Kratu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kratu (Dewanagari: क्रतु; ,IASTKratu,; arti: "kekuatan"), dalam mitologi agama Hindu, adalah salah satu Manasaputra, yaitu anak-anak yang terlahir dari pikiran Brahma, dewa pencipta. Ia juga merupakan nama dari seorang resi, yang muncul pada dua zaman berbeda.[1]

Ia dikisahkan sebagai salah satu dari tujuh resi agung (Saptaresi) pada zaman Manu pertama, yang muncul dari pikiran Brahma. Dalam legenda versi yang lain, ia diceritakan terlahir dari mata kiri ayahnya.

Dalam Svayambuwa Manwantara (Manwantara pertama), Kratu adalah seorang Prajapati, putra Dewa Brahma. Ia juga merupakan menantu dari Prajapati Kardama. Istrinya bernama Kriya. Menurut kisah, mereka dikaruniai 60.000 anak. Nama-nama mereka disebutkan dalam Mandala 8 kitab Regweda. Kratu juga memiliki dua saudari, Punya dan Satyawati (bukan Satyawati tokoh Mahabharata).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.wisdomlib.org (2015-12-21). "Kratu: 23 definitions". www.wisdomlib.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-31. 
  2. ^ www.wisdomlib.org (2015-12-21). "Kratu: 21 definitions". www.wisdomlib.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-30.