Tursu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Torshi
Mixed Pickles (9370-72).jpg
Asaman Campur
Asal
Dari daerah Timur Tengah & Balkan
Detail
Jenis makanan Hidangan pembuka
Bahan utama Sayuran, bawang putih, brine atau cuka

Torshi (Bahasa Arab Mesir: ترشى torshi, Persia: ترشى torshi; Kurdi: ترشى Tirşîn, tirşî; bahasa Turki: turşu; bahasa Yunani: τουρσί toursi; bahasa Bulgaria: туршия turshiya; Bosnia, Kroasia, Serbia: turšija/туршија ; Albania: turshi Ibrani: חמוצים, khamusim) adalah sayuran yang diasamkan dari masakan di beberapa negara Balkan dan Timur Tengah. Kata turşu berasal dari kata torshi yang berasal dari kata torsh, yang artinya 'asam' dalam bahasa Persia dan Kurdi. Dalam rumpun bahasa Turkic seperi bahasa Turki dan Azerbaijani, kata tersebut memiliki pengartian yang sama tetapi dibaca Turşu.

Torshi merupakan hidangan umum dalam berbagai masakan Timur Tengah seperti masakan Arab, masakan Turki, dan masakan Iran. Iran memiliki seratus jenis torshi berbeda berdasarkan pada kebiasaan regional dan acara yang berbeda. Dalam beberapa keluarga, tidak ada hidangan yang dianggap lengkap kecuali semangkuk torshi di atas meja. Dalam masakan Bulgaria, jenis paling populernya adalah tsarska trushiya 'asaman raja' dan selska trushiya 'asaman negara'. Toursi adalah hidangan pembuka tradisional (meze) yang dihidangkan bersama dengan arak, rakı, ouzo, tsipouro, dan rakia. Di beberapa wilayah, kuah torshi (turşu suyu) juga diminum dan sangat populer di Turki.

Membuat torshi di rumah masih menjadi sebuah tradisi yang merebak pada bulan musim gugur, terutama di kota-kota besar. Torshi seringkali disajikan di restoran-restoran atau dapat dalam bentuk siap santap dari pasar-pasar swalayan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Masakan Iran Templat:Masakan Turki