Rohini (istri Kresna)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rohini (Dewanagari: रोहिनी; ,IASTRohinī, रोहिनी) adalah permaisuri dari Kresna, seorang awatara Wisnu dan penguasa Dwaraka, menurut kepercayaan Hindu. Namanya disebutkan dalam susastra Hindu seperti Mahabharata, Wisnupurana, Bhagawatapurana, dan Hariwangsa, apendiks dari Mahabharata. Disebutkan bahwa Kresna memiliki delapan istri utama atau Astabarya, serta 16.000 atau 16.100 istri lainnya; Rohini dinyatakan sebagai salah satu Astabarya atau dipadankan dengan Jembawati dalam beberapa daftar, dan menjadi pemimpin para istri dalam daftar lainnya. Kitab Wisnupurana menyebutkan bahwa Rohini berparas sangat cantik.

Hubungan dengan Jembawati[sunting | sunting sumber]

Ratnagrabha, penulis komentar Wisnupurana mencatatnya sebagai salah satu Astabarya, memadankannya dengan Jembawati. Ia menganggap Rohini sebagai nama lahir, sedangkan Jembawati (patronim yang berarti "putri Jembawan) adalah julukannya. Namun, sastrawan lain bernama Sridhara tidak sependapat dan meyakininya sebagai orang yang berbeda dengan Jembawati. Kitab Wisnupurana menyebutkan bahwa dua di antara sekian banyak anaknya bernama Diptimat dan Tamrapaksa.[1] Kitab Hariwangsa juga mengindikasikan bahwa Rohini mungkin merupakan nama lain dari Jembawati.[2] Indolog Horace Hayman Wilson merasa bahwa dalam kitab Wisnupurana—demikian pula Bhagawatapurana—Rohini dan Jembawati adalah orang yang berbeda. Ia merasa bahwa Rohini mungkin saja merupakan tokoh tambahan terhadap delapan istri Kresna yang terkemuka.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Horace Hayman Wilson (1870). The Vishńu Puráńa: a system of Hindu mythology and tradition. Trübner. hlm. 79-83, 107. Diakses tanggal 20 February 2013. 
  2. ^ Hopkins, Edward Washburn (1915). Epic mythology. Strassburg K.J. Trübner. hlm. 13. ISBN 0-8426-0560-6.