Orang buta dari Betsaida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kristus menyembuhkan orang buta, lukisan tahun 1640

Orang buta dari Betsaida adalah salah seorang yang disembuhkan dari kebutaan oleh Yesus Kristus secara ajaib. Kisah ini hanya dicatat di Injil Markus, yaitu di Markus 8:22-26 sebagai berikut:

Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Betsaida. Di situ orang membawa kepada Yesus seorang buta dan mereka memohon kepada-Nya, supaya Ia menjamah dia. Yesus memegang tangan orang buta itu dan membawa dia ke luar kampung. Lalu Ia meludahi mata orang itu dan meletakkan tangan-Nya atasnya, dan bertanya: "Sudahkah kaulihat sesuatu?" Orang itu memandang ke depan, lalu berkata: "Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon." Yesus meletakkan lagi tangan-Nya pada mata orang itu, maka orang itu sungguh-sungguh melihat dan telah sembuh, sehingga ia dapat melihat segala sesuatu dengan jelas. Sesudah itu Yesus menyuruh dia pulang ke rumahnya dan berkata: "Jangan masuk ke kampung!"

—Markus 8:22-26

Meskipun hanya dicatat sekali, kisah ini dipercayai kebenarannya mengingat kriteria permaluan, yaitu bahwa kalau merupakan karangan, orang-orang Kristen yang mengarangnya akan malu mengakui bahwa Yesus memerlukan 2 kali peletakan tangan untuk menyembuhkan 1 orang ini. Jadi cerita ini diyakini bersumber dari Simon Petrus yang merupakan saksi mata kejadian ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]