Dewahuti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dewahuti (Sanskerta: देवहूति; Devahūti) adalah seorang tokoh dalam mitologi Hindu, putri Swayambu Manu dan Satarupa. Ia menikah dengan seorang resi yang bernama Kardama. Ia tinggal bersama suaminya di sebuah wilmana (wahana ilahi) ciptaan suaminya sendiri selama seratus tahun. Mereka memiliki sembilan putri, yaitu: Kala, Anasuya, Srada, Hawirbu, Gati, Kriya, Kyati, Arundati, dan Santi. Masing-masing menikah dengan sembilan resi agung, yaitu: Marici, Atri, Anggira, Pulastya, Pulaha, Kratu, Bregu, Wasista, dan Atarwa.

Wisnu, dewa pemelihara alam semesta, menjelma menjadi putra Kardama dan Dewahuti yang bernama Kapila. Tujuannya menjelma adalah untuk mengajarkan ilmu Samkhya, yaitu pengetahuan tentang jalan menuju persatuan atman dan brahman. Setelah Kapila lahir, Kardama pergi menuju sebuah tempat suci. Dewahuti membesarkan Kapila di sebuah asrama bernama Windusarowara.

Saat Dewahuti merasa lelah dengan segala ilusi dunia, ia meminta Kapila untuk mengajarkan pengetahuan sejati kepadanya. Pada saat itulah, Samkhya Yoga diturunkan oleh Kapila kepada ibunya. Samkhya Yoga mengajarkan persatuan antara atman (jiwa individu) dengan paramatman (Tuhan). Yoga ini mengajarkan pembebasan akan pengaruh ikatan duniawi. Orang yang tidak mengetahui identitas dan hubungan antara atman dan paramatman adalah orang yang ditakdirkan lahir berulang-ulang. Pengetahuan yang diajarkan oleh Kapila telah menyadarkan Dewahuti. Kemudian ia pergi menuju sebuah asrama di pinggir sungai Saraswati untuk berlatih yoga. Tempat di mana Dewahuti melakukan tapa bernama Siddhipada.

Silsilah[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]