Gayus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gayus (bahasa Inggris: Gaius) adalah nama beberapa orang Kristen yang pada abad pertama Masehi yang disebut 5 kali di bagian Perjanjian Baru dalam Alkitab Kristen.

  1. Gayus yang bersama Aristarkhus, keduanya orang Makedonia, adalah teman seperjalanan Paulus, yang dianiaya massa di Efesus (Kisah Para Rasul 19:29).
  2. Gayus dari Derbe bersama Sopater anak Pirus, dari Berea, dan Aristarkhus dan Sekundus, keduanya dari Tesalonika, dan Timotius serta Tikhikus dan Trofimus, dua orang dari (provinsi Romawi) Asia, menemani Paulus dari Makedonia ke Troas dalam perjalanan ke Siria (Kisah Para Rasul 20:4).
  3. Gayus yang tinggal di Korintus, dikatakan sebagai satu dari sedikit orang yang dibaptiskan sendiri oleh Paulus (yang lain adalah Krispus dan keluarga Stefanus) yang pertama-tama mendirikan gereja di Korintus (1 Korintus 1:14).
  4. Gayus yang disebutkan di akhir surat Paulus kepada jemaat di Roma, sebagai "yang memberi tumpangan kepadaku, dan kepada seluruh jemaat" di kota tempat Paulus menulis surat itu. Kemungkinan besar adalah kota Korintus (Roma 16:23).
  5. Gayus yang dikirimi Surat Yohanes yang Ketiga oleh sang "penatua" Yohanes (3 Yohanes 1). Mungkin saja ia adalah orang yang sama dengan salah satu di atas.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]