Salome (murid Yesus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Salome (bahasa Ibrani: שלומית, Shelomit; variasi nama Ibrani: Shulamit, Shulamith, Shlomtsion atau Shlomzion; bahasa Inggris: Salome) adalah salah satu dari perempuan yang mengikuti Yesus Kristus dari Galilea, terutama dicatat namanya saat hadir dalam penyaliban Yesus dan persiapan untuk memberi rempah-rempah menurut Injil Markus dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Injil Markus mencatat demikian:

  • "Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome. Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea" (pada waktu penyaliban Yesus)[1]
  • "Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus."[2]

Kemungkinan besar, Salome juga termasuk mereka yang "pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka. Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu, dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus." (Lukas 23:55-24:3)

Di Injil Matius terdapat ayat yang paralel dengan Markus 15:40-41 sebagai berikut:
"Dan ada di situ banyak perempuan yang melihat dari jauh, yaitu perempuan-perempuan yang mengikuti Yesus dari Galilea untuk melayani Dia. Di antara mereka terdapat Maria Magdalena, dan Maria ibu Yakobus dan Yusuf, dan ibu anak-anak Zebedeus."[3] Berdasarkan perbandingan ini, maka ada yang menyimpulkan bahwa Salome adalah nama dari isteri Zebedeus, berarti juga ibu dari rasul Yakobus dan Yohanes.

Referensi[sunting | sunting sumber]