Sergius Paulus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Elimas tukang sihir yang dibutakan. Dilukis oleh Raphael dari Raphael Cartoons.

Sergius Paulus (atau Lucius Sergius Paullus) adalah seorang gubernur Siprus di bawah kaisar Claudius (abad ke-1 Masehi). Ia muncul dalam Kisah Para Rasul 13:6-13, dimana di Pafos, ia memanggil Paulus, beserta Barnabas dan Yohanes Markus, untuk mendengarkan Firman Tuhan dari mereka. Ia memiliki seorang kawan yang bernama Baryesus atau Elimas, seorang tukang sihir yang mencoba menghalang-halangi pekerjaan Paulus dan kawan-kawan. Namun setelah melihat kuasa Allah, Sergius Paulus bertobat.

Arkeologi[sunting | sunting sumber]

Suatu batu tanda batas dari zaman Claudius yang memuat nama Sergius Paulus ditemukan di Roma pada tahun 1887.[1] Batu itu mencatat penunjukan pada tahun 47 M sejumlah Curator pada tepian dan kanal-kanal sungai Tiber, salah satunya adalah Sergius Paulus. Meningat perjalanan rasul Paulus ke Siprus diyakini pada awal tahun 40-an (bahkan sejumlah pakar memberi tarikh lebih dini), diduga Sergius menjabat sebagai Proconsul di Siprus selama 3 tahun, kemudian kembali ke Roma, di mana ia ditunjuk sebagai curator.[2] Karena tidak disebut namanya pada Surat Paulus kepada jemaat di Roma, kemungkinan ia sudah meninggal sebelum surat itu ditulis.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sergius Paulus," Easton's Bible Dictionary.
  2. ^ However, Jack P. Lewis, Historical Backgrounds of Bible History (Grand Rapids: Baker Book House, 1971), 153, menduga bahwa Sergius memegang jabatan curator Tiber sebelum pergi ke Siprus.
  3. ^ "Sergius Paulus," Easton's Bible Dictionary.