Vatikan selama Era Wangsa Savoia (1870–1929)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paus Pius IX (1846–1878), yang di bawah pemerintahannya Negara Kepausan masuk ke dalam kendali sekuler.

Vatikan pada era Savoyard menggambarkan hubungan Vatikan dengan Italia, setelah tahun 1870, yang menandai berakhirnya Negara Kepausan, dan tahun 1929, ketika kepausan mendapatkan kembali otonomi dalam Perjanjian Lateran, suatu periode yang didominasi oleh Permasalahan Roma.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun-tahun setelah revolusi tahun 1848, kaum nasionalis Italia – baik mereka yang ingin menyatukan negara di bawah Kerajaan Sardinia dan penguasanya Kerajaan Savoy dan mereka yang mendukung solusi republik – melihat Negara Kepausan sebagai penghalang utama bagi persatuan Italia. Louis Napoleon, yang kini telah menguasai Prancis sebagai Kaisar Napoleon III, mencoba memainkan permainan ganda, sekaligus membentuk aliansi dengan Sardinia dan memanfaatkan kredensial nasionalis pamannya yang terkenal di satu sisi dan mempertahankan pasukan Prancis di Roma untuk melindungi hak-hak Paus di sisi lain.

Setelah Perang Austro-Sardinia tahun 1859, sebagian besar Italia utara disatukan di bawah pemerintahan Wangsa Savoy; setelah kejadian itu, Garibaldi memimpin revolusi yang menggulingkan monarki Bourbon di Kerajaan Dua Sisilia. Takut Garibaldi akan membentuk pemerintahan republik di selatan, orang Sardinia mengajukan petisi kepada Napoleon untuk izin mengirim pasukan melalui Negara Kepausan untuk menguasai Dua Sisilia, yang diberikan dengan syarat Roma tidak diganggu. Pada tahun 1860, ketika sebagian besar wilayah sudah memberontak melawan pemerintahan Kepausan, Sardinia menaklukkan dua pertiga wilayah Kepausan di bagian timur dan memperkuat kekuasaannya di selatan. Bologna, Ferrara, Umbria, Marches, Benevento dan Pontecorvo semuanya secara resmi dianeksasi pada bulan November tahun yang sama, dan Kerajaan bersatu Italia dideklarasikan. Negara Kepausan direduksi menjadi Latium, yang berdekatan dengan Roma.

Roma dinyatakan sebagai Ibu Kota Italia pada bulan Maret 1861, ketika Parlemen Italia pertama bertemu di ibu kota lama kerajaan Turin di Piemonte. Namun, pemerintah Italia tidak dapat mengambil alih ibu kotanya karena Napoleon III mempertahankan garnisun Prancis di Roma untuk melindungi Paus Pius IX. Kesempatan untuk menghilangkan sisa-sisa terakhir Negara Kepausan datang ketika Perang Perancis-Prusia dimulai pada bulan Juli 1870. Kaisar Napoleon III harus menarik kembali garnisunnya dari Roma untuk pertahanan Perancis sendiri dan tidak dapat lagi melindungi Paus. Menyusul runtuhnya Kekaisaran Perancis Kedua pada pertempuran Sedan, demonstrasi masyarakat yang meluas menuntut pemerintah Italia mengambil alih Roma. Raja Victor Emmanuel II mengirim Count Gustavo Ponza di San Martino ke Pius IX dengan surat pribadi yang menawarkan proposal penyelamatan muka yang akan memungkinkan masuknya Angkatan Darat Italia secara damai ke Roma, dengan kedok menawarkan perlindungan kepada Paus.

Akhir Negara Kepausan[sunting | sunting sumber]

Menurut Raffaele De Cesare:

Sambutan Paus terhadap San Martino [10 September 1870] tidak bersahabat. Pius IX. membiarkan ledakan kekerasan menghindarinya. Sambil melemparkan surat Raja ke atas meja, ia berseru, "Kesetiaan yang baik! Kalian semua adalah sekumpulan ular berbisa, dari kuburan yang sudah diputihkan, dan kurang beriman." Dia mungkin sedang menyinggung surat-surat lain yang diterima dari Raja. Setelah itu, dengan semakin tenang, dia berseru: "Saya bukan nabi, atau anak seorang nabi, tetapi saya beritahu Anda, Anda tidak akan pernah memasuki Roma!" San Martino sangat malu sehingga dia pergi keesokan harinya.[1]

Pada tanggal 10 September, Italia menyatakan perang terhadap Negara Kepausan, dan Angkatan Darat Italia, yang dipimpin oleh Jenderal Raffaele Cadorna, melintasi perbatasan kepausan pada tanggal 11 September dan maju perlahan menuju Roma, dengan harapan dapat dinegosiasikan untuk masuk secara damai. Tentara Italia mencapai Tembok Aurelian pada tanggal 19 September dan menempatkan Roma dalam keadaan terkepung. Meskipun pasukan kecil Paus tidak mampu mempertahankan kota, Pius IX memerintahkan mereka untuk melakukan setidaknya perlawanan untuk menekankan bahwa Italia memperoleh Roma dengan kekerasan dan bukan persetujuan. Pada tanggal 20 September, Bersaglieri memasuki Roma dan berjalan menyusuri Via Pia, yang kemudian berganti nama menjadi Via XX Settembre. Roma dan Latium dianeksasi ke Kerajaan Italia setelah pemungutan suara.

Dalam Bab XXXIV, De Cesare juga melakukan pengamatan berikut:

  • "Pertanyaan Romawi adalah batu yang diikatkan ke kaki Napoleon—yang menyeretnya ke jurang yang dalam. Ia tidak pernah lupa, bahkan pada bulan Agustus 1870, sebulan sebelum Sedan, bahwa ia berdaulat di sebuah negara Katolik, bahwa ia telah diangkat menjadi Kaisar , dan didukung oleh suara dari Partai Konservatif dan pengaruh para pastor; dan bahwa merupakan tugas utamanya untuk tidak meninggalkan Paus."[2]
  • "Selama dua puluh tahun Napoleon III. telah menjadi penguasa sejati Roma, di mana ia mempunyai banyak teman dan kerabat... Tanpa dia, kekuasaan sementara tidak akan pernah terbentuk kembali, dan jika disusun kembali, tidak akan bertahan."[3]

Peristiwa ini, yang digambarkan dalam buku-buku sejarah Italia sebagai sebuah pembebasan, sangat ditanggapi dengan pahit oleh Paus. Pemerintah Italia telah menawarkan untuk mengizinkan Paus mempertahankan kendali atas Kota Leonine di tepi barat Tiber, namun Pius menolak tawaran tersebut. Awal tahun berikutnya, ibu kota Italia dipindahkan dari Florence ke Roma. Paus, yang kediaman sebelumnya, Istana Quirinal, telah menjadi istana kerajaan Raja-raja Italia, sebagai protes, ia mengundurkan diri ke Vatikan, di mana ia tinggal sebagai memproklamirkan diri sebagai "tahanan ", menolak untuk meninggalkan atau menginjakkan kaki di St. Lapangan Santo Petrus, dan melarang (Non Expedit) umat Katolik yang terancam ekskomunikasi untuk berpartisipasi dalam pemilu di negara bagian Italia yang baru.

Pada bulan Oktober, pemungutan suara di Roma dan sekitar Campagna menghasilkan pemungutan suara untuk bersatu dengan Kerajaan Italia. Pius IX menolak menerima tindakan force majeure ini. Dia tetap di istananya, menggambarkan dirinya sebagai tahanan di Vatikan. Namun, kendali baru Italia atas Roma tidak melemah, dan dunia Katolik juga tidak membantu Paus seperti yang diharapkan Pius IX.

Ibu kota sementara Italia adalah Florence sejak tahun 1865. Pada tahun 1871, pemerintah Italia pindah ke tepi sungai Tiber. Victor Emmanuel menempatkan dirinya di Istana Quirinal. Roma sekali lagi, untuk pertama kalinya dalam tiga belas abad, menjadi ibu kota Italia yang bersatu.

Roma tidak biasa dibandingkan dengan ibu kota lainnya hanya karena di dalamnya terdapat kekuasaan Paus dan sebidang tanah kecil (Kota Vatikan) yang berada di luar kendali nasional. Anomali ini tidak terselesaikan secara formal sampai Pakta Lateran tahun 1929.

Tahun-tahun terakhir Pius IX[sunting | sunting sumber]

Paus Pius menghabiskan delapan tahun terakhir masa kepausannya yang panjang – yang terpanjang dalam sejarah Gereja – sebagai tahanan Vatikan. Umat ​​Katolik dilarang memilih atau dipilih dalam pemilu nasional. Namun, mereka diizinkan untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah, dan mereka meraih kesuksesan.[4] Pius sendiri aktif selama tahun-tahun itu, dengan membentuk kursi keuskupan baru dan mengangkat uskup di banyak keuskupan yang sudah bertahun-tahun tidak ditempati. Ketika ditanya apakah dia ingin penggantinya mengikuti kebijakan Italia, Paus menjawab:

Pengganti saya mungkin terinspirasi oleh kecintaan saya pada Gereja dan keinginan saya untuk melakukan hal yang benar. Segalanya berubah di sekitarku. Sistem dan kebijakan saya mempunyai waktunya masing-masing; Saya terlalu tua untuk mengubah arah. Ini akan menjadi tugas penerus saya.[5]

Paus Leo XIII[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1882, Paus Leo XIII menulis surat kepada kaisar Austria Franz Josef I untuk memindahkan kepausan ke Salzburg atau Trieste .

Paus Leo XIII, yang dianggap sebagai diplomat hebat, berhasil meningkatkan hubungan dengan Rusia, Prusia, Jerman, Prancis, Inggris, dan negara-negara lain. Namun, mengingat iklim anti-Katolik yang tidak bersahabat di Italia, ia melanjutkan kebijakan Pius IX terhadap Italia, tanpa perubahan besar.[6] Ia harus membela kebebasan Gereja dari penganiayaan dan serangan Italia di bidang pendidikan, pengambilalihan dan pelanggaran gereja-gereja Katolik, tindakan hukum terhadap Gereja dan serangan brutal, yang berpuncak pada upaya kelompok antiklerikal untuk melemparkan jenazah mendiang Paus Pius IX ke sungai Tiber pada tanggal 13 Juli 1881.[7] Paus bahkan mempertimbangkan untuk memindahkan kepausan ke Spanyol, Malta atau ke Trieste atau Salzburg, dua kota di Austria, sebuah gagasan yang diajukan oleh raja Austria Franz Josef I ditolak dengan lembut.[8]

Pemulihan prestise kepausan[sunting | sunting sumber]

Paradoksnya, gerhana kekuasaan sementara kepausan pada abad ke-19 dibarengi dengan pulihnya prestise kepausan. Reaksi kaum monarki setelah Revolusi Perancis dan munculnya pemerintahan konstitusional kemudian mempunyai fungsi yang sama, meskipun dengan cara yang berbeda, untuk mensponsori perkembangan tersebut. Raja-raja Katolik Eropa yang kembali berkuasa memandang kepausan sebagai sekutu konservatif dan bukan saingan yurisdiksi. Belakangan, ketika lembaga pemerintahan konstitusional memutuskan ikatan yang mengikat para pastor dengan kebijakan-kebijakan rezim kerajaan, umat Katolik dibebaskan untuk menanggapi pembaruan otoritas spiritual Paus.

Para Paus pada abad ke-19 dan ke-20 menjalankan otoritas spiritual mereka dengan semangat yang semakin meningkat dan dalam setiap aspek kehidupan keagamaan. Misalnya, pada masa kepausan penting Paus Pius IX (1846–1878), kendali kepausan atas aktivitas misionaris Katolik di seluruh dunia ditegakkan untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ De Cesare, hal. 444
  2. ^ De Cesare, p. 440
  3. ^ De Cesare, hal. 443
  4. ^ Schmidlin, hal. 119
  5. ^ Schmidlin, hal. 109
  6. ^ Schmidlin, hal. 409
  7. ^ Schmidlin, hal. 413
  8. ^ Schmidlin, hal. 414

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • De Cesare, Raffaele (1909). The Last Days of Papal Rome. London: Archibald Constable & Co. 
  • Schmidlin, Josef (1934). Papstgechichte der neuesten Zeit. Munich: Pustet.