Yakobus yang Adil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Yakobus Yang Adil
Ikon Yakobus
Martir, Adelphotheos
Lahir tidak diketahui
Wafat 62, Yerusalem
Dihormati di Semua denominasi
Dikanonisasikan pre-kongregasi
Hari peringatan 3 Mei (Katolik Roma), 1 Mei (Anglikan), 23 Oktober (Lutheran), (Gereja Episcopal (Amerika Serikat))
Kontroversi Yakobus kadang diidentifikasi sebagai Yakobus anak Alfeus dan Yakobus Kecil. Ada ketidaksepakatan mengenai hubungannya dengan Yesus.

Yakobus yang Adil (Ibrani: יעקב) (Yunani: Iάκωβος), atau Santo Yakobus yang Adil (meninggal 62), juga dikenal sebagai Yakobus Orang Benar, Yakobus dari Yerusalem, Yakobus Adelphotheos, Yakobus muda atau Yakobus, Saudara Tuhan, seorang tokoh penting dalam Kekristenan Awal yang dicatat dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Ia adalah pemimpin gerakan Kristen di Yerusalem, pada dekade setelah kematian Yesus, tetapi informasi mengenai hidupnya tidak terlalu banyak. Beberapa sumber awal menggambarkan dia sebagai saudara Yesus; para sejarawan memiliki perbedaan dalam menafsirkan deskripsi ini, "saudara" di sini bisa berarti saudara rohani, atau secara harfiah bahwa Yakobus adalah kerabat keluarga dekat Yesus - mungkin saudara penuh, setengah atau saudara tiri, sepupu, atau hubungan lainnya. Liturgi Kristen tertua yang masih bertahan, Liturgi St. Yakobus, menyebutnya sebagai "saudara Tuhan" (Adelphotheos).[1]

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Yakobus muda khusus dipakai di Injil Markus untuk mengidentifikasi Maria.[2] Penyebutan Maria sebagai ibu Yakobus muda dan Yoses (atau Yusuf) dianggap merupakan kebiasaan untuk menggunakan nama putra sulung dan putra berikutnya dalam memanggil nama seorang ibu. Ini terutama untuk mengidentifikasi Maria, karena ada banyak Maria yang hadir dalam peristiwa itu. Dengan matinya Yesus, maka Yakobus menjadi putra tertua Maria yang masih hidup. Petrus bersahabat akrab dengan Yakobus, saudara Yohanes, sebagai 12 murid utama Yesus, dan juga kenal dengan keluarga Yesus. Untuk membedakan, Petrus rupanya biasa menyapa Yakobus, saudara Yesus, sebagai "Yakobus muda" dan tercatat khusus dalam Injil Markus yang bersumber dari penuturan Petrus. Injil Matius juga memakai nama Yakobus untuk mengidentifikasi Maria dalam konteks yang sama dengan Injil Markus, tetapi tanpa kata "muda".

Yakobus yang Adil dipercaya sebagai penulis Surat Yakobus, salah satu Kitab Perjanjian Baru, dan merupakan penulis utama dari Dekrit Apostolik dalam Kisah Para Rasul 15.

Yakobus yang Adil tidak sama dengan Yakobus Besar. Ensiklopedi Katolik menyimpulkan bahwa, berdasarkan catatan Hegesippus, "kemungkinan" bahwa Yakobus yang Adil adalah sama dengan Yakobus kecil, dan sejalan dengan "banyak penafsiran Katolik", bahwa oleh karena itu ia adalah Yakobus anak Alfeus serta Yakobus putra Maria istri Klopas.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Philip Schaff: History of the Christian Church, Bab 4, § 27. James the Brother of the Lord: "And in the Liturgy of St. James, the brother of Jesus is raised to the dignity of "the brother of the very God".
  2. ^ Markus 15:40
  3. ^ Catholic Encyclopedia: Saint James the Less