Maria (istri Klopas)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Maria isteri Klopas (bahasa Yunani: Μαρία ἡ τοῦ Κλωπᾶ, Maria he tou Klopa) adalah seorang perempuan yang berdiri dekat salib Yesus pada waktu penyaliban-Nya menurut 1 ayat dalam Injil Yohanes.

"Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena."[1]

Muncul sejumlah kebingungan dari ayat tersebut:
1. Apakah Maria ini "isteri" atau "putri" Klopas?
Eksegesis ayat ini umumnya lebih mempercayai bacaan "isteri Klopas". Orang-orang yang percaya bahwa Santa Anna mempunyai 3 suami dan Klopas adalah salah satunya cenderung percaya bahwa Maria ini putri Klopas[2]

2. Apakah Maria, isteri Klopas, ini sama dengan "saudara ibu Yesus", ataukah satu dari empat perempuan yang berdiri dekat salib Yesus?
Karena kedekatan nama ini dengan kata-kata "saudara ibu-Nya" ada yang mengira Maria adalah nama bibi Yesus. Tentunya janggal bila ada 2 perempuan bersaudara namanya sama-sama Maria, sehingga umumnya ditafsirkan bahwa Maria dan saudara ibu Yesus adalah 2 orang yang berbeda. Namun, ada yang berpendapat bahwa Maria ini bukan saudara kandung, melainkan saudara sepupu, yang dalam bahasa Ibrani maupun Aramaik, memakai kata yang sama, tetapi tidak demikian dalam bahasa Yunani. Juga ada yang mengira Maria ini adalah saudara ipar karena Klopas dianggap sebagai saudara Yusuf, suami Maria, ibu Yesus.

3. Apakah Klopas, suaminya, sama dengan "Kleopas" yang berjalan bersama Yesus ke Emaus (Lukas 24:18)?
Karena masing-masing nama ini dicatat sekali dalam 2 Injil yang berbeda, maka dianggap bahwa Kleopas di Injil Lukas sama dengan Klopas di Injil Yohanes. Malah ada pakar yang berpendapat bahwa orang lain yang berjalan bersama-sama ke Emaus itu adalah Maria, isterinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yohanes 19:25
  2. ^ Catholic Encyclopedia. St. Anne