Yoses

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yoses adalah nama adik laki-laki Yesus menurut Perjanjian Baru Alkitab Kristen. Namanya hanya dicatat dalam Injil Markus sebanyak 3 kali. Di Injil Matius namanya disebut Yusuf.

Dalam Injil Markus[sunting | sunting sumber]

  1. "Bukankah Ia [Yesus] ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" (Markus 6:3)
  2. Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome.(Markus 15:40)
  3. Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses melihat di mana Yesus dibaringkan.(Markus 5:47)

Dalam Injil Matius[sunting | sunting sumber]

Di dalam Injil Matius namanya ditulis sebagai "Yusuf" (menurut teks Aleksandria)

  1. "Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita?" (Matius 13:55-56)
  2. Di antara mereka terdapat Maria Magdalena, dan Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus.(Matius 27:56)

Di Alkitab Indonesia yang berdasarkan teks Aleksandria ditulis nama adik ke-2 Yesus sebagai Yusuf (dari nama Yunani Yosef). Namun Injil Matius teks Bizantin, yang dipakai oleh Alkitab Inggris Versi Raja James, mencatat namanya Yoses, tepat seperti dalam Injil Markus.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Tulisan bahasa Yunani: Ἰωσῆς (Yoses) dan bahasa Yunani: Ἰωσήφ (Yosef, untuk "Yusuf") memang hanya berbeda 1 huruf di akhir kata. Nama Yoses merupakan variasi yang jarang dipakai (atau merupakan nama panggilan akrab) untuk Yosef, sehingga para pakar Alkitab menyimpulkan bahwa Yoses dan Yosef dalam konteks ini adalah nama dari orang yang sama, yaitu adik laki-laki Yesus. Ada pula yang berpendapat bahwa Petrus, yang menjadi sumber Injil Markus, kenal baik dengan keluarga Yesus dan terbiasa memanggil Yusuf muda ini sebagai Yoses untuk membedakan anak dengan ayah yang juga bernama Yusuf (suami Maria, yang melahirkan Yesus). Penyunting Alkitab Versi Raja James menganggap nama inilah yang pada mulanya dipakai dalam Injil Matius; dan di kemudian hari, salinan Injil Matius di Aleksandria mengalami perubahan nama Yoses menjadi Yosef, karena nama Yosef (=Yusuf) lebih lazim dipakai oleh orang-orang Yahudi waktu itu.

Penyebutan Maria sebagai ibu Yakobus (muda) dan Yoses (atau Yusuf) dianggap merupakan kebiasaan untuk menggunakan putra sulung dan putra berikutnya dalam memanggil nama seorang ibu, terutama untuk mengidentifikasi Maria, karena ada banyak Maria yang hadir dalam peristiwa itu. Dengan matinya Yesus, maka Yakobus menjadi putra tertua Maria yang masih hidup. Petrus bersahabat akrab dengan Yakobus, saudara Yohanes, sebagai 12 murid utama Yesus, dan Yakobus ini jelas berusia lebih tua, sebab itu Petrus rupanya biasa menyapa Yakobus, saudara Yesus, sebagai "Yakobus muda" yang tercatat khusus dalam Injil Markus (Injil Matius tidak mengidentifikasi nama Yakobus ini). Yakobus muda ini kemudian menjadi salah satu tokoh penting dalam gereja mula-mula di Yerusalem (Kisah Para Rasul 15, Galatia 1:18–20; Galatia 2:9–10).

Yoses lain[sunting | sunting sumber]

Barnabas, teman sekerja Paulus, bernama depan Yoses menurut versi Bizantin (yang dipakai dalam Alkitab Inggris Versi Raja James).[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]