Portal:Kristen/Tokoh Pilihan/Arsip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yesus dari Nazaret[sunting sumber]

Gambar Yesus yang berada di Hagia Sophia, Istanbul, Turki.
Gambar Yesus yang berada di Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

Yesus dari Nazaret (kurang lebih antara 6 SM4 SM - 2933) adalah seorang pengkhotbah dan penyembuh bagi orang Yahudi; dikenal juga sebagai Yesus Kristus yang merupakan Tuhan dan Juru Selamat dalam agama Kristen, dan seorang nabi penting dalam Islam (Nabi Isa).

Nama "Yesus" adalah alihaksara dari bahasa Yunani Ιησους [Iēsoûs], yang pada gilirannya juga merupakan alihaksara dari bahasa Aram atau bahasa Ibrani yaitu:Yeshua, yang berarti : Keselamatan, atau "Tuhan adalah keselamatan", "Tuhan menyelamatkan". "Kristus" adalah gelar dalam teologi juga berasal dari bahasa Yunani Χριστός [Christos], yang dari bahasa Ibrani "Messiah", berarti "yang diurapi" atau "yang terpilih".

Martin Luther[sunting sumber]

Martin Luther (lahir di Eisleben, Kekaisaran Romawi Suci, 10 November 1483 – meninggal di Eisleben, Kekaisaran Romawi Suci, 18 Februari 1546 pada umur 62 tahun) adalah seorang pastur Jerman dan ahli teologi Kristen dan pendiri Gereja Lutheran, gereja Protestan, pecahan dari Katolik Roma. Dia merupakan tokoh terkemuka bagi Reformasi. Ajaran-ajarannya tidak hanya mengilhami gerakan Reformasi, namun juga mempengaruhi doktrin, dan budaya Lutheran serta tradisi Protestan. Seruan Luther kepada Gereja agar kembali kepada ajaran-ajaran Alkitab telah melahirkan tradisi baru dalam agama Kristen. Gerakan pembaruannya mengakibatkan perubahan radikal juga di lingkungan Gereja Katolik Roma dalam bentuk Reformasi Katolik. Sumbangan-sumbangan Luther terhadap peradaban Barat jauh melampaui kehidupan Gereja Kristen. Terjemahan Alkitabnya telah ikut mengembangkan versi standar bahasa Jerman dan menambahkan sejumlah prinsip dalam seni penerjemahan. Nyanyian rohani yang diciptakannya mengilhami perkembangan nyanyian jemaat dalam Gereja Kristen. Pernikahannya pada 13 Juni 1525 dengan Katharina von Bora menimbulkan gerakan pernikahan pendeta di kalangan banyak tradisi Kristen.

Santo Yusuf[sunting sumber]

Yusuf bersama bayi Yesus oleh Guido Reni (± 1635).

Yusuf atau Santo Yusuf (abad ke-1 M) adalah seorang tukang kayu yang menjadi suami dari Maria ibu Yesus dan ayah Yesus. Alkitab memberi kesaksian bahwa Yusuf adalah orang yang baik hati dan sederhana. Yusuf adalah tunangan Maria yang tadinya hendak memutuskan hubungan dengan Maria ketika ia mengetahui Maria telah mengandung. Akan tetapi, Yusuf mendapat perintah dari Tuhan melalui malaikat supaya Yusuf tetap mengawini Maria. Ia kemudian menjadi seorang suami dan ayah yang baik. Ketika Maria hampir melahirkan dan tidak ada tempat bagi Maria untuk melahirkan, Yusuf mencarikan tempat lain, yakni sebuah kandang. Kemudian ketika malaikat memberi tahu bahwa Yesus mengalami bahaya karena Herodes hendak membunuh bayi tersebut, Yusuf membawa Yesus dan Maria lari ke Mesir. Setelah itu, Alkitab hanya menyinggung keberadaan Yusuf ketika Yesus pada usia 12 tahun, dan setelah itu tidak lagi. Tradisi menyebutkan Yusuf telah meninggal sebelum peristiwa perkawinan di Kana.

Dietrich Bonhoeffer[sunting sumber]

Dietrich Bonhoeffer

Dietrich Bonhoeffer [ˈdiːtrɪç ˈboːnhœfɐ] ( 4 Februari 19069 April 1945 ) adalah seorang pendeta dan teolog Lutheran Jerman dan seorang anggota dalam gerakan perlawanan Jerman terhadap Nazisme. Ia terlibat dalam sebuah komplotan yang dirancang oleh anggota-anggota Abwehr (Kantor Intelijen Militer Jerman) untuk membunuh Adolf Hitler. Ia ditangkap pada Maret 1943, ditahan dan akhirnya digantung, tak lama sebelum berakhirnya Perang Dunia II di Eropa.

Abraham[sunting sumber]

"Malaikat Tuhan mencegah pengorbanan Ishak", oleh Rembrandt, 1634.

Abraham (bahasa Ibrani: אַבְרָהָם, Modern Avraham Tiberias ʾAḇrāhām Ashkenazi Avrohom atau Avruhom; Arab: ابراهيم, Ibrāhīm ; bahasa Ge'ez: አብርሃም, ʾAbrəham) adalah tokoh penting dalam Alkitab dan Al-Quran. Agama Yahudi dan Kristen mengakuinya sebagai bapa bangsa, sementara dalam tradisi Islam ia dikenal sebagai Nabi Ibrahim. Dalam tradisi agama Abrahamik, Abraham adalah bapak rohani dari banyak orang.

Menurut Alkitab, Abraham dipanggil Allah dari Mesopotamia ke negeri Kanaan, sekitar tahun 2000 SM. Di sana ia mengadakan perjanjian: Abraham diminta mengakui bahwa Yahweh adalah Tuhan dan otoritas tertinggi satu-satunya dan universal, dan untuk itu Abraham akan diberkati dengan keturunan yang tak terhitung banyaknya. Kehidupannya yang dikisahkan dalam Kitab Kejadian (pasal 11–25) dapat mencerminkan berbagai tradisi.

Simon Petrus[sunting sumber]

"Simon Petrus", oleh Francesco Cossa.

Simon Petrus (Simon nama aslinya, Petrus, atau Kefas nama yang diberikan Yesus) adalah salah seorang dari dua belas rasul Yesus. Ia adalah seorang nelayan dari Galilea yang diberi posisi pemimpin oleh Yesus (Matius 16:18, Yohanes 21:15-16). Ia dan saudaranya, Andreas adalah rasul pertama yang dipanggil oleh Yesus. Simon dinamakan sebagai Petrus atau "batu karang", yang mengisyaratkan bahwa Yesus meletakkan landasan gereja-Nya di atas Petrus.