Portal:Yahudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Portal Ecke links.gif  Utama Portal Ecke rechts.gif   Portal Ecke links.gif  Yahudi dari A sampai Z Portal Ecke rechts.gif   Portal Ecke links.gif  Berita baru Portal Ecke rechts.gif  

Selamat datang di

Portal agama Yahudi

Portal Yahudi disediakan bagi Anda pengguna Wikipedia bahasa Indonesia untuk pencarian informasi mengenai Yudaisme. Bantu kami untuk meningkatkan kualitas portal ini.

Kategori Utama
Israeli blue Star of David.png
Yahudi(18 K, 166 H)
Anti-Semitisme(1 H)
tidak ada subkategori
Bahasa Yahudi(1 K, 4 H)
Liturgi Yahudi(5 H)
Hari raya Yahudi(1 K, 24 H)
Paskah Yahudi(3 H)
Jewish Encyclopedia(24 H)
tidak ada subkategori
Keluarga kerajaan Yahudi(1 K, 1 H)
Dinasti Herodes(8 H)
Kemah Suci(5 H)
tidak ada subkategori
Literatur rabinik(4 H)
tidak ada subkategori
Masyarakat Yahudi(3 K)
Keluarga Yahudi(2 K)
Suku bangsa Yahudi(2 K, 17 H)
Yahudi Mizrahi(1 K)
tidak ada subkategori
Sefardim(1 H)
tidak ada subkategori
Sejarah Yahudi(10 K, 53 H)
Holocaust(5 K, 18 H)
Topik Yudeo-Islam(1 K, 1 H)
Israel Kuno dan Yehuda(1 K, 3 H)
Tokoh Perjanjian Lama(8 K, 314 H)
Yosefus(3 H)
Shtetl(9 H)
tidak ada subkategori
Suku bangsa Yahudi(2 K, 17 H)
Yahudi Mizrahi(1 K)
Tempat di Alkitab(1 K, 293 H)
Tokoh Yahudi(3 K, 15 H)
Tokoh Yahudi menurut negara(12 K, 3 H)
Yesus(9 K, 81 H)
Yudaisme(13 K, 23 H)
Abraham(1 K, 13 H)
Alkitab(29 K, 87 H)
Denominasi Yahudi(1 K, 4 H)
Kitab Perjanjian Lama(45 K, 47 H)
Kohen(1 H)
Nabi Yahudi(2 K, 1 H)
Ritual Yahudi(11 H)
Sejarah Israel kuno(5 K, 4 H)
Tanakh(41 K, 16 H)
Torah(11 H)
Zionisme(15 H)
tidak ada subkategori
Agama
Agama Yahudi
Israeli blue Star of David.png

Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Israel yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah) kepada mereka dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.

Selengkapnya...

Tokoh pilihan
Israeli blue Star of David.png
Rembrandt melukis ilustrasi malaikat yang sedang menghentikan usaha pengorbanan Ishak oleh Abraham (dibuat pada 1635).

Ishak adalah anak Abraham dari istrinya Sara. Melalui keturunan Ishak inilah lahir bangsa Israel yang kelak akan mewarisi tanah Kanaan dari Abraham. Menurut agama Yahudi dan Kristen, Ishak adalah anak yang hendak dikorbankan oleh Abraham kepada Allah di Bukit Moria sebagai bukti ketaatan Abraham kepada-Nya (Kejadian 22:{{{ayat}}}). Sesaat sebelum Abraham hendak mengorbankan Ishak Allah memberikan Abraham pengganti untuk Ishak yaitu seekor domba jantan untuk dijadikan sebagai kurban. Tempat itu lalu dinamainya dengan Tuhan menyediakan.

Selengkapnya...

Lokasi pilihan
Israeli blue Star of David.png

Israel (bahasa Ibrani מדינת ישראל Medinat Yisra‘el, Arab دولة إسرائيل Dawlat Isrā'īl) adalah sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,28 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudi di dunia. Selain itu, terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, meliputi etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain.

Selengkapnya...

Gambar pilihan
Israeli blue Star of David.png
Israel-Western Wall.jpg

Tembok Ratapan adalah tempat yang penting dan dianggap suci oleh orang Yahudi maupun Muslim. Ini adalah sisa dinding Bait Suci di Yerusalem yang dibangun oleh Raja Salomo (Sulaiman), putra Daud. Bait Suci itu hancur ketika Israel diserbu tentara Romawi pada tahun 70 Masehi.

Artikel Pilihan
Israeli blue Star of David.png

Yahudi adalah istilah yang merujuk kepada sebuah agama atau suku bangsa. Sebagai agama, istilah ini merujuk kepada umat yang beragama Yahudi.

Berdasarkan etnisitas, kata ini merujuk kepada keturunan Eber (Kejadian 10:21) atau Yakub, anak Ishak, anak Abraham (Ibrahim) dan Sarah. Etnis Yahudi juga termasuk Yahudi yang tidak beragama Yahudi tetapi beridentitas Yahudi dari segi tradisi.

Agama Yahudi adalah kombinasi antara agama dan suku bangsa. Agama Yahudi dibahas lebih lanjut dalam artikel agama Yahudi; artikel ini hanya membahas dari segi suku bangsa saja. Kepercayaan semata-mata dalam agama Yahudi tidak menjadikan seseorang menjadi Yahudi. Di samping itu, dengan tidak memegang kepada prinsip-prinsip agama Yahudi tidak menjadikan seorang Yahudi kehilangan status Yahudinya. Tetapi, definisi Yahudi undang-undang kerajaan Israel tidak termasuk Yahudi yang memeluk agama yang lain.

Selengkapnya...

Portal agama lainnya

AgamaAgama
AteismeAteisme
BuddhaBuddha
HinduHindu
IslamIslam
KristenKristen
MitologiMitologi
YahudiYahudi
Agama Ateisme Buddha Hindu Islam & Al Qur'an Kristen Mitologi Yahudi