Antonius Feliks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Antonius Felix, Promptuarii Iconum Insigniorum, oleh Guillaume Rouillé
Mata uang perunggu dicetak oleh Antonius Felix.
Depan: huruf Yunani NEP WNO C (Nero) dengan mahkota daun.
Belakang: Huruf Yunani KAICAPOC (Kaisar) dan tahun LC (tahun 3 = 56/57 M), simbol cabang palem.

Markus Antonius Feliks (Marcus Antonius Felix atau Felix dalam bahasa Yunani: ο Φηλιξ) lahir 5/10 M adalah seorang "wali negeri" (prokurator) Kekaisaran Romawi untuk Provinsi Iudaea pada tahun 52-58 M, menggantikan Ventidius Cumanus.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Feliks adalah adik dari Marcus Antonius Pallas, yang menjadi menteri keuangan pada zaman kaisar Claudius. Felix adalah bekas budak Yunani yang dibebaskan oleh Claudius, menurut catatan Flavius Yosefus (Antiq. xx. 7) yang menyebutnya Claudius Felix, atau bisa juga oleh ibu Claudius, Antonia Minor, putri dari Mark Antony dengan Octavia Minor, dan keponakan perempuan kaisar Augustus. Menurut Tacitus, Pallas dan Feliks adalah keturunan raja Yunani dari Arkadia.

Kekejaman dan kebejadan moral Feliks, ditambah dengan mudahnya dia meminta uang suap (lihat Kisah Para Rasul 24:26) menyebabkan kriminalitas meningkat di Yudea. Periode pemerintahannya ditandai dengan perselisihan dan gangguan internal yang ditekannya dengan keras.

Setelah rasul Paulus ditahan di Yerusalem dan ditolong dari rencana untuk membunuhnya, kepala pasukan (chiliarch) Romawi, Klaudius Lisias, memindahkannya ke Kaisarea (Maritima), di mana Paulus diadili di depan Feliks. Paling tidak satu kali, Feliks dan istrinya, Drusilla, mendengar pidato Paulus, dan kemudian seringkali memanggilnya dan berbicara dengannya (Kisah Para Rasul 24:24-26). Ketika selesai masa jabatannya sebagai prokurator, Feliks telah menahan Paulus selama 2 tahun, dan membiarkannya di penjara untuk menyenangkan orang-orang Yahudi.[1]

Feliks digantikan oleh Perkius Festus sebagai prokurator Provinsi Iudaea.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]