Zenas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Zenas (bahasa Yunani: Ζηνᾶς, Zénas, artinya "pemberian Zeus" atau "hidup"[1]) adalah nama seorang Kristen pada abad pertama Masehi yang disebut dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen.[2] Ia merupakan rekan sekerja rasul Paulus dan Apolos dalam mengabarkan Injil Yesus Kristus. Disebutkan keistimewaannya yaitu sebagai "ahli Taurat" (bahasa Yunani: νομικός, nomikos, artinya "ahli hukum",[3][4] ; bahasa Inggris: Lawyer). Namanya termasuk di dalam daftar "Tujuh puluh murid" Yesus Kristus.[5] Disebut hanya sekali di seluruh Alkitab, yaitu dalam bacaan nas:

"Tolonglah sebaik-baiknya Zenas, ahli Taurat itu, dan Apolos, dalam perjalanan mereka, agar mereka jangan kekurangan sesuatu apa."

(Titus 3:13)[6][7]

Saat itu Zenas dan Apolos akan tiba di pulau Kreta di Laut Tengah, dan sekaligus membawa surat dari Paulus kepad Titus, yang menjadi pelayan jemaat di pulau tersebut.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Zenas dihormati sebagai seorang santo di Gereja Ortodoks Timur (peringatan pada tanggal 27 September (menurut Kalender Julian) atau 4 Januari (Kalender Gregorian yang lazim digunakan sekarang), Gereja Katolik Roma (diperingati setiap tanggal 14 April) dan sejumlah gereja Kristen lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hitchcock, Roswell D. Hitchcock's Bible Names Dictionary.
  2. ^ Nave, Orville James. "Nave's Topical Bible". 1896.
  3. ^ Dalam Perjanjian Baru, termasuk Injil Matius dan Injil Lukas, kata ini dipakai untuk menyebut seseorang yang ahli dalam hukum Yahudi, khususnya Taurat Musa dan mampu menginterpretasikan Perjanjian Lama dan menerapkan pengajaran-pengajaran dari rabbi-rabbi yang berkompeten. Berasal dari kata "nómos", artinya "hukum" atau "peraturan".
  4. ^ Di luar Israel, dapat pula dipakai untuk ahli hukum/pengacara (jurisconsult) Romawi (Smith, William. Smith's Bible Dictionary).
  5. ^ Orr, James, M.A., D.D. General Editor. "Definition for 'ZENAS'". "International Standard Bible Encyclopedia". - ISBE; 1915.
  6. ^ "Zenas". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 1913. 
  7. ^ Easton, Matthew George. "Easton's Bible Dictionary" (juga dikenal sebagai "Illustrated Bible Dictionary"). 1897.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]