kepada tim. Dengan bantuan Makoto Shimada, ia baru-baru ini menjadi server pinch karena kemampuannya untuk memukul "jump float serve".

SMA Aoba Johsai[sunting | sunting sumber]

Tōru Oikawa (及川 徹 Oikawa Tōru?)

Oikawa adalah setter dan siswa tahun ketiga sekaligus kapten klub voli SMA Aoba Johsai. Dia juga seniornya Kageyama ketika mereka berdua menghadiri SMP Kitagawa Daiichi . Menurut Kageyama, ia adalah pemain voli berbakat dengan kepribadian yang buruk. Dia disebut "The Great King" oleh Hinata dan "sampah alien" oleh fans. Dia pada dasarnya adalah anak dari tim, sisa klubnya sering yang jengkel oleh kejenakaan, menggoda, dan trivia alien. Hal ini menunjukkan bahwa di masa lalu, Oikawa cemburu kualitas genius seperti Kageyama ini, dan masih, sehingga bersumpah untuk mengalahkan dia dalam Aoba Johsai.

Hajime Iwaizumi (岩泉 一 Iwaizumi Hajime?)

Iwaizumi adalah ace dan siswa tahun ketiga sekaligus wakil kapten tim, serta salah satu wing spiker tim. Dia dan Oikawa teman masa kecil dan "pilar"/ibu.

Yūtarō Kindaichi (金田一 勇太郎 Kindaichi Yūtarō?)
Akira Kunimi (国見 英 Kunimi Akira?)
Issei Matsukawa (松川 一静 Matsukawa Issei?)
Takahiro Hanamaki (花巻 貴大 Hanamaki Takahiro?)
Shinji Watari (渡 親治 Watari Shinji?)
Shigeru Yahaba (矢巾 秀 Yahaba Shigeru?)

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate, manga ini diserialisasi di Weekly Shōnen Jump sejak Februari 2012. Hingga Desember 2014, manga ini telah terjual lebih dari 12 juta volume.[2]

Drama radio[sunting | sunting sumber]

Sebuah drama radio untuk serial ini mengudara pada November 2012 di program Sakiyomi Jum-Bang! milik TV Tokyo.[3][4] Kemudian didistribusikan pada Desember 2012 melalui website Vomic milik Shueisha.[5]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial anime televisi diproduksi oleh Production I.G tayang perdana pada 6 April 2014 di MBS.[6] Pada episode 1-13, lagu tema pembukanya adalah "Imagination", yang dibawakan oleh SPYAIR; sementara lagu tema penutupnya adalah "Tenchi Gaeshi", yang dibawakan oleh Nico Touches the Walls.[7] Pada episode 15 ke atas, lagu tema pembukanya adalah "Ah Yeah", dibawakan oleh Sukima Switch; dan lagu tema penutupnya adalah "LEO" oleh Tacica.[8] "Ah Yeah" juga digunakan sebagai lagu tema penutup pada episode 14. Serial anime musim kedua tayang perdana pada 3 Oktober 2015.[1] dengan lagu tema pembuka yang pertama adalah "I'm a Believer", dibawakan oleh SPYAIR; sementara lagu tema penutupnya adalah "Climber", dibawakan oleh Galileo Galilei. Lagu tema pembuka yang kedua untuk musim kedua adalah "FLY HIGH" oleh Burnout Syndrome, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Hatsunetsu (Fever)" oleh Tacica.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Shoyo muncul sebagai karakter pendukung pada permainan pertarungan crossover J-Stars Victory VS untuk PlayStation 3, PlayStation 4 dan PlayStation Vita.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Haikyu!! Volleyball TV Anime Gets Sequel". Anime News Network. 19 Desember 2014. Diakses tanggal 6 Januari 2015. 
  2. ^ "Billboard posters seen inside Shinjuku and Ikebukuro Stations between April 4 and May 5" (dalam bahasa japanese). Twitter (Togetter). 
  3. ^ "List of episodes broadcast on TV Tokyo's Sakiyomi Jum-Bang! program" (dalam bahasa japanese). TV Tokyo. 
  4. ^ "Comic Natalie article on Haikyū!! radio drama" (dalam bahasa japanese). Natalie. 
  5. ^ "Official Haikyū!! page on Shueisha's Vomic website" (dalam bahasa japanese). Shueisha. 
  6. ^ "Shonen Jump's Haikyu!! Volleyball Manga Gets TV Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 22 September 2013. 
  7. ^ "Haikyu! Theme Songs Performed by Spyair, Nico Touches the Walls". Anime News Network. Diakses tanggal 16 February 2014. 
  8. ^ "Sukima Switch, tacica Perform New Haikyu!! Theme Songs". Anime News Network. Diakses tanggal 16 February 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]