Kerajaan Magadha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Magadha)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Magadha (bahasa Sanskerta: मगध) merupakan satu dari enam belas Mahajanapada (Sansakerta: Kerajaan-Kerajaan Besar). Pusat kerajaan ini berada di wilayah Bihar; ibu kota pertamanya adalah Rajagriha (kini Rajgir), lalu Pataliputra (kini Patna). Wilayah Magadha meliputi Bihar, Benggala dan sebagian timur Uttar Pradesh.[1] Kerajaan kuno Magadha juga disebut dalam Ramayana, Mahabharata, dan Puranas.

Dalam Mahabharata, salah satu raja Maghada yang terkenal dalam masa epik di India adalah Jarasanda, yang bersahabat dengan Sisupala dari Kerajaan Chedi. Setelah zaman epik, yaitu pada masa Kali Yuga, Magadha menjadi kerajaan terkemuka di India dengan ibu kota yang baru, Pataliputra, kota pertahanan di pesisir Sungai Gangga. Wangsa Nanda dan Maurya memerintah kerajaan tersebut. Kerajaan ini sangat kuat dan tak terkalahkan hingga terjadinya invasi Alexander Agung ke India.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raychaudhuri, Hemchandra (1998). Political History of Ancient India: From the Accession of Parikshit to the Extinction of the Gupta Dynasty. Oxford: Oxford University Press. ISBN 9780195643763.