Portal:Ateisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portal Ateisme


sunting   

Selamat datang di Portal Ateisme

Kata Yunani αθεοι (atheoi), seperti yang tampak pada Surat Paulus kepada Jemaat di Efesus di papirus abad ke-3

Ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak memercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi ataupun penolakan terhadap teisme. Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan. Istilah ateisme berasal dari Bahasa Yunani ἄθεος (atheos), yang secara peyoratif digunakan untuk merujuk pada siapapun yang kepercayaannya bertentangan dengan agama/kepercayaan yang sudah mapan di lingkungannya. Dengan menyebarnya pemikiran bebas, skeptisisme ilmiah, dan kritik terhadap agama, istilah ateis mulai dispesifikasi untuk merujuk kepada mereka yang tidak percaya kepada tuhan. (Selengkapnya...)

sunting   

Artikel pilihan

Lukisan Kebangkitan Kristus oleh Noel Coypel (1700). Teorikus mitos Yesus memandangnya sebagai salah satu dari kisah dewa-dewa yang wafat dan bangkit.

Teori mitos Yesus (juga dikenal sebagai teori mitos Kristus atau hipotesis ketidakberadaan) adalah gagasan bahwa Yesus dari Nazareth bukan tokoh historis, tetapi merupakan karakter mitologis yang diciptakan oleh komunitas Kristen awal. Beberapa pendukung teori ini berargumen bahwa peristiwa atau perkataan yang berhubungan dengan figur Yesus dalam Perjanjian Baru mungkin berasal dari satu atau lebih orang yang benar-benar ada, tetapi tidak ada satupun dari mereka merupakan pendiri Kekristenan. (Selengkapnya)

sunting   

Gambar pilihan

Ariane Sherine and Richard Dawkins at the Atheist Bus Campaign launch.jpg


Ariane Sherine dan Richard Dawkins pada saat peluncuran Bus Ateis di London.
sunting   

Tokoh pilihan

Richard Dawkins Cooper Union Shankbone.jpg

Clinton Richard Dawkins adalah seorang penulis, ahli etologi, biologi evolusioner, ilmu pengetahuan umum Britania Raya. Dawkins adalah seorang ateis. Ia banyak menulis tentang etologi, biologi evolusioner dan ilmu pengetahuan umum. Dawkins adalah seorang kritikus kreasionisme dan perancangan cerdas yang terkemuka. Pada tahun 1986, dalam bukunya yang berjudul The Blind Watchmaker, dia memperdebatkan analogi sang pembuat jam (argumen yang menyatakan bahwa terdapat seorang pencipta yang adikodrati yang didasari oleh kompleksnya makhluk hidup yang ada di dunia ini). Dia mendeskripsikan proses evolusi sebagai sesuatu yang analog dengan sang pembuat jam yang buta. Sejak saat itu, dia telah menulis beberapa buku sains populer dan beberapa kali muncul di televisi dan radio, biasanya mendiskusikan topik-topik tersebut. (Selengkapnya)

sunting   

Kutipan pilihan

Carl Sagan
Aku sangat ingin percaya bahwa setelah aku mati aku akan hidup lagi, bahwa pikiranku, perasaanku, dan ingatanku akan terus berlanjut. Tapi meskipun aku sangat ingin mempercayai itu, dan meskipun banyak cerita kuno dari seluruh dunia mengatakan ada kehidupan setelah mati, aku hanya bisa berkata bahwa semua itu tak lebih dari angan kosong belaka.