Lukius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Lukius dari Kirene (bahasa Inggris: Lucius of Cyrene) adalah seorang Kristen pada abad pertama Masehi yang disebut dalam Perjanjian Baru, bagian dari Alkitab Kristen. Ia dicatat sebagai salah satu pendiri gereja mula-mula di Antiokhia, Siria, dalam Kisah Para Rasul. Namanya disebutkan sebagai anggota gereja di Antiokhia setelah catatan matinya raja Herodes Agrippa I tahun 44 M, sebagai berikut:

Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus. (Kisah Para Rasul 13:1)

Lukius diindikasikan sebagai pendiri gereja ini dari catatan sebelumnya:

Sementara itu banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati. Mereka tersebar sampai ke Fenisia, Siprus dan Antiokhia (yang di Siria); namun mereka memberitakan Injil kepada orang Yahudi saja. Akan tetapi di antara mereka ada beberapa orang Siprus dan orang Kirene yang tiba di Antiokhia dan berkata-kata juga kepada orang-orang Yunani dan memberitakan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan. (Kisah Para Rasul 11:19,20)

Tradisi Kristen[sunting | sunting sumber]

  • Lukius diyakini sebagai uskup pertama di Kirene.[1]

Ada pula Lukius yang disebutkan dalam Surat Paulus kepada jemaat di Roma, meskipun tidak jelas apakah ini orang yang sama:

Salam kepada kamu dari Timotius, temanku sekerja, dan dari Lukius, Yason dan Sosipater, teman-temanku sebangsa. (Roma 16:21)

Ada pula dugaan bahwa Lukius dari Kirene adalah sama dengan Lukas, teman seperjalanan Paulus yang diyakini menulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walsh A New Dictionary of Saints p. 372
  2. ^ Isaac Asimov. Asimov's Guide to the Bible. The New Testament. New York: Doubleday. 1969.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]