Portal:Kristen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 Utama    Berita baru  

Selamat datang di

Portal Kristen
Yesus Kristus Tritunggal Alkitab Sejarah

Kategori Utama
Kristen(48 K, 137 H)
Katolik(16 K, 278 H)
Kekristenan menurut negara(164 K, 53 H)
Alkitab(32 K, 98 H)
Bidah Kristen(21 H)
Budaya Kristen(4 K)
Buku Kristen(1 K, 8 H, 2 B)
Daftar bertopik Kristen(4 K, 13 H)
Denominasi Kristen(15 K, 14 H)
Doa Kristen(1 K, 21 H)
Gelar gerejawi(26 H)
Gereja(25 K, 79 H)
Ibadah Kristen(6 H)
Istilah Kristen(7 K, 401 H)
Kemah Suci(16 H)
Komunitas Kristen(3 K, 2 H)
Liturgi Kristen(3 K, 32 H)
Majalah Kristen(5 H, 1 B)
Misi Kristen(2 K, 22 H)
Mitologi Kristen(11 H)
Organisasi Kristen(18 K, 56 H, 1 B)
Ritual Kristen(2 K, 8 H)
Sejarah Kristen(9 K, 36 H)
Sekolah Kristen(5 H)
Seni Kristen(4 H)
Simbol Kristen(1 K, 17 H)
Teks Kristen(4 K, 40 H)
Teologi Kristen(11 K, 97 H)
Tokoh Kristen(33 K, 110 H)
Yesus(12 K, 125 H)
Portal:Kristen(22 H)
ProyekWiki Kristen(13 K, 17 H)
Templat Kristen(6 K, 86 H)
Tahukah Anda?
  • ... bahwa istilah Sinoptik berasal dari bahasa Yunani συν (syn = bersama) dan οψις (opsis = melihat) untuk menandakan bahwa isi dari ketiga Injil Sinoptik dapat dilihat berdampingan.
  • ... bahwa jumlah orang Kristen di Afrika telah meningkat dari 144 juta orang pada tahun 1970 menjadi 367 juta orang pada tahun 2000 (Evangelicals Now - November 2004)
  • ... bahwa Die Schöpfung (Penciptaan) merupakan oratorio adikarya Joseph Haydn. Ini merupakan suatu karya musik agung yang menceritakan permulaan penciptaan manusia dan bumi oleh Allah dalam enam hari. Pertunjukan pertamanya diadakan di Vienna pada tahun 1798 dan lebih dari 40 kali kembali dipertunjukan di daerah Vienna sendiri selama 10 tahun berikutnya. ([1])
  • ... bahwa pada tahun 325 Konsili Nicea merumuskan bahwa Anak adalah “sehakikat” dengan Bapa. Keputusan ini menjadi dasar Pengakuan Nicea yang merupakan pengakuan yang dipakai baik oleh gereja Barat yang berpusat di Roma maupun gereja Timur yang berpusat di Konstantinopel.
  • ... bahwa hanya sepuluh kitab yang memiliki lebih dari 1.000 ayat: Kejadian (1.533), Keluaran (1.213), Bilangan (1.288), Ayub (1.070), Mazmur (2.461), Yesaya (1.292), Yeremia (1.273), Matius (1.071), Lukas (1.151), dan Kisah Para Rasul (1.007).
Kekristenan

Kekristenan adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab suci mereka adalah Alkitab yang terbagi atas Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di kota Antiokhia (Kisah Para Rasul 11:26).

Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan kehidupan, pengajaran, penyaliban, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama. Kekristenan adalah agama monoteistik, yang percaya akan satu Allah dengan tiga pribadi, Tuhan (Allah Tritunggal: Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus). Konsep Tritunggal ini tidak tertulis jelas di Alkitab, tetapi ada tersirat di beberapa bagian, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru dan kemudian dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea I (tahun 325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantinus I.

Orang yang memeluk agama Kristen percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamatnya, memberi diri dibaptis dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus, antara lain sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Allah yang tertulis dalam Alkitab. Yesus Kristus diyakini sebagai pendiri jemaat (gereja) dan merupakan Kepala Gereja, yaitu kepemimpinan gereja yang abadi.

Penganut agama Kristen juga percaya pada janji Yesus Kristus yang akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini.

Selengkapnya...

Gambar Pilihan

"Sampul edisi pertama Alkitab Versi Raja James"

Tokoh Pilihan
Ireneus, uskup Lugdunum yang mengajari ajaran-ajaran sesat.

Ireneus atau Irenæus130-202M) adalah Uskup Lugdunum, Gallia, (sekarang Lyons, Prancis). Dalam bukunya "Melawan Ajaran Sesat", Ireneus menegaskan standar teologi gereja: "Semua kebenaran yang kita butuhkan sudah tercantum dalam Alkitab". Ia diakui sebagai seorang teolog terbesar semenjak Rasul Paulus. Argumentasinya yang tersebar luas merupakan pukulan besar bagi aliran Gnostik pada masanya. Selengkapnya...
Tokoh pilihan sebelumnya: Abraham - Dietrich Bonhoeffer - Martin Luther · Simon Petrus · Yesus - Yusuf - lainnya...

Lokasi Pilihan
Mesjid Nabi Samwil di kota Rama, yang dibangun di atas bekas benteng zaman Perang Salib. Makam Samuel ada di bawah bangunan Mameluke.

Ramataim-Zofim (Ibrani: רמתיים־צופים), atau disebut Rama (Ibrani: רָמָה) (juga Ramatha di Alkitab Douay-Rheims; Inggris: Ramathaim-Zophim atau Ramah) adalah kota kuno di Israel yang disebut dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, terutama dalam Kitab 1 Samuel, yang sekarang menjadi kota modern Neby Samwil ("nabi Samuel"), sekitar 5 mil (8,0 km) di utara Yerusalem. Lokasi tepatnya masih belum dapat dipastikan. Kota ini di abad ke-11 SM menjadi kota kelahiran dan tempat tinggal nabi Samuel maupun orang tuanya, Elkana dan Hana beserta keluarga. Samuel memerintah sebagai Hakim atas bangsa Israel dari rumahnya di kota ini. Kota Rama juga disebutkan beberapa kali dalam riwayat Daud yang bertemu Samuel di sini maupun di Nayot dekat Rama, di mana mereka sementara tinggal. Samuel mati dan dikuburkan di rumahnya di Rama.

Selengkapnya...

Lokasi pilihan sebelumnya: Yerusalem - Provinsi Asia Romawi - Vatikan · Hebron - lainnya...

Artikel Pilihan
Lukisan Daniel di Kapel Sistina
Lukisan Daniel di Kapel Sistina

Daniel 11 adalah bagian dari Kitab Daniel dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Berisi riwayat Daniel yang berada di Babel pada abad ke-6 SM. Pasal ini terdiri dari 45 ayat, merupakan kelanjutan dari pasal 10 dan bersambung ke pasal 12 dan berfokus pada penglihatan yang diterima Daniel pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja orang Persia. Nubuat dalam pasal ini dapat dilihat penggenapannya secara akurat dalam sejarah dengan bukti-bukti catatan dari Yunani dan Romawi.

Di dalam ini telah dinubuatkan tentang raja-raja Persia, Makedonia, Seleukia, Mesir, mulai dari Raja Kambisus, Bardiya, Darius, dan Ahasyweros; Aleksander Agung dan jenderal-jenderalnya, hingga Antiokhos III dan Antiokhos IV.

Selengkapnya...

Artikel pilihan sebelumnya: Konsili Vatikan II - Mazmur 23 - Orang-orang Majus dari Timur · Reformasi Protestan · Paskah · lainnya...

Portal agama lainnya

AgamaAgama
Agama
AteismeAteisme
Ateisme
BuddhaBuddha
Buddha
HinduHindu
Hindu
IslamIslam
Islam
KristenKristen
Kristen
MitologiMitologi
Mitologi
YahudiYahudi
Yahudi
Agama Ateisme Buddha Hindu Islam & Al Qur'an Kristen Mitologi Yahudi