Wikipedia:Perubahan tertunda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.

Pelindungan perubahan tertunda adalah alat yang digunakan untuk menekan vandalisme dan beberapa gangguan berulang lainnya di Wikipedia sambil mengizinkan pengguna yang berniat baik untuk mengirimkan suntingan untuk ditinjau. Ditujukan untuk artikel yang disunting secara tidak biasa yang mengalami tingkat penyuntingan yang sulit seperti itu dari pengguna baru atau yang tidak terdaftar, pelindungan perubahan tertunda dapat digunakan sebagai alternatif pelindungan sebagian dan pelindungan penuh untuk memungkinkan pengguna yang tidak terdaftar dan pengguna baru yang menyunting halaman, sambil menjaga suntingan tersebut tersembunyi bagi kebanyakan pembaca sampai mereka diterima oleh seorang peninjau. Ada sedikit artikel di Wikipedia dengan jenis pelindungan ini.

Ketika sebuah halaman dilindungi dengan perubahan tertunda disunting oleh pengguna anonim atau pengguna baru, suntingan tersebut tidak secara langsung terlihat oleh sebagian besar pembaca Wikipedia, sampai ditinjau dan diterima oleh penyunting dengan hak peninjau.

Perubahan tertunda terlihat di versi terdahulu halaman, ditandai dengan tinjauan tertunda. Revisi yang terakhir diterima ditampilkan kepada masyarakat umum, sementara pengguna yang masuk log melihat revisi terbaru halaman ini, dengan semua perubahan yang diterapkan. Bila penyunting yang bukan peninjau membuat perubahan pada artikel dengan perubahan tertunda yang belum ditinjau, hasil suntingan mereka juga ditandai sebagai tertunda dan tidak terlihat oleh kebanyakan pembaca.

Baik pengguna yang masuk maupun pengguna yang tidak terdaftar yang mengeklik tab "sunting halaman ini" menyunting versi terbaru seperti biasa. Jika ada perubahan tertunda yang menunggu peninjauan, akan ada kotak tarik-turun di samping judul artikel, yang mengarah ke perubahan yang tertunda.

Perubahan tertunda dapat digunakan untuk melindungi artikel dari vandalisme berulang, pelanggaran terhadap kebijakan biografi tokoh yang masih hidup, dan pelanggaran hak cipta.

Menerapkan pelindungan perubahan tertunda

Pengurus mungkin menerapkan pelindungan perubahan tertunda ke halaman yang mengalami vandalisme berat dan berulang, pelanggaran terhadap kebijakan biografi tokoh yang masih hidup, atau penyisipan konten yang melanggar hak cipta. Pelindungan perubahan tertunda tidak boleh digunakan sebagai tindakan pencegahan terhadap pelanggaran yang belum terjadi, dan juga tidak boleh digunakan untuk memberi hak istimewa kepada pengguna terdaftar dari pengguna yang tidak terdaftar dalam perselisihan konten. Pelindungan perubahan tertunda tidak boleh digunakan pada artikel dengan tingkat penyuntingan yang sangat tinggi, bahkan jika memenuhi kriteria yang disebutkan di atas. Sebaiknya pelindungan sebagian harus dipertimbangkan.

Selain itu, pengurus mungkin menerapkan pelindungan perubahan tertunda sementara pada halaman yang mengalami perusakan atau gangguan vandalisme namun sementara (misalnya, karena perhatian media) saat memblokir pengguna individual bukanlah pilihan yang layak. Seperti bentuk pelindungan lainnya, kerangka waktu pelindungan harus sesuai dengan masalah. Pelindungan PT selamanya hanya boleh digunakan dalam kasus gangguan jangka panjang yang parah.

Seperti pelindungan sebagian, pelindungan PT seharusnya tidak pernah digunakan dalam persengketaan konten asli, di mana ada risiko menempatkan kelompok penyunting tertentu pada posisi yang kurang menguntungkan.

Penyunting tanpa hak pengurus dapat meminta pelindungan halaman jika kriteria di atas terpenuhi. Penghapusan pelindungan perubahan tertunda dapat diminta oleh pengurus mana pun, atau di permintaan pencabutan pelindungan.

Meninjau suntingan tertunda

Proses peninjauan dimaksudkan sebagai pemeriksaan cepat untuk memastikan suntingan tidak mengandung vandalisme, pelanggaran kebijakan terhadap tokoh yang masih hidup, pelanggaran hak cipta, atau konten lain yang jelas tidak pantas. Peninjau adalah pengguna yang cukup berpengalaman yang diberi kemampuan untuk menerima suntingan pengguna lain. Peninjau memiliki tingkat kepercayaan yang sama terhadap pengembali revisi; semua pengurus memiliki hak peninjau. Peninjau potensial harus mengenali vandalisme, menjadi terbiasa dengan kebijakan konten dasar seperti kebijakan tokoh yang masih hidup, dan memiliki tingkat pengalaman menyunting di Wikipedia yang wajar. Membaca pedoman peninjauan, di mana proses peninjauan dan ekspektasi untuk peninjau terinci, disarankan.

Penerimaan suntingan oleh peninjau bukan merupakan pengesahan dari kebenaran suntingan tersebut. Ini hanya menunjukkan bahwa suntingan telah diperiksa untuk masalah yang jelas seperti yang tercantum di atas.

Hak peninjau diberikan atas permintaan di Wikipedia:Perubahan tertunda/Permohonan hak peninjau. Meskipun pengurus memiliki kemampuan teknis untuk mencabut hak peninjau, pencabutan harus dilakukan hanya sebagai hasil konsensus dari sebuah diskusi atau ketika seorang penyunting meminta pencabutan hak mereka sendiri. Pembahasan tentang pencabutan hak peninjau biasanya terjadi di permintaan perhatian pengurus. Diskusi dengan penyunting yang terlibat dan/atau permintaan untuk pendapat kedua di halaman pembicaraan Perubahan tertunda dianjurkan sebelum meminta pencabutan secara formal.

Meninjau perubahan tertunda harus diselesaikan dalam batas waktu yang wajar (paling banyak beberapa jam). Pengelolaan backlog harus dikoordinasikan di tingkat komunitas. Backlog dapat dilihat di Istimewa:PendingChanges.

Efek berbagai tingkat pelindungan

Interaksi kelompok pengguna Wikipedia dan tingkat pelindungan halaman
  Anonim atau Baru terdaftar Terkonfirmasi otomatis, Terkonfirmasi Peninjau perubahan tertunda Pengurus Sesuai untuk
(Lihat pula: Wikipedia:Kebijakan pelindungan)
Tanpa pelindungan Penyuntingan normal (dapat menyunting; perubahan dapat langsung tampil)
"Tampil" berarti perubahan tersebut terlihat oleh pembaca yang belum masuk log ke Wikipedia. Dalam semua kasus di seluruh tabel ini, perubahan segera terlihat oleh pembaca yang sudah masuk log.
Sebagian besar halaman
Pelindungan perubahan tertunda Dapat menyunting; perubahan langsung tampil setelah diterima oleh peninjau Penyuntingan normal. (Jika ada perubahan tertunda sebelumnya, tidak ada perubahan yang akan ditayangkan sampai perubahan tertunda telah ditinjau.) Penyuntingan normal;*
dapat menerima perubahan tertunda
Artikel yang jarang disunting dengan tingkat vandalisme atau pelanggaran BLP yang tinggi dari pengguna anonim dan baru terdaftar
Pelindungan sebagian Tidak dapat menyunting Penyuntingan normal Artikel dengan tingkat vandalisme tinggi atau perang suntingan dari pengguna anonim dan baru terdaftar; beberapa templat & modul yang sangat terlihat
Pelindungan penuh Tidak dapat menyunting Penyuntingan normal Artikel dengan vandalisme berulang atau perang suntingan dari akun terkonfirmasi(otomatis); templat & modul berisiko tinggi
* Saat Pengurus atau Peninjau Perubahan Tertunda menyunting sebuah artikel yang memiliki perubahan yang menunggu keputusan peninjauan, mereka harus meninjau perubahan tertunda sebelum suntingan mereka tampil.

 view • talk • edit 


Pertanyaan yang sering ditanyakan

Jika pengguna yang mahir menyunting artikel dengan perubahan tertunda yang belum ditinjau, apakah versi baru akan diterima secara otomatis?
Tidak. Jika pengguna adalah peninjau (artinya, pengguna telah diberi hak "peninjau"), mereka akan diminta untuk meninjau dan menerima perubahan tertunda yang belum ditinjau. Jika pengguna bukan merupakan peninjau, suntingannya juga akan ditandai sebagai "tinjauan tertunda". (Peninjau dapat mengujinya dengan tidak menyetujui versi saat ini dari sebuah halaman di bawah perubahan tertunda dan kemudian mencoba untuk menyunting.) Pengecualian untuk hal ini adalah ketika pengguna mengubah suntingan yang tertunda ke revisi yang terakhir diterima: dalam hal ini pengembalian akan diterima secara otomatis.
Apa yang terjadi jika beberapa alamat IP suntingan pada artikel di bawah perubahan yang tertunda menghasilkan penyuntingan kosong? (Misalnya, alamat IP membuat suntingan, lalu alamat IP lain membatalkannya.)
Jika semuanya dibuat dengan alamat IP tunggal, versi baru akan otomatis diterima. Jika pengguna yang berbeda menyunting, versi baru tidak diterima (untuk mencegah penyalahgunaan potensial).
Pada jenis halaman mana yang digunakan oleh perubahan tertunda?
Pada awalnya, ditentukan oleh konsensus bahwa perubahan tertunda hanya dapat digunakan pada artikel, sesuai dengan kebijakan pelindungan, dan pada halaman uji coba di ruang proyek. Permintaan komentar selanjutnya mungkin diperbolehkan untuk menggunakan perubahan tertunda di luar artikel; namun, perangkat lunak ini dibatasi oleh perangkat lunak ke ruang nama utama dan proyek, dan tidak ada permintaan untuk mengizinkan ruang nama lain yang dibuat. Tidak mungkin secara teknis halaman pembicaraan ditempatkan pada perubahan yang tertunda.
Apakah pelindungan perubahan tertunda tidak menurun tingkatnya?
Ya atau tidak.
Bagaimana Anda bisa tahu apakah sebuah halaman memiliki pelindungan perubahan tertunda?
Halaman yang dilindungi biasanya ditandai dengan simbol gembok berwarna putih kecil di pojok atas tergantung pada tingkat pelindungannya. Juga, akan ada kotak drop-down di sebelah judul artikel, menunjuk ke perubahan tertunda, jika ada.


Lihat pula

Antarmuka

Log