Daftar provinsi yang ibu kotanya bukan kota terbesar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kota metropolitan belum tentu dipilih menjadi ibu kota suatu provinsi/daerah administratif yang setingkat. Seringkali ibu kota suatu wilayah dipilih di luar kota terbesar, namun yang jaraknya tidak jauh.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini adalah daftar provinsi di Indonesia yang tidak beribukota di kota terbesarnya. Kota terbesar dalam hal ini ialah kota yang memiliki fasilitas dan ekonomi yang lebih lengkap.

Provinsi Ibu kota Kota terbesar
Banten Serang Tangerang
Papua Barat Manokwari Sorong
Kalimantan Timur Samarinda Balikpapan
Kalimantan Utara Tanjung Selor Tarakan
Kepulauan Riau Tanjung Pinang Batam
Maluku Utara Sofifi Ternate

Catatan[sunting | sunting sumber]

Banten[sunting | sunting sumber]

Ibukota Banten adalah kota Serang. Namun kota terbesarnya adalah Kota Tangerang, karena Tangerang berada persis disamping ibukota dan sebagai kota penyangga Jakarta, namun dinilai dari historis Kerajaan Banten. Pusat Kerajaan Banten berada di wilayah teluk banten tepatnya di desa banten saat ini termasuk kedalam Kecamatan Kasemen Kota Serang dan letak Kota Serang yang strategis berada di tengah jantung provinsi Banten, selain itu juga merupakan pintu gerbang ke arah pulau Sumatera karena itulah Kota Serang akhirnya dipilih sebagai ibukota Provinsi Banten. Jarak antara Kota Serang dan Kota Tangerang ditempuh melalui Jalan Tol Jakarta - Merak sekitar 45 menit.

Kalimantan Timur[sunting | sunting sumber]

Saat ini Samarinda adalah kota berpenduduk terbanyak di seluruh Kalimantan (berdasarkan sensus penduduk BPS 2010), Balikpapan adalah kota kedua terbanyak penduduknya di Kalimantan Timur. Balikpapan memiliki Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman sebagai bandara internasional sementara Samarinda hanya Bandara Temindung yang hanya melayani penerbangan lokal. Komando Daerah Militer VI/Mulawarman yang mempunyai lingkup tugas di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan bermarkas di Balikpapan. Kepolisian Daerah Kalimantan Timur bermarkas di Balikpapan.

Samarinda-Balikpapan saat ini bisa ditempuh dengan jalan darat sejauh 115 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan darat.

Kalimantan Utara[sunting | sunting sumber]

Ibukota Kalimantan Utara adalah Tanjung Selor. Namun Kota terbesarnya adalah Kota Tarakan.Tetapi,karena pertimbangan wilayah,akhirnya Tanjung Selor ditetapkan sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Utara

Kepulauan Riau[sunting | sunting sumber]

Tanjungpinang menjadi ibukota Kepulauan Riau karena sejarah dari Kesultanan Lingga (Pulau Penyengat), selain itu Tanjungpinang juga merupakan ibukota Kabupaten Kepulauan Riau saat masih bergabung dengan provinsi Riau. Semenjak itu, pusat pemerintahan Kepulauan Riau berada di Tanjungpinang (Pulau Dompak), sedangkan pusat bisnis dan industri berada di Kota Batam. Namun beberapa instansi pemerintahan provinsi seperti Kepolisian Daerah Kepulauan Riau bermarkas di Batam. Bahkan, Pengadilan Tata Usaha Negara Kota Tanjungpinang juga berkantor di Batam. Dalam urusan transportasi, kedua kota ini sudah memiliki hubungan transportasi langsung ke luar negeri, contohnya penerbangan langsung ke Malaysia dan pelayaran langsung ke Malaysia dan juga Singapura sudah bisa dilayani oleh bandara dan pelabuhan di kedua kota tersebut.

Tanjungpinang-Batam saat ini bisa ditempuh dengan jalur laut dari Pelabuhan Sri Bintan Pura ke Pelabuhan Telaga Punggur dan juga Pelabuhan ASDP Dompak ke Pelabuhan ASDP Telaga Punggur menggunakan kapal RoRo.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]