Portal:Kristen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portal Ecke links.gif  Utama Portal Ecke rechts.gif   Portal Ecke links.gif  Kristen dari A sampai Z Portal Ecke rechts.gif   Portal Ecke links.gif  Berita baru Portal Ecke rechts.gif  

Selamat datang di

Portal Kristen
Bloch-SermonOnTheMount.jpg
Kempele Church Paintings 2006 07 24 C.JPG
Taiwanese Bible Chim-gian 1933.jpg
MontrealNotredameFromInside.jpg
Yesus Kristus Tritunggal Alkitab Sejarah
Kategori Utama
Christian cross.svg
Kristen(49 K, 151 H, 2 B)
Katolik(11 K, 73 H, 2 B)
Kristen menurut negara(14 K, 53 H)
Alkitab(29 K, 85 H)
Anggota PGLII(1 K, 11 H, 9 B)
Anti-Kekristenan(4 H)
Bidah Kristen(15 H)
Daftar bertopik Kristen(3 K, 12 H)
Denominasi Kristen(9 K, 14 H)
Doa Kristen(5 H)
Film Kristen(1 K, 1 H)
Gereja Suku Batak(3 K, 13 H, 13 B)
Gereja Suku Nias(5 H, 3 B)
GKPI(5 H, 4 B)
HKBP(1 K, 9 H, 8 B)
Institusi Kristen(3 K, 1 H)
Istilah Kristen(129 H)
Katekismus(9 H)
Kemah Suci(5 H)
Kitab Perjanjian Lama(45 K, 47 H)
Liturgi(2 K, 37 H)
Liturgi Kristen(1 K, 4 H)
Misi Kristen(2 K, 11 H)
Misionaris(2 K, 1 H)
Mistisisme Kristen(2 H)
Mitologi Kristen(3 H)
Musik gereja(3 K, 25 H, 1 B)
Organisasi Kristen(8 K, 36 H)
Perguruan tinggi Kristen(2 K, 1 H)
Ritual Kristen(2 K, 8 H)
Santo Kristen(1 K)
Sejarah Kristen(8 K, 32 H)
Sekolah teologi(1 K, 19 H)
Simbol Kristen(2 K, 8 H)
Situs Web Kristen(14 H)
Teks Kristen(4 K, 29 H)
Tempat di Alkitab(1 K, 279 H)
Tempat ziarah agama Kristen(1 K, 1 H)
Teologi Kristen(8 K, 78 H)
Tokoh Kristen(14 K, 124 H)
Torah(11 H)
Yesus(9 K, 78 H)
Rintisan bertopik Kristen(8 K, 198 H)
Portal:Kristen(22 H)
ProyekWiki Kristen(8 K, 15 H)
Templat Kristen(4 K, 47 H)
Tahukah Anda?
Christian cross.svg
Relationship between synoptic gospels.png
  • ... bahwa istilah Sinoptik berasal dari bahasa Yunani συν (syn = bersama) dan οψις (opsis = melihat) untuk menandakan bahwa isi dari ketiga Injil Sinoptik dapat dilihat berdampingan.
  • ... bahwa jumlah orang Kristen di Afrika telah meningkat dari 144 juta orang pada tahun 1970 menjadi 367 juta orang pada tahun 2000 (Evangelicals Now - November 2004)
  • ... bahwa Die Schöpfung (Penciptaan) merupakan oratorio adikarya Joseph Haydn. Ini merupakan suatu karya musik agung yang menceritakan permulaan penciptaan manusia dan bumi oleh Allah dalam enam hari. Pertunjukan pertamanya diadakan di Vienna pada tahun 1798 dan lebih dari 40 kali kembali dipertunjukan di daerah Vienna sendiri selama 10 tahun berikutnya. ([1])
  • ... bahwa pada tahun 325 Konsili Nicea merumuskan bahwa Anak adalah “sehakikat” dengan Bapa. Keputusan ini menjadi dasar Pengakuan Nicea yang merupakan pengakuan yang dipakai baik oleh gereja Barat yang berpusat di Roma maupun gereja Timur yang berpusat di Konstantinopel.
  • ... bahwa hanya sepuluh kitab yang memiliki lebih dari 1.000 ayat: Kejadian (1.533), Keluaran (1.213), Bilangan (1.288), Ayub (1.070), Mazmur (2.461), Yesaya (1.292), Yeremia (1.273), Matius (1.071), Lukas (1.151), dan Kisah Para Rasul (1.007).
Kekristenan
Christian cross.svg

Kekristenan adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran, hidup, sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab suci mereka adalah Alkitab yang terbagi atas Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di kota Antiokhia (Kisah Para Rasul 11:26).

Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan kehidupan, pengajaran, penyaliban, kematian, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga, sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama. Kekristenan adalah agama monoteistik, yang percaya akan satu Allah dengan tiga pribadi, Tuhan (Allah Tritunggal: Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus). Konsep Tritunggal ini tidak tertulis jelas di Alkitab, tetapi ada tersirat di beberapa bagian, baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru dan kemudian dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea I (tahun 325) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantinus I.

Orang yang memeluk agama Kristen percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamatnya, memberi diri dibaptis dan memegang ajaran yang disampaikan Yesus Kristus, antara lain sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Allah yang tertulis dalam Alkitab. Yesus Kristus diyakini sebagai pendiri jemaat (gereja) dan merupakan Kepala Gereja, yaitu kepemimpinan gereja yang abadi.

Penganut agama Kristen juga percaya pada janji Yesus Kristus yang akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini.

Selengkapnya...

Gambar Pilihan
Christian cross.svg
KJV-King-James-Version-Bible-first-edition-title-page-1611.jpg

"Sampul edisi pertama Alkitab Versi Raja James"

Tokoh Pilihan
Christian cross.svg
Ireneus, uskup Lugdunum yang memerangi ajaran-ajaran sesat.

Ireneus atau Irenæus130-202M) adalah Uskup Lugdunum, Gallia, (sekarang Lyons, Perancis). Dalam bukunya "Melawan Ajaran Sesat", Ireneus menegaskan standar teologi gereja: "Semua kebenaran yang kita butuhkan sudah tercantum dalam Alkitab". Ia diakui sebagai seorang teolog terbesar semenjak Rasul Paulus. Argumentasinya yang tersebar luas merupakan pukulan besar bagi aliran Gnostik pada masanya. Selengkapnya...
Tokoh pilihan sebelumnya: Abraham - Dietrich Bonhoeffer - Martin Luther · Simon Petrus · Yesus - Yusuf - lainnya...

Lokasi Pilihan
Christian cross.svg
Mesjid Nabi Samwil di kota Rama, yang dibangun di atas bekas benteng zaman Perang Salib. Makam nabi Samuel ada di bawah bangunan Mameluke.

Ramataim-Zofim (bahasa Ibrani: רמתיים־צופים), atau disebut Rama (bahasa Ibrani: רָמָה) (juga Ramatha di Alkitab Douay-Rheims; bahasa Inggris: Ramathaim-Zophim atau Ramah) adalah kota kuno di Israel yang disebut dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, terutama dalam Kitab 1 Samuel, yang sekarang menjadi kota modern Neby Samwil ("nabi Samuel"), sekitar 5 mil (8.0 km) di utara Yerusalem. Lokasi tepatnya masih belum dapat dipastikan. Kota ini di abad ke-11 SM menjadi kota kelahiran dan tempat tinggal nabi Samuel maupun orang tuanya, Elkana dan Hana beserta keluarga. Samuel memerintah sebagai Hakim atas bangsa Israel dari rumahnya di kota ini. Kota Rama juga disebutkan beberapa kali dalam riwayat Daud yang bertemu Samuel di sini maupun di Nayot dekat Rama, di mana mereka sementara tinggal. Samuel mati dan dikuburkan di rumahnya di Rama.

Selengkapnya...

Lokasi pilihan sebelumnya: Yerusalem - Provinsi Asia Romawi - Vatikan · Hebron - lainnya...

Artikel Pilihan
Christian cross.svg
Lukisan Daniel di Kapel Sistina

Daniel 11 adalah bagian dari Kitab Daniel dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Berisi riwayat Daniel yang berada di Babel pada abad ke-6 SM. Pasal ini terdiri dari 45 ayat, merupakan kelanjutan dari pasal 10 dan bersambung ke pasal 12 dan berfokus pada penglihatan yang diterima Daniel pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja orang Persia. Nubuat dalam pasal ini dapat dilihat penggenapannya secara akurat dalam sejarah dengan bukti-bukti catatan dari Yunani dan Romawi.

Di dalam ini telah dinubuatkan tentang raja-raja Persia, Makedonia, Seleukia, Mesir, mulai dari Raja Kambisus, Bardiya, Darius, dan Ahasyweros; Aleksander Agung dan jenderal-jenderalnya, hingga Antiokhos III dan Antiokhos IV.

Selengkapnya...

Artikel pilihan sebelumnya: Konsili Vatikan II - Mazmur 23 - Orang-orang Majus dari Timur · Reformasi Protestan · Paskah · lainnya...

Portal agama lainnya

AgamaAgama
AteismeAteisme
BuddhaBuddha
HinduHindu
IslamIslam
KristenKristen
MitologiMitologi
YahudiYahudi
Agama Ateisme Buddha Hindu Islam & Al Qur'an Kristen Mitologi Yahudi