Simeon Niger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Simeon Niger {bahasa Inggris: Simeon, who was called Niger) adalah seorang Kristen pada abad pertama Masehi yang disebut dalam Perjanjian Baru, bagian dari Alkitab Kristen. Ia dicatat sebagai salah satu pendiri gereja mula-mula di Antiokhia, Siria, dalam Kisah Para Rasul. Namanya disebutkan sebagai anggota gereja di Antiokhia setelah catatan matinya raja Herodes Agrippa I tahun 44 M, sebagai berikut:

Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus. (Kisah Para Rasul 13:1)

Tradisi Kristen[sunting | sunting sumber]

Setelah Yakobus mati syahid dan setelahnya Yerusalem direbut*, para rasul dan murid-murid Tuhan yang masih hidup datang dari berbagai penjuru, bersama-sama mereka yang masih ada hubungan darah dengan Tuhan (karena mayoritas masih hidup) untuk membahas siapa yang layak menggantikan Yakobus. Dengan sehati mereka memilih Symeon, putra Klopas, yang disinggung dalam Injil; layak untuk menjabat tahta episkopal dari parish ini. Dia adalah seorang sepupu, menurut kata mereka, dari sang Juruselamat. Karena Hegesippus mencatat bahwa Klopas adalah saudara Yusuf.[1]

  • oleh orang Romawi setelah pemberontakan Yahudi.

Referensi[sunting | sunting sumber]