Pracinawari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pracinawari (Dewanagari: प्रचीनवर्हि,IASTPrācīnavarhi, प्रचीनवर्हि) adalah seorang tokoh dalam mitologi Hindu, putra Raja Hawirdana, keturunan Pertu. Ia menikah dengan Sawarna dan memiliki sepuluh putra. Sepuluh putra tersebut dikenal sebagai para Praceta. Mereka semua menjadi pertapa.

Pada suatu ketika, Dewa Brahma meminta Pracinawari untuk memastikan apakah bumi bisa dipadati oleh makhluk ciptaan-Nya dan Pracinawari menyerahkan tugas tersebut kepada semua putranya. Namun para Praceta tidak mengetahui cara melakukannya. Pracinawari menyuruh mereka untuk berdoa kepada Dewa Wisnu – pelindung alam semesta. Setelah mendengar keterangan ayahnya, para Praceta bertapa selama sepuluh ribu tahun.

Resi Narada berkunjung ke kerajaan raja Pracinawari. Sang raja menyambutnya dan bertanya tentang cara untuk melepaskan diri dari ikatan duniawi. Resi Narada pun menceritakan kisah Raja Puranjana kepadanya. Setelah Resi Narada menyelesaikan ceritanya, sang raja memetik pesan moral dari cerita tersebut. Akhirnya ia memutuskan untuk bermeditasi ke asrama Resi Kapila. Sementara itu, putra-putranya menyelesaikan kewajiban mereka.

Silsilah[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]