Tikhikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tikhikus (bahasa Inggris: Tychicus) adalah seorang Kristen pada abad pertama Masehi yang disebut 5 kali di bagian Perjanjian Baru dalam Alkitab Kristen. Ia adalah seorang rekan sekerja rasul Paulus yang setia dalam pengabaran Injil. Teks-teks barat (Bizantin) menyebutkan Tikhikus berasal dari Efesus, di (provinsi Romawi) Asia.[1]

Catatan sejarah[sunting | sunting sumber]

  1. Kisah Para Rasul 20:4 mencatat bahwa Tikhikus dan Trofimus, dua orang dari (provinsi Romawi) Asia, menemani Paulus bersama-sama Sopater anak Pirus, dari Berea, dan Aristarkhus dan Sekundus, keduanya dari Tesalonika, dan Gayus dari Derbe, dan Timotius, datang ke Troas dalam perjalanan ke Siria.
  2. Efesus 6:21, yaitu surat Paulus kepada jemaat di Efesus mencantumkan kata-kata Paulus: "Supaya kamu juga mengetahui keadaan dan hal ihwalku, maka Tikhikus, saudara kita yang kekasih dan pelayan yang setia di dalam Tuhan, akan memberitahukan semuanya kepada kamu." dimana Tikhikus rupanya adalah pembawa surat ini sendiri.
  3. Dalam surat Paulus kepada jemaat di Kolose, yaitu Kolose 4:7, tertera: "Semua hal ihwalku akan diberitahukan kepada kamu oleh Tikhikus, saudara kita yang kekasih, hamba yang setia dan kawan pelayan dalam Tuhan", dimana Tikhikus rupanya adalah pembawa surat ini juga.
  4. Dalam suratnya kepada Titus, yaitu Titus 3:12, Paulus menulis: "Segera sesudah kukirim Artemas atau Tikhikus kepadamu, berusahalah datang kepadaku di Nikopolis, karena sudah kuputuskan untuk tinggal di tempat itu selama musim dingin ini." dimana rupanya Tikhikus akan segera dikirim ke pulau Kreta untuk menggantikan pekerjaan Titus di sana.
  5. Dalam surat terakhirnya kepada Timotius, yaitu 2 Timotius 4:12, Paulus menyampaikan bahwa: "Tikhikus telah kukirim ke Efesus," dan kemungkinan besar itulah terakhir kalinya Paulus dan Tikhikus bertemu muka, karena Paulus segera akan mati syahid di Roma.

Tradisi Kristen[sunting | sunting sumber]

  • Catholic Encyclopedia mencatat beberapa tradisi berbeda, bahwa Tikhikus kemudian menjadi uskup di Colophon atau Chalcedon atau Limassol/Neapolis di Siprus.[2]
  • Hippolitus dari Roma memasukkan Tikhikus sebagai 70 murid Yesus. (diragukan kebenarannya)
  • Sebagai orang kudus, diperingati setiap tanggal 29 April.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walls, A. F. (1962). "Tychicus". The New Bible Dictionary. hlm. 1302. 
  2. ^ a b Wikisource-logo.svg Mershman, Francis (1913). "St. Tychicus". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company.