Sonaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sonaka (Dewanagari: शौनक,IASTśaunaka, शौनक) adalah nama bagi guru, atau sakha dari Atharwaweda dalam agama Hindu. Nama itu umumnya dikenal sebagai ahli bahasa Sanskerta, penulis Ṛgveda-Prātiśākhya, Bṛhaddevatā, Caraṇa-vyūha, dan Anukramaṇī tentang Regweda. Ia dikenal pula sebagai guru Katyayana dan terutama bagi sakha Aswalayana. Menurut Wisnupurana, Sonaka merupakan putra Gretsamada, dan memprakarsai sistem empat jenjang kehidupan manusia.

Ṛgveda-Prātiśākhya diajarkan oleh Sonaka untuk pertama kali dalam satra-yajna (upacara skala besar selama 12 hari) yang berlangsung di hutan Nemisa.[1][2]

Sonaka juga disebut dalam penuturan wiracarita Mahabharata. Kisah tersebut dinarasikan oleh seorang pencerita bernama Ugrasrawa saat persamuhan para resi yang diadakan oleh Sonaka di huta Nemisa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Mangaldeva Śāstri, The Rgveda-prātiśākhya with the commentary of Uvaṭa by Śaunaka.; Vaidika Svādhyāya Mandira, Varanasi Cantt.,1959 ,OCLC: 28723321
  2. ^ (Hindi) Virendrakumar Verma, Rgveda-prātiśākhya of Śaunaka Along with Uvaṭabhāshya; Chaukhambha Sanskrit Pratishthan,38 U.A., Jawaharnagar, Bungalow Road, Delhi-110007, Reprint-1999; (also published by Saujanya Books,Delhi, and by Benaras Hindu University)